Perpustakaan Gor Haji Agus Salim Padang

When in doubt, go to the library.
(J.K.Rowling, writer)

Ada yang baru di hari Minggu! Minggu, 9 Desember 2018 yang lalu: peresmian Perpustakaan Kota Padang yang berada di kawasan Gor Haji Agus Salim (GHAS) Padang. Mendapatkan informasi ini, saya menjadi sumringah. GHAS adalah lokasi yang strategis dan dekat dengan tempat saya tinggal di Padang saat ini.

Tiga hari kemudian, pada hari Rabu, 12 Desember 2018 siang, saya melangkahkan kaki ke kompleks GHAS Padang, mencari-cari di mana letak perpustakaan ini, dan singkat cerita akhirnya saya menemukannya.

Dinas Perpustakaan & Kearsipan kota Padang

Lokasi Perpustakaan kota Padang
Gedung perpustakaan (Dinas Perpustakaan & Kearsipan) ini pindah ke Jalan Batang Anai Gor H. Agus Salim Padang, menempati bekas gedung Sushi FM. Kalau masih bingung di mana letaknya, perpustakaan kota Padang ini berada di dekat lapangan basket, dekat juga dengan kedai lontong Mama Bet.



Lokasi Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Padang

Membaca di Perpustakaan kota Padang
Walau belum mempunyai rak-rak tinggi selangit, ada banyak koleksi buku non fiksi atau buku fiksi di perpustakaan ini. Setelah memilih buku yang mau kita baca, kita bisa duduk di "ruang baca". Ada wifi-nya juga.

Rak Buku Perpustakaan kota Padang

Ruang Baca

Bang Aul (www.aulhowler.com) juga merekomendasikan perpustakaan ini kepada kami di grup WA Flashblogging Padang.

"Recomended kalo gitu ini maaah. Aku pernah minjem beberapa buku cara nulis buku dan bulis novel karangan A.S. Laksana, dll di situ." Bang Aul menambahkan, "Yang keren juga, buku lama dan majalah lamanya lengkappp. Buat inspirasi, lumayan."

Sebuah testimoni

Meminjam buku di Perpustakaan kota Padang
Kalau mau meminjam buku, kita harus menjadi anggota terlebih dahulu. Berikut syarat untuk menjadi anggota perpustakaan kota Padang:
  • Berdomisili di kota Padang.
  • Mempunyai kartu anggota perpustakaan.
Untuk membuat kartu anggota perpustakaan, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan, yaitu:
  • Mengisi formulir yang dikeluarkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang.
  • Menyerahkan fotokopi identitas (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar yang masih berlaku).
  • Menyerahkan pas foto ukuran 2x3 sebanyak 3 lembar.
Kartu perpustakaan hanya berlaku selama satu tahun dan nanti dapat diperpanjang.

The library card is a passport to wonders and miracles, glimpses into their lives, religions, experiences, the hopes and dreams, and striving of all human beings, and it is this passport that opens our eyes and hearts to the world beyond our front doors, that is one of our best hopes against tyranny, xenophobia, hopelessness, despair, anarchy, and ignorance.
(Libra Bay, writer)

Jadwal Perpustakaan
Senin s.d Jumat: 7.30 s.d 16.00 WIB
Sabtu s.d Minggu: 7.30 s.d 12.00 WIB

Disclaimer
// Terima kasih kepada kak Icha yang sudah berbagi informasi baru mengenai perpustakaan kota Padang ini (Baca juga artikel kak Icha di https://chicicha.wixsite.com/najlaanissafatin/blog/ada-yang-baru-di-padang). Sewaktu saya ke sana, jadwal buka perpus masih Senin s.d Jumat walau ada informasi dari petugas di sana bahwa ada kemungkinan dibuka setiap hari mulai Januari mendatang. Ternyata belum sampai bulan Januari, jadwal full week perpustakaan ini sudah dimulai semenjak Desember.  Wah, ada perkembangan apa lagi ya di sana?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun