5 Hal yang Membuat Blogger Bahagia

Judul ini menggeneralisir ya? Seolah oleh semua blogger bakalan senang dengan hal ini. Padahal ini kan dari perspektif saya saja, bukan hasil survey. Tapi coba baca dulu, jika nanti ada yang protes kalau poin-poin ini tidak dapat mewakili semua blogger, kolom komentar terbuka untuk tempat mengutarakan pendapat pembaca.

Hal sederhana yang membuat blogger bahagia
Hal sederhana yang membuat blogger bahagia, Foto oleh engin akyurt via Unsplash

Berikut 5 hal yang bisa membuat blogger bahagia:

Mendapatkan banyak trafik

Bagi blogger yang nulis untuk dibaca banyak orang, trafik, page views, ataupun pengunjung yang banyak adalah sebuah kebahagiaan. Terlebih bagi blogger yang optimasi SEO, akan lebih bahagia lagi kalau trafik yang datang itu bersifat organik.

Ini tentu beda cerita kalau trafik yang datang tiba-tiba melonjak tajam, tidak seperti biasanya. Jangan-jangan yang mengunjungi bukan orang, tapi bot. Hati-hati kena jiggling. Bisa-bisa karena trafik yang tidak wajar itu, Google mengganggap sebuah situs menjadi tidak layak lagi. Begitulah yang saya baca di forum-forum blogger.

Belum tentu juga trafik yang tiba-tiba naik secara signifikan itu terjadi karena jiggling. Bisa jadi memang karena ada 'manusia beneran' yang tetiba tertarik dengan postingan terbaru, atau postingan lama yang naik di ranking di mesin pencari. Hanya saja memang kita perlu hati-hati.

Saya baca-baca, ada script untuk mengantisipasi kode ini.

Ngeri juga salip menyalip dalam dunia blog ini ya.

Semoga kita terhindar dari trafik palsu ini, dan yang mengunjungi blog hanyalah orang beneran. Sehingga kita bisa benar-benar bahagia saat melihat angka trafik yang banyak.

Mendapatkan komentar

Meskipun tidak semua komentar di blog ini saya reply, tapi saya baca semua kok. Termasuk komentar spam dan tidak layak tayang juga saya baca.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk menulis komentar ya.

Di-mention di postingan blogger lain

Suatu hari saat blogwalking, saya membaca postingan berjudul Tujuan Nge-blog (https://riskaika38.wordpress.com/2022/04/14/tujuan-nge-blog/) oleh kak Riska Azura. Pada tulisan itu, saya menemukan nama saya:

Hal sederhana yang bikin blogger bahagia
Hal sederhana yang bikin blogger bahagia. Tangkapan layar riskaika38.wordpress.com/2022/04/14/tujuan-nge-blog, Mei 2022

Kak Riska memposting hal sederhana yang bikin ia bahagia. Saya pun jadi ketularan bahagia karena kebahagiaan kak Riska yang melibatkan saya itu.

Dapat backlink

Suatu hari, saya nge-share info ke grup WhatsApp soal perpustakaan kota Padang yang baru pindah ke kompleks GOR H. Agus Salim. Info tersebut ternyata mengundang blogger lain untuk datang ke perpus dan menulis tulisan tentang perpus juga (Walau sepertinya doi memang suka ke perpus, tanpa perlu membuat konten).

Dalam postingannya, kak Najla Annisa Fatin pun memberikan backlink ke blog saya.

Perpustakaan kota Padang
Sebuah backlink ke taruihbaraja.com dari postingan tentang perpustakaan kota Padang yang baru pindah. Tangkapan layar https://chicicha.wixsite.com/najlaanissafatin/post/ada-yang-baru-di-padang, Mei 2022

Mendapatkan backlink (apalagi tanpa arisan) dari blog teman blogger itu merupakan sebuah kesenangan yang sederhana juga.

Beda cerita kalau backlink diberikan di bawah postingan hasil copas atau di website haram.

Menang lomba

Kalau yang ini siapa yang nggak senang sih? Nggak usah dijabarkan panjang kali lebar juga sepertinya semua orang sudah paham lah ya kalau menang lomba blog itu rasanya menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat saya bahagia saat ngeblog.

Kesannya agak "menampung" kebahagiaan ya? Seolah bersumber dari orang lain.

Tenang saja, tanpa mendapatkan hal-hal di atas pun pada dasarnya saya sudah bahagia setelah bisa memposting sebuah karya tulisan di blog. 5 hal yang membuat blogger bahagia yang saya tuliskan ini adalah bonus bahagia yang didapatkan atas hasil postingan dan interaksi dalam dunia per-blogging-an ini.

Karena saya pun sadar, bahagia itu kita yang ciptakan.

Pembaca yang ikutan ngeblog juga merasakan hal yang sama? Atau ada yang berbeda?

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-19: Hal hal yang Membuatmu Sedih atau Bahagia

Blogger Perempuan

13 comments:

  1. ternyata banyak banget hal yang membuat bahagia dari blog ya?
    selain manfaat di atas, untuk saya blogging sangat membantu agar tidak pikun dini dan saya bisa terus belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Ambu, sesuai dengan nama blog ini juga: Terus Belajar / Taruih Baraja ❤️

      Delete
  2. Wah jadi gk ragu lagi nih untuk terus menulis secara konsisten, karena dengan menulis akan ada banyak hal yang didapatkan ya, selain silaturahmi yg semakin oke juga bisa mendapatkan hadiah lomba dll. Kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas. Semoga kita bisa terus menulis ya..

      Delete
  3. Wah setuju banget Mbak Nadella. Betul semua tuh 5 hal di atas. Tambahan lagi bagi saya adalah saat ada teman penulis yang memberikan masukan-masukan positif atas artikel yang saya buat. Mendapatkan komentar yang berkualitas adalah juga adalah salah satu dari impian tersebut. Karena dengan komentar yang linear dengan apa yang sudah saya tulis, bisa menjadi salah satu indikasi bahwa yang bersangkutan telah membaca artikel tersebut dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah meninggalkan komentar yang berkualitas, mba Annie

      Delete
  4. Yup, kebahagiaan blogger ternyata sederhana saja ya. Gak perlu muluk2 yang penting bisa mendapatkan peningkatan dari hasil ngeblognya seperti yang disebutkan di atas dapat traffik, dapat backlink, dsb. Dapat teman atau saudara sesama blogger juga merupaka n suatu kebahagiaan buat saya

    ReplyDelete
  5. Ada lagi kak yang membuat blogger bahagia DA, PA, DR naik.
    SS & bounce rate turun.
    Klien terus berkelanjutan kerjasamanya, hehe.
    Pokoknya mah happy dah

    ReplyDelete
  6. Mendapatkan traffik, backlink, monetisasi dan semacamnya bagian kebahagiaan blogger

    ReplyDelete
  7. Menang lomba blog itu impian banget, susah banget lolosnya haha.. Tapi sekalinya berhasil super happy!

    ReplyDelete
  8. Hal yang menyenangkan dan membuat bahagia bagi blogger ya, menang lomba lah ... aku baru 2 x menang lomba seneng rasanya

    ReplyDelete
  9. Aah, iyaa bangettt..
    Hal sederhana, sesederhana dapat inbound backlink, ini bikin happy banget sih yaaa..

    Aku juga bahagia banget, tetiba IG ada yang follow dan di DM, "Kak, terimakasih yaa... tulisan quote drakornya aku suka banget, jadi aku pasang di IGku."

    MashaAllah banget..

    ReplyDelete
  10. nah mendapat fee dari tulisannya ini yang paling pasti dirasakan setiap blogger ya mba. heheheh...

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja