5 Tips Blogging untuk Optimasi Blog

Blogging itu sebenarnya bisa dilakukan dengan sesederhana menuangkan cerita di dalam pikiran kita ke dalam sebuah tulisan. Bisa juga dengan mengunggah gambar-gambar foto yang bermakna dalam sebuah perjalanan. Namun, jika ingin blog yang dimiliki bisa mendapatkan banyak pembaca, maka ada beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mengoptimasi blog.

Blogging
Blogging, Foto oleh Justin Morgan via Unsplash

Berikut beberapa tips blogging patut untuk kita coba untuk mengoptimasi blog:

Memperkaya pengalaman untuk mendapatkan banyak ilmu

Pengalaman akan memberikan kita pengetahuan. Kalau kita punya banyak pengetahuan, maka kita punya banyak persediaan topik yang tinggal dituangkan ke dalam tulisan, dan kita pun jadi bisa menulis dengan lancar.

Dalam hal ini, saya pun ingin menjelajah bumi ini ke banyak tempat, ketemu dan diskusi dengan banyak orang untuk mendapatkan info yang bermanfaat, membaca lebih banyak buku, pun menonton, serta makan lebih banyak makanan yang ada di dunia ini. Supaya kalau bikin konten, konten yang dihasilkan pun lebih berkualitas dan (semoga) bermanfaat untuk banyak orang.

Lebih banyak membaca

Selain mendapatkan lebih banyak pengetahuan, membaca juga dapat memperkaya kosa kata kita agar lebih beragam. Ini akan membuat rangkaian kalimat jadi lebih indah.

Lagipula, pada dasarnya memang menulis juga nggak jauh dari membaca. Seenggaknya membaca kembali tulisan sendiri, supaya bisa menemukan mungkin ada yang salah ketik, atau mungkin ada tata bahasa yang kurang pas.

Kegiatan membaca ini juga bisa dilakukan dengan blogwalking. Selain mendapatkan referensi tulisan, blogwalking juga bisa memberi kita inspirasi mengenai template / theme blog.

Menerapkan teknik SEO

Agar blog bisa mendapatkan lebih banyak pengunjung organik (dari mesin pencari), kita bisa menerapkan teknik SEO (search engine optimization). SEO ini ada cara on page (di dalam web/blog) dan cara off page (di luar web/blog) —dan penjelasan detailnya lumayan panjang.

Saya pun mencoba belajar menerapkan teknik SEO. Mulai dari mencoba memakai template yang ringan sehingga loadingnya cepat, serta memberikan artikel yang bermanfaat dan relevan. Termasuk juga link building, dan sebagainya.

Bicara soal algoritma, kita emang nggak tahu gimana cara pasti untuk menaikkan artikel kita di halaman pertama mesin pencari. Lagipula, algoritma suka berubah-ubah. Namun, kita tahu bahwa mesin pencari kayak google juga mengedepankan user experience, maka kita pun sebisa mungkin bikin konten yang bermanfaat untuk user a.k.a pembaca. Jadi ujung-ujungnya, fokusnya lebih ke pembaca sih.

Memanfaatkan tools

Banyak banget tools yang bisa membantu kita untuk mengoptimasi blog, mulai dari tools untuk mencari ide konten, riset kata kunci, hingga monitoring performa blog / konten.

Tools yang sering saya gunakan adalah GSC dan GA. GSC (Google Search Console) merupakan tools tempat "nge-ping" atau ngasih tahu google bahwa kita punya artikel baru. GSC juga punya fitur-fitur lain untuk melihat query atau kata kunci apa yang biasa dipakai orang hingga bisa sampai ke blog kita. Sementara GA (Google Analytic) merupakan tools tempat melihat statistik blog maupun artikel, seperti pageviews, audience, dan lain sebagainya.

Saya pun belum ngulik lebih banyak.

Belajar Coding

Ini sebenarnya nggak begitu krusial untuk dilakukan. Apalagi ada banyak jasa otak-atik website/blog.

Akan tetapi, kalau bagi saya pribadi, saya merasa lebih senang jika bisa mengerti codingan, seenggaknya yang dasar, supaya bisa memperbaiki sedikit tampilan blog atau tampilan artikel yang terkadang tulisannya lari ke mana, atau gambarnya melebar ke mana. Setidaknya ngerti HTML dan CSS lah ya.

Entah mengapa, sejauh ini, saya juga lebih senang mengotak-atik template sendiri walaupun mungkin sangat sederhana (i do love minimalism anyway).

Meski tentu saja saya masih perlu banyak belajar lagi.

Itulah beberapa tips blogging untuk mengoptimasi blog. Nggak semua mesti diterapkan juga, karena beberapa orang bikin blog memang hanya untuk menuangkan isi pikiran.

Pembaca punya tips lainnya dalam dunia blogging?

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-12: Tip Blogging Yang Ingin Dicoba

Blogger Perempuan

5 comments:

  1. Lebih banyak membaca saya setuju banget. Secara kita mau nulis apa kalau tidak punya pengetahuan wawasan. Tulisan akan lebih berbobot kalau disertai dengan ilmu dan referensi yang tepat ya

    ReplyDelete
  2. Tipsnya benar semua..dan utamanya konsisten. Karena kalau semua sudah tapi enggak istiqomah bloggingnya ya wassalam. Semangat blogging!

    ReplyDelete
  3. Saya pernah otak-atik blok sendiri.
    Jadinya?
    Error hahahaha
    Langsung pucat sayah..
    Endingnya merengek-rengek ke suhu dan adik ipar saya supaya dibenerin...
    Dan saya pun kapok...
    Pengen de belajar optimasi blog tapi jangan yang online, karena saya ini termasuk ke jajaran gaptek nanggung.
    Lebih nerima otak saya kalo yang offline...
    Supaya cepat ketemu tempat belajarnya

    ReplyDelete
  4. Saya tipe yang belajar harus berguru secara offline kak. Entah kenapa kalo online malah kemana-mana jadinya saya otak atik. Jadinya malah gak nggenah.
    Rasanya iri lah kalo ngeliat orang belajar online optimasi blog langsung ngerti. Sementara saya duduk di pojokan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aahh sama banget mbaa hahaha aku kurang nyambung juga sebenernya kalo online, makanya butuh teknisi nih wkkwwk

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja