5 Alasan Kenapa Ngeblog Bisa Menjadi Hobi yang Menyenangkan

"Lagi ngerjain proyek apa, Uni?" Tanya adek saya ketika melihat saya buka laptop di meja tengah pada suasana lebaran (H+3 lebaran sih waktu itu, tapi suasana hari laya Idul Fitri masih terasa karena masih liburan panjang setelah 2 tahun nggak libur begini saat lebaran).

"Nggak, ini hobi aja," jawab saya mengaku bahwa ngeblog itu boleh dikatakan sebagai hobi diri ini.

Waktu itu lagi senggang. Jadi saya pun bisa nyicil nulis di blog.

Pada waktu senggang dan sedang di rumah saja, selain tidur dan makan, biasanya saya lebih tertarik untuk ngeblog ketimbang nonton, scrolling sosmed, dan lain sebagainya.

Hobi ngeblog
Kenapa Ngeblog itu bisa menjadi hobi yang menyenangkan? Foto oleh Kari Shea via Unsplash

Inilah beberapa alasan kenapa saya merasa ngeblog bisa menjadi hobi yang menyenangkan:

Ngeblog itu bisa membuat kita merasa jadi lebih produktif

Saya tidak mengatakan bahwa hal-hal semacam menonton, scrolling sosmed, main game itu sia-sia. Saya bilang begini bukan secara subjektif juga hanya karena saya suka nonton, lihat-lihat sosmed, dan main game. Selain demi hiburan, tontonan bisa memberi wawasan bahkan memupuk rasa empati, sosmed bisa memberi informasi, dan game bisa melatih otak untuk kreatif dalam memecahkan masalah. Hanya saja porsinya yang perlu dibatasi. Kan yang belebihan itu tidak baik ya?

Oke. Kembali ke blogging.

Yah, meskipun tulisan saya nggak seberapa secara kuantitas, dan perlu ditingkatkan lagi kualitasnya.

Namun, saya merasa lebih produktif saja kalau bisa menghasilkan karya tulisan di blog ketimbang rebahan sambil nonton, scrolling sosmed, ataupun main game. Ada kepuasan tersendiri setelah mengunggah tulisan di blog. Inilah mengapa ngeblog itu menyenangkan.

Ngeblog itu bisa menjadi sarana menumpahkan beban pikiran

Namanya juga dunia panggung sandiwara ya? Ada-ada aja konflik dan drama yang terjadi di hidup ini. Seperti Dumbledore yang punya Pensieve, saya juga punya blog. Meskipun nggak 100% mirip ya, tapi kurang lebih begitulah cara saya memanfaatkan blog.

Memang tidak semua hal dalam hidup saya akan saya bagikan ke publik. Ada tumpahan pikiran yang saya simpan sendiri, dalam jurnal privat. Tapi dalam beberapa hal yang sekiranya boleh diketahui publik, saya akan mencurahkannya ke dalam blog dan mengunggahnya, mempersilahkan orang membaca pemikiran saya.

Mana tahu dari cara ini saya bisa mendapatkan sudut pandang yang lebih luas jika ada yang berkomentar di postingan saya.

Ngeblog itu bisa menjadi tempat nostalgia atau masuk ke dalam pemikiran masa lalu

Sama lagi seperti fungsi Pensieve, saya pun bisa kembali ke suasana masa lalu yang dialami oleh diri sendiri maupun yang dialami oleh orang lain melalui blogwalking.

Yap, ngeblog juga bukan soal menulis tulisan aja, tapi juga membaca tulisan yang sudah ada, baik tulisan diri sendiri maupun tulisan orang lain.

Kadang saya merasa malu dengan tulisan saya di masa lalu. Kadang justru terkagum dan terheran kenapa saya di masa lalu bisa lebih bijak. Membaca tulisan lama yang pernah saya buat kadang membuat saya merasa dinasehati maupun diingatkan oleh diri sendiri. Ngeblog memang bisa jadi obat bagi pelupa ya...

Ngeblog itu menambah networking dan wawasan

Selain blogwalking, ngeblog memberi kesempatan untuk berkomunitas dan bahkan bertemu secara langsung dengan orang-orang hebat. Saya bilang hebat karena setiap saya berkesempatan hadir di acara blogger ataupun liputan, saya seringkali hanya mangut-mangut dan banyak mendengarkan cerita yang lain yang kaya akan pengalaman.

Selalu menyenangkan saat bisa terlibat dalam diskusi berisi namun dibawakan dengan ota lamak alias obrolan santai.

Ngeblog itu memfasilitasi keinginan bereksperimen

Bereksperimen dalam konteks ini lebih ke eksperimen otak-atik kodingan. Meskipun nggak sering-sering amat saya lakukan. Saya sampai punya blog khusus untuk catatan eksperimen ini.

Biasanya saya lebih ke tampilan / bagian front end, yak HTML CSS level pemula lah. Sudah sejak 2014 saya kenal dengan bahasa pemrograman web ini, tetap aja masih di level newbie karena nggak terlalu banyak nge-gawe ginian juga.

Perasaan yang saya rasakan saat pertama kali bisa "menciptakan" sesuatu dengan kodingan pada tahun 2014 dulu masih sama dengan perasaan yang saya rasakan saat ngoding pada masa sekarang ini. Magic! Segembira itu!

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja