5 Hal yang Membuat Blogger Bahagia

Judul ini menggeneralisir ya? Seolah oleh semua blogger bakalan senang dengan hal ini. Padahal ini kan dari perspektif saya saja, bukan hasil survey. Tapi coba baca dulu, kalau nanti ada yang protes kalau poin-poin ini tidak dapat mewakili semua blogger, kolom komentar terbuka untuk tempat mengutarakan pendapat pembaca.

Hal sederhana yang membuat blogger bahagia
Hal sederhana yang membuat blogger bahagia, Foto oleh engin akyurt via Unsplash

Berikut 5 hal yang bisa membuat blogger bahagia:

Mendapatkan banyak trafik

Bagi blogger yang nulis untuk dibaca banyak orang, trafik, page views, ataupun pengunjung yang banyak adalah sebuah kebahagiaan. Terlebih bagi blogger yang optimasi SEO, akan lebih bahagia lagi kalau trafik yang datang itu bersifat organik.

Ini tentu beda cerita kalau trafik yang datang tiba-tiba melonjak tajam, tidak seperti biasanya. Jangan-jangan yang mengunjungi bukan orang, tapi bot. Hati-hati kena jiggling. Bisa-bisa karena trafik yang tidak wajar itu, Google mengganggap sebuah situs menjadi tidak layak lagi. Begitulah yang saya baca di forum-forum blogger.

Belum tentu juga trafik yang tiba-tiba naik secara signifikan itu terjadi karena jiggling. Bisa jadi memang karena orang beneran yang tetiba tertarik dengan postingan terbaru, atau postingan lama yang naik di ranking di mesin pencari. Hanya saja memang kita perlu hati-hati.

Saya baca-baca, ada script untuk mengantisipasi kode ini.

Ngeri juga salip menyalip dalam dunia blog ini ya.

Semoga kita terhindar dari trafik palsu ini, dan yang mengunjungi blog hanyalah orang beneran. Sehingga kita bisa benar-benar bahagia saat melihat angka trafik yang banyak.

Mendapatkan komentar

Meskipun tidak semua komentar di blog ini saya reply, tapi saya baca semua kok. Termasuk komentar spam dan tidak layak tayang juga saya baca.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk menulis komentar ya.

Di-mention di postingan blogger lain

Suatu hari saat blogwalking, saya membaca postingan berjudul Tujuan Nge-blog (https://riskaika38.wordpress.com/2022/04/14/tujuan-nge-blog/) oleh kak Riska Azura. Pada tulisan itu, saya menemukan nama saya:

Hal sederhana yang bikin blogger bahagia
Hal sederhana yang bikin blogger bahagia. Tangkapan layar riskaika38.wordpress.com/2022/04/14/tujuan-nge-blog, Mei 2022

Kak Riska memposting hal sederhana yang bikin ia bahagia. Saya pun jadi ketularan bahagia karena kebahagiaan kak Riska yang melibatkan saya itu.

Dapat backlink

Suatu hari, saya nge-share info ke grup WhatsApp Flashblogging (grup WhatsApp yang dibuat untuk acara Flashblogging Kominfo 2018 silam di Padang) soal perpustakaan kota Padang yang baru pindah ke kompleks GOR H. Agus Salim. Info tersebut ternyata mengundang blogger lain untuk menulis datang ke perpus dan menulis tulisan tentang perpus juga (Walau sepertinya doi memang suka ke perpus, tanpa perlu membuat konten).

Dalam postingannya, kak Najla Annisa Fatin pun memberikan backlink ke blog saya.

Perpustakaan kota Padang
Sebuah backlink ke taruihbaraja.com dari postingan tentang perpustakaan kota Padang yang baru pindah. Tangkapan layar https://chicicha.wixsite.com/najlaanissafatin/post/ada-yang-baru-di-padang, Mei 2022

Mendapatkan backlink (apalagi tanpa arisan) dari blog teman blogger itu merupakan sebuah kesenangan yang sederhana juga.

Beda cerita kalau backlink diberikan di bawah postingan hasil copas atau website haram.

Menang lomba

Kalau yang ini siapa yang nggak senang sih? Nggak usah dijabarkan panjang kali lebar juga sepertinya semua orang sudah paham lah ya kalau menang lomba blog itu rasanya menyenangkan.

Itulah beberapa hal yang bisa membuat saya bahagia saat ngeblog.

Kesannya agak "menampung" kebahagiaan ya? Seolah bersumber dari orang lain.

Tenang saja, tanpa mendapatkan hal-hal di atas pun pada dasarnya saya sudah bahagia setelah bisa memposting sebuah karya tulisan di blog. 5 hal yang membuat blogger bahagia yang saya tuliskan ini adalah bonus bahagia yang didapatkan atas hasil postingan dan interaksi dalam dunia per-blogging-an ini.

Karena saya pun sadar, bahagia itu kita yang ciptakan.

Pembaca yang ikutan ngeblog juga merasakan hal yang sama? Atau ada yang berbeda?

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-19: Hal hal yang Membuatmu Sedih atau Bahagia

Blogger Perempuan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja