5++ Blog Traveling sebagai Referensi Perjalanan

Kali ini saya mencoba untuk membuat daftar blog ber-niche travelling (walau ditemukan isinya tidak 100% bertema pelesiran juga, tapi sebagian besar isinya tentang jalan-jalan —setidaknya hingga tulisan ini dibuat pada pertengahan tahun 2022).

Saya yakin ada bwanyakkk banget blog berniche travelling di jagad perbloggingan ini. Tapi kali ini saya akan menuliskan beberapa yang menarik hati —di samping memang referensi saya masih terbatas untuk saat ini, cxcxcx.

Ini dia beberapa blog travelling sebagai referensi perjalanan:

naked-traveler.com

Tangkapan layar dari https://naked-traveler.com/about/, Mei 2022

Kurang afdol rasanya kalau menuliskan daftar blog Travel tanpa mencantumkan The Naked Traveler milik mba Trinity ini. Bukunya begitu populer, bahkan sampai diangkat ke layar lebar pada tahun 2017 dengan pemain utamanya Maudy Ayunda dan Hamish Daud.

Buku series The Naked Traveler sudah terbit sejak 2007, dengan seri terakhir yang berjudul The Naked Traveler 8: The Farewell telah rilis awal tahun 2019.

Tahun 2019, The Naked Traveller memiliki tagline: journey redefined. Dalam momentum perjalanan karir sebagai travel blogger dan sebagai pribadi yang makin dewasa, Mba Trinity ingin mendefinisikan kembali dan memberikan arti baru pada perjalanan hidupnya.

heyarai.com

Blog travelling
Tangkapan layar dari https://www.heyarai.com/, Mei 2022

Blog ini bernama Hey, Arai! dengan deskripsi di bawahnya: I can show you the world. Kata Arai, pemilik blog ini, blog ini merupakan blog "idealis"-nya dia. Jadi tulisan di dalamnya akan "berbau" Travelling, yang dituliskan dengan sepenuh hati.

Setiap baca tulisan Arai, saya bertanya-tanya bacaannya dia apa aja, kok diksinya bisa kaya begitu (iya, kaya, bukan kayak kehilangan k di belakang).

omnduut.com

Blog travelling
Tangkapan layar dari https://omnduut.com/about-me/, Mei 2022

Bang Yayan ini dulunya kerja di bank. Beliau sampai menulis buku solonya yang berjudul Jungkir Balik Dunia Bankir: Curhat Gokil Mantan Teller Bank. Menjadi teller bank adalah bagian masa lalu dari hidupnya. Bagian lain dalam hidupnya? Salah satunya adalah jalan-jalan.

Selain buku soal curhatan teller bank itu, bang Yayan juga pernah menulis beberapa buku lainnya, termasuk buku antologi Born to Travel: Petualangan Menjelajah 5 Benua di Dunia; Soul Travellers: Turning Miles into Memories; dan buku solonya soal jalan-jalan yaitu Modal Ngeblog Bisa Sampai Yurop: Travelling Seru ke Benua Biru.

Di dalam blog-nya yang berjudul Omnduut: Melangkahkan Kaki Kemana Angin Mengarahkan ini, bang Yayan banyak mengisahkan tentang perjalanannya di berbagai kota dan negara.

jilbabbackpacker.com

Blog travelling
Tangkapan layar dari https://jilbabbackpacker.com/, Mei 2022

Kak Rahma ini merupakan mantan jurnalis yang kini beralih profesi. Ngakunya ke saya sih sekarang jadi freelancer, yang saya tanggapi dengan pertanyaan retoris "Wah bebas ya kak?" Beliau menjawab dengan tawa aja saat kami sedang dalam perjalanan ke Tomohon.

Dalam kesempatan plesiran bareng kak Rahma itu, beliau menceritakan pengalaman travelling-nya (termasuk kuliah singkat perbedaan betawi tengah dan betawi pinggir). Dalam blog-nya, kak Rahma bercerita lebih banyak lagi.

Di dalam blog JilbabBackpacker: Travel and Halal Lifestyle Blog, kak Rahma yang merupakan alumni Arsi UI ini akan menuliskan perjalanannya yang berkaitan dengan gaya hidup halal dan juga membahas soal apa saja yang ada hubungannya dengan arsitektur.

kidalnarsis.com

Blog travelling
Tangkapan layar dari https://www.kidalnarsis.com/, Mei 2022

Blog ini punya bang Bayu Haryanto, atau akrabnya dipanggil bang "Ubay". Alamatnya memang kidalnarsis.com, tapi nama blognya adalah Jelajah Nagari Awak: Travel - Culinery - Heritage.

Sesuai dengan namanya, di blog ini para pembaca bisa menjelajah secara virtual mengenai tempat-tempat wisata atau tempat makan di ranah Minangkabau. Tak jarang juga bang Ubay ini memposting tulisan berbau sejarah, jadi kita yang membacanya pun jadi terbawa ke masa lalu.

Meskipun saat ini tampilan blog bang Ubay masih memakai theme blogspot yang jadul dan belum responsif, tapi saya cukup terobati dengan isi konten-konten organik yang ada di dalamnya.

jalanpendaki.com

Blog travelling
Tangkapan layar dari https://jalanpendaki.com/, Mei 2022

Jalan Pendaki adalah travel blog komedi dari seorang adventurer, mountaineer, travel writer, photographer dan author bernama Acen Trisusanto. Blog ini ditulis dalam bahasa Indonesia.

Saya mengenal blog ini saat blogwalking artikel yang juga bertemakan referensi blog untuk blogwalking. Pas saya kepoin, ternyata lumayan juga tampilannya. Niche-nya pun spesifik: mendaki gunung. Lumayan buat jadi referensi saat hendak mendaki gunung.

Yah, walau saat ini artikel terakhirnya tayang Oktober 2020 lalu, tapi saya rasa tulisan-tulisan yang masih ada di sana lumayan membantu untuk dibaca-baca sebagai persiapan mendaki gunung.

pergidulu.com

Blog travelling
Tangkapan layar https://www.pergidulu.com/, Mei 2022

Blog travelling yang ini juga unik, karena berisi cerita perjalanan suami-istri bernama Adam dan Susan dalam menjelajah dunia. Sudah lebih dari 70 negara yang mereka kunjungi.

"We’re here to prove that it’s not just possible to travel with the one you love, but you must travel with the one you love. Our blog is a collection of tales from across the globe in Bahasa Indonesia that shows our readers what it’s like to live a nomadic life."

Begitu yang mereka tuliskan di laman blognya. Wah impian saya ini!

"We don’t have regular jobs. We don’t have a permanent home. All we have are our laptops, passports and a love of travel and one another."

Sambung mereka dalam tulisannya. Home could be anywhere, i reckon.

Sampai tahun 2022 ini, Adam dan Susan masih aktif meng-update tulisannya di blog.

Wah semoga terus bisa berbagi informasi ya!

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-24: 7 Rekomendasi Blog yang Asik untuk Dikunjungi

Blogger Perempuan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja