Perpustakaan GOR Haji Agus Salim Padang: Rumah Baru Perpustakaan Kota Padang

Ada yang baru di hari Minggu! Minggu, 9 Desember 2018 ini diadakan peresmian Perpustakaan Kota Padang yang berada di kawasan Gor Haji Agus Salim (GHAS) Padang. Mendapatkan informasi ini, saya menjadi sumringah. GHAS adalah lokasi yang strategis dan dekat dengan tempat saya tinggal di Padang saat ini.

Tiga hari kemudian, pada hari Rabu, 12 Desember 2018 siang, saya melangkahkan kaki ke kompleks GHAS Padang, mencari-cari di mana letak perpustakaan ini, dan singkat cerita akhirnya saya menemukannya.

Perpustakaan Kota Padang
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kota Padang. Dokpri, 2018

Lokasi perpustakaan kota Padang

Gedung perpustakaan (Dinas Perpustakaan dan Kearsipan) ini pindah ke Jalan Batang Anai Gor H. Agus Salim Padang, menempati bekas gedung Sushi FM. Kalau masih bingung di mana letaknya, perpustakaan kota Padang ini berada di dekat lapangan basket, dekat juga dengan kedai lontong Mama Bet.


Perpustakaan Kota Padang
Lokasi Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Padang. Tangkapan layar dari Google Maps, 2018

Membaca di perpustakaan kota Padang

Walau belum mempunyai rak-rak tinggi selangit, ada banyak koleksi buku non fiksi atau buku fiksi di perpustakaan ini. Setelah memilih buku yang mau kita baca, kita bisa duduk di "ruang baca". Ada wifi-nya juga. Ruang bacanya outdoor.

Quote Reading
Rak Buku Perpustakaan kota Padang. Dokpri, 2018

Perpustakaan Kota Padang
Ruang Baca. Dokpri, 2018

Bang Aul (www.aulhowler.com) juga merekomendasikan perpustakaan ini kepada kami, "Recomended kalo gitu ini maaah. Aku pernah minjem beberapa buku cara nulis buku dan nulis novel karangan A.S. Laksana, dll di situ." Bang Aul menambahkan, "Yang keren juga, buku lama dan majalah lamanya lengkappp. Buat inspirasi, lumayan."

Chat WhatsApp
Sebuah testimoni

Meminjam buku di perpustakaan kota Padang

Kalau mau meminjam buku, kita harus menjadi anggota terlebih dahulu. Berikut syarat untuk menjadi anggota perpustakaan kota Padang:

  • Berdomisili di kota Padang.
  • Mempunyai kartu anggota perpustakaan.
Untuk membuat kartu anggota perpustakaan, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan, yaitu:
  • Mengisi formulir yang dikeluarkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang.
  • Menyerahkan fotokopi identitas (KTP/SIM/Kartu Mahasiswa/Kartu Pelajar yang masih berlaku).
  • Menyerahkan pas foto ukuran 2x3 sebanyak 3 lembar.

Kartu perpustakaan hanya berlaku selama satu tahun dan nanti dapat diperpanjang.

"The library card is a passport to wonders and miracles, glimpses into their lives, religions, experiences, the hopes and dreams, and striving of all human beings, and it is this passport that opens our eyes and hearts to the world beyond our front doors, that is one of our best hopes against tyranny, xenophobia, hopelessness, despair, anarchy, and ignorance." -Libra Bay, penulis.

Jadwal perpustakaan kota Padang

  • Senin s.d Jumat: 7.30 s.d 16.00 WIB
  • Sabtu s.d Minggu: 7.30 s.d 12.00 WIB

Terima kasih kepada kak Icha yang sudah berbagi informasi baru mengenai perpustakaan kota Padang ini (Baca juga artikel kak Icha di https://chicicha.wixsite.com/najlaanissafatin/blog/ada-yang-baru-di-padang). Sewaktu saya ke sana, jadwal buka perpus masih Senin s.d Jumat walau ada informasi dari petugas di sana bahwa ada kemungkinan dibuka setiap hari mulai Januari mendatang. Ternyata belum sampai bulan Januari, jadwal full week perpustakaan ini sudah dimulai semenjak Desember.  Wah, ada perkembangan apa lagi ya di sana?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja