5 Akun Instagram untuk Inspirasi Berkebun dan Hidup Ramah Lingkungan

Salah satu manfaat instagram adalah tempat mendapatkan inspirasi. Dalam hal berkebun dan mencoba hidup lebih ramah lingkungan, ada beberapa akun instagram yang saya jadikan inspirasi.

Akun instagram inspirasi berkebun
Akun instagram inspirasi berkebun. Dokpri, 2022

Berikut 5 Akun instagram tentang berkebun dan hidup ramah lingkungan yang saya ikuti:

lindungihutan

LindungiHutan adalah platform crowdfunding untuk penanaman pohon. Dana yang terkumpul pada kampanye-kampanye yang ada akan digunakan untuk bibit dan para petani yang merawatnya. Jadi pohon-pohon yang ditanam itu nggak dibiarkan begitu saja setelah "ditancapkan" ke dalam tanah.

LindungiHutan mengajak kita untuk lebih menyayangi lingkungan, dengan mengurangi karbon yang lepas ke atmosfer. Cara mengurangi karbon tersebut adalah dengan mengurangi jejak karbon yang kita hasilkan, dan mengambil karbon yang sudah lepas. Nah, salah satu cara untuk mengurangi karbon adalah dengan menanam pohon.

Kalau mau berdonasi, bisa langsung cus ke websitenya: lindungihutan.com.

LindungiHutan juga membuat konten-konten seputar hidup ramah lingkungan di blognya: Wanaswara, medium, dan beberapa akun sosial media, termasuk instagram.

Ini sengaja banget saya nge-embed postingan lama karena saya yang bikin copy-nya huehe. Dulu saya pernah bergabung di sini.

Dalam instagramnya, LindungiHutan membangikan info seperti fakta menarik, tips, dan lain sebagainya.

zerowaste.id_official

Mengutip dari laman zerowaste.id, Zero Waste Indonesia (ZWID) merupakan komunitas berbasis online pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2018 oleh Maurilla Imron dan Kirana Agustina dengan tujuan mengajak masyarakat Indonesia untuk menjalani gaya hidup nol sampah (Zero Waste Lifestyle).

Yah, meskipun hingga saat ini hidup saya belum sampai ke titik zero waste, tapi seenggaknya mencoba untuk pelan-pelan mengurangi jumlah sampah yang saya hasilkan.

Di dalam postingan instagramnya, ZWID membagikan cara memanfaatkan bahan makanan semaksimal mungkin agar tidak dibuang begitu saja ke dalam komposter apalagi ke dalam tong sampah yang bermuara ke TPA.

dkwardhani

DK Wardhani merupakan Founder Kelas @belajarzerowaste_id. Di dalam akun instagramnya, beliau kerap membagikan informasi seputar pengelolaan sampah yang baik hingga home schooling.

Sesekali beliau juga mengadakan instagram live dengan akun lainnya. Ramadan tahun 2021 lalu, saya pernah menonton instagram live beliau bersama mba Muriel Imron (atau nama aslinya Maurilla Sophianti Imron), co-founder ZWID, membahas bagaimana adab terhadap lingkungan dari perspektif Islam. Ramadan tahun ini, beliau off dulu agar bisa lebih fokus beribadah.

sitapujianto

Pertama kali saya tahu instagram ini sepertinya saat ngulik-ngulik informasi eco enzyme. Gak ingat dengan pasti juga sih. Tapi beliau memang membagikan pengalaman membuat eco enzyme di akun instagramnya.

Di samping membagikan pengalaman membuat eco enzyme, beliau juga membagikan banyak hal seputar berkebun terutama urban farming, mengolah hasil kebun sendiri, dan hidup minim sampah atau less waste.

ronfinleyhq

Use that shit! Itulah yang dituliskan Ron pada bio instagram-nya. Ron mengajak kita untuk memanfaatkan lahan-lahan terbengkalai dengan menanami tanaman agar lebih bermanfaat. Tanah terbengkalai jadi lebih cantik, dan mahkluk-makhluk hidup termasuk manusia juga bisa mengambil manfaat darinya.

Growing your own food is like printing your own money, begitu kata Ron Finley yang saya ambil dari situsnya, ronfinley.com.

Akun instagram Ron penuh dengan foto tumbuhan di "kebun rustic" -nya, beserta caption sederhana. Menginspirasi kita terutama kaum urban untuk menanam. Saya pun kecipratan inspirasi itu, meski ruang lingkup saya masih di pemanfaatan tanah keluarga. Pokoknya tanamin aja.

Sebenernya masih ada banyak lagi akun-akun ig yang jadi inspirasi untuk berkebun dan hidup ramah lingkungan. Tapi kali ini saya menuliskan 5 saja dulu.

Pembaca punya akun inspiratif yang suka dikepoin di instagram?

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-23: Akun akun Media Sosial yang Bermanfaat

Blogger Perempuan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja