5 Resolusi 2022 yang SMART untuk Blogger

Pada permulaan tahun 2022 ini (atau akhir tahun 2021 lalu ya?), saya membuat daftar keinginan yang ingin saya wujudkan dalam dunia blogging. Saya mencatatnya di sebuah buku catatan agar saya bisa melihat kembali, dan memberi centang kalau sudah terwujud.

Keinginan saya tidak muluk-muluk. Menurut saya resolusi 2022 itu yang penting SMART (spesific, measurable, achievable, relevant, time-based), agar lebih terarah, lebih mungkin untuk dicapai, dan lebih mudah mengevaluasinya.

Berikut 5 resolusi yang SMART untuk Blogger versi saya:

Resolusi 2022
Memantau pertumbuhan trafik blog. Apakah bisa mencapai target resolusi? Dokpri, 2022

Trafik meningkat dibanding tahun sebelumnya

Saya tidak menargetkan harus dapat trafik organik berapa dan trafik direct berapa. Saya tidak pula menargetkan nominal trafik yang saya targetkan. Setidaknya jumlah akhirnya punya selisih angka.

Cukup spesifik dan bisa diukur. Resolusi saya dikatakan berhasil jika akumulasi trafik blog tahun 2022 > 2021, atau bisa juga diukur dengan jumlah trafik setiap bulan di tahun 2022 > rerata trafik per bulan tahun 2021.

Selagi blog ini masih eksis, saya rasa bisa lah terwujud. Mudah-mudahan sesuai dengan formula semakin banyak jumlah konten maka semakin banyak jumlah page views. Sembari saya menambah jumlah konten, saya juga melakukan optimasi SEO. Pelan-pelan hal ini sedang saya wujudkan.

Merapikan tampilan blog lain

Selain Taruih Baraja ini, saya juga punya beberapa blog lain dengan niche tertentu. Masih lumayan terbengkalai.

Jadi pada tahun 2022 ini, sambil memperbaiki tampilan (theme) dan menambah konten blog Taruih Baraja ini, saya juga perlahan memperbaiki tampilan dan menambah konten blog yang lain itu.

Target yang ini juga cukup spesifik dan bisa diukur lah ya. Saya tak perlu menyebutkan setiap blog saya di artikel ini karena masih sangat berantakan. Akan ada waktunya untuk rilis. Ketika blog tersebut sudah rilis, maka resolusi ini sudah tercapai. Setidaknya ada 5 blog yang menjadi PR (dan pada saat tulisan ini dibuat pada bulan 5/12, progress-nya sudah ada).

Meningkatkan DA minimal 10 di salah satu blog

Jadi ketahuan deh kalau dari beberapa blog yang saya miliki DA nya di bawah 10 semua saat ini. Waktu hiatus dulu, DA saya merosot tajam. Padahal sebelumnya pernah di atas 10 kok. Ini mungkin jadi pelajaran ya?

Meski DA bukan segalanya, tapi kok saya merasakan ada kepuasan tersendiri saat melihat angka DA ini? DA yang lebih gede juga akan memberikan lebih banyak peluang untuk memonetize blog.

Berhubung saat saya nulis ini DA bulan Mei sudah ada di Moz, maka tinggal 7 bulan lagi untuk mewujudkannya. Kapanpun di antara 7 bulan itu, yang penting DA saya pernah berada di angka 10 atau lebih untuk mengatakan resolusi ini tercapai. Bertahan lebih lama akan lebih bagus.

Dalam hal ini, saya sudah mencoba membangun eksternal link building dari berbagai kanal seperti Quora dan Kompasiana.

Mungkin saya perlu backlink dari situs lain yang memiliki spam score rendah?

Juga mungkin saya perlu share link ke sosmed supaya bisa dapat trafik?

Referensi meningkatkan DA dari moz yang diunggah tanggal 17 April 2019 lalu: https://moz.com/blog/how-do-i-improve-my-domain-authority

Jadi kontributor microstock

Dalam postingan blog, saya sering memakai foto dari microstock. Nggak ada yang salah, saya juga mencantumkan creaditnya. Terlebih foto-foto di sana bagus-bagus banget. Saya suka.

Namun, ada kepuasan tersendiri jika saya bisa memasang foto hasil jepretan pribadi, dan ini sudah saya lakukan juga.

Tapi kok saya merasa saya kebanyakan memakai foto karya orang lain ya? Entah memang betul, atau hanya perasaan saya saja, karena saya pun tidak menghitungnya.

Daripada repot menghitung secara manual, saya putuskan saja untuk membuat resolusi soal foto ini adalah: menjadi kontributor microstock. Sehingga suatu hari saya bisa memajang caption gambar dengan tulisan "Foto oleh taruihbaraja via Unsplash", misalnya. Barulah resolusi yang satu ini bisa saya katakan tercapai.

Oh, iya, tentu saja sah-sah saja mengetikkan kata "Dokpri" —seperti yang biasa saya ketikkan juga untuk foto jepretan pribadi, tapi jadi kontributor microstock memang sebuah resolusi. Mana tahu bisa menyelam sambil minum air alias demi konten blog sambil dapat cuan dari microstock. Kalimat terakhir ini, meski bukan jadi resolusi 2022 —karena gak bisa saya kontrol— tapi tetap diaminkan lah ya.

Yak, meski belum tahu juga apakah foto saya bisa lulus aproval untuk bisa masuk ke microstock.

Bisa dikatakan relevan lah ya, blogger jadi kontributor microstock untuk kontennya sendiri?

Menang lomba blog setidaknya sekali

Menang lomba blog merupakan salah satu dari 5 Hal yang Membuat Blogger (khususnya: saya) Bahagia. Demi perwujudan salah satu cara bahagia di tahun ini, saya akan mencoba mengikuti lomba blog, dan mudah-mudahan memenangkannya.

Saya paham, poin ini memang termasuk yang tidak bisa saya kontrol. Tapi saya rasa lumayan achievable.

Hm, sebenarnya resolusi ini sudah terwujud sih pada Maret 2022 lalu, kalau lomba blog Kompasiana dihitung. Hehe.

Itulah keinginan saya pada tahun ini. Semoga bisa tercapai. Mohon doanya ya...

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-20: Doa dan Keinginan di Tahun Ini

Blogger Perempuan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja