5 Alasan Kenapa Saya Memilih Blogspot untuk Blogging

Saat pertama kali membuat blog beberapa tahun yang lalu, saya langsung menggunakan platform Blogger alias Blogspot. Sampai saat ini, —bersama kelebihan dan kekurangannya,— saya masih bertahan menggunakan platform ini. Hal ini bukan tanpa alasan. Berikut saya jabarkan kenapa:

Blogspot. (c) Nadella - www.taruihbaraja.com

Cara memulai yang mudah

Cara membuat blog di Blogger itu cukup mudah, terlebih bagi yang sudah memiliki akun Google, karena platform ini juga milik Google.

Saya yang waktu itu sudah punya akun Google, tinggal login di blogger.com dan klik "Create Your Blog". Lalu isikan judul blog, alamat blog, dan milih template. Gampang!

Tampilan yang sederhana untuk pemula

Platform Blogger terkenal akan tampilannya yang sederhana. Bahkan saking sederhananya, platform ini punya fitur yang terbatas dibanding platform blog lain seperti nggak punya plug in, nggak bisa ngedit link yang typo di komentar, dan sebagainya. Namun, kekurangan ini juga bisa menjadi kelebihan, karena di sisi yang lain, fiturnya yang tidak banyak itu akan memudahkan para pemula untuk mempelajarinya dalam waktu yang singkat.

Kemudahan bereksperimen

Bagi saya yang masih senang mengotak-atik theme blog terutama dengan beberapa script (meski belum sehebat itu juga sih dalam per-coding-an), saya merasa Blogspot sudah cukup oke dalam menyalurkan keinginan bereksperimen itu karena tampilannya yang lebih sederhana.

Bisa pasang iklan Google Adsense kalau mau

Karena Blogger ini merupakan platform milik Google, jadi kita bisa memasang iklan Google Adsense meskipun blog kita belum TLD (Top Level Domain). Syarat memasang Google Adsense juga nggak banyak, kita tinggal ajukan, dan tinggal menunggu approval dari Google.

Kita juga bisa mengatur Google Adsense sesuai keinginan. Kalau mau tampilan blog yang lebih "bersih", nggak perlu ada iklan. Kalau mau ada iklan tapi nggak banyak, juga bisa diatur —seperti blog Taruih Baraja ini lah ya hehe.

Custom domain yang lebih murah

Di Blogger, kita bisa custom domain (menghilangkan ".blogspot" ataupun mengganti ".com" dengan apapun yang kita mau) dengan menyewanya per tahun pada berbagai layanan sewa domain.

Di Blogger, kita pun bisa sewa domain tanpa sewa hosting (alias sewa domain tapi masih numpang hosting di Google). Ini akan cukup menghemat meskipun hosting sendiri tentu ada kelebihannya juga.

Setiap platform mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap platform pun bisa berubah suatu hari, yang perubahannya mungkin bisa mengubah perilaku para penggunanya juga, seperti jadi bikin penggunanya pindah, misalnya.

Nggak jarang juga, karena kekurangan yang dimilikinya, beberapa pengguna Blogger jadi pengen pindah ke platform yang memiliki lebih banyak fitur, seperti halnya yang hangat didiskusikan di forum-forum Blogger. Tapi migrasi blog juga lumayan menguras waktu dan tenaga.

Akhirnya, dari segala kelebihan dan kekurangan platform ngeblog seperti Blogger dan lainnya ini, yang penting bisa kita manfaatkan untuk belajar menulis dan berbagi apa yang ada di dalam pikiran dengan sebaik mungkin.

Bonus:

Ada yang ngomen di postingan 5 Ciri Perusahaan Rental Genset yang Berkualitas, seorang Anon, bilang kalau dia suka dengan blog ini. Entah ini beneran dari hati atau gimana, saya ngga paham juga. Tapi jika benar ada yang suka dengan layout (dan terutama isi konten) blog ini, saya pun berterima kasih sudah mampir di sini. Saya pun menerima saran mengenai layout yang user friendly dan tulisan yang nyaman dibaca dari Pembaca sekalian. Tulis pesan kamu di kolom komentar atau ke taruihbaraja@gmail.com ya!

Komentar blog

Kalau pembaca, lebih suka nge-blog dimana?

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-13: Kenapa Memilih Platform Blog yang Digunakan Saat Ini

Blogger Perempuan


5 comments:

  1. Saya jadi flash back Mbak. Dulu awal-awal ngeblog sayapun menggunakan blogspot kemudian beralih ke com dan wordpress. Happy banget bisa merasakan berbagai perjalanan blog saya, dari nol menulis hingga paham sedikit demi sedikit per blog an. Bikin semangat menulis ketika ada wadah untuk 'menampung' aspirasi kita.

    ReplyDelete
  2. saya sejak awal udah suka Blogspot karena menunya lebih simpe dan asyik banget, hostingnya pun gak berbayar jadi bisa lebih hemat nih ::D

    ReplyDelete
  3. Pertama kenal blog th 2008 taunya ya blogspot. Br th 2018 ngeblog d wp

    ReplyDelete
  4. Toss,aku juga gt dan lebih simpel dibandingkan platform.yang lain ya mba.

    ReplyDelete
  5. Saya juga memulai ngeblog pakai blogspot. Mulai dari yang free sampai akhirnya beli domain sendiri. Kemudian sempat pindah wordpress selama beberapa tahun sebelum akhirnya migrasi ke blogspot lagi..hihi. Memang oke pakai blogspot... :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja