5 Keseruan BloggerDay 2022

Jadi, ceritanya saya diberi kesempatan ikut BloggerDay pada akhir Februari 2022 lalu. BloggerDay ini merupakan event akbar yang diselenggarakan oleh Komunitas Bloggercrony Indonesia yang juga dikenal dengan Bloggercrony Community (BCC) dalam rangka memperingati ulang tahunnya. Tahun ini BCC sudah berusia 7 tahun, selamaaattt!!

Saya sendiri sudah bergabung dengan BCC sejak tahun 2018, setelah bertemu dengan mpok Wawa (Co-Founder BCC) dan uni Yani (Pengurus BCC) pada Temu Blogger Kesehatan tahun 2018 di Padang. Jadi teringat, setelah acara itu kita sempat jalan-jalan ke Pantai Air Manis dan Masjid Raya Sumbar. Bertiga di mobil, berempat dengan pak supir, dan diperkenalkanlah saya dengan BCC (Saya nggak tahu apakah waktu itu uni Yani sudah jadi Pengurus BCC atau belum).

Dari Temu Blogger Kesehatan pada Maret 2018 ke BloggerDay 2022 pada Februari 2022, berarti kurang lebih sudah 4 tahun saya jadi anggota BCC. Bukan masa yang singkat, dan saya telah banyak mendapatkan insight dari diskusi-diskusi di grup WhatsApp, baik seputar blogging, maupun menyoal kehidupan seperti menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 (sekarang sih udah mau jadi endemi ya...).

Saya juga berkesempatan ikut webinar bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Oktober 2020 lalu, yang mana info event ini saya dapatkan dari BCC juga. Baca tulisannya di: Kontemplasi dari Webinar Covid-19 Ditpromkes Kemenkes RI Bersama Blogger.

Dalam 4 tahun saya berada di BCC, tentunya saya sudah melewatkan beberapa event  BloggerDay. Kenapa bisa saya melewatkan event BloggerDay sebelumnya? Apa alasannya? Saya sendiri tidak begitu ingat. Entah karena waktu yang tidak pas untuk mendaftar, atau karena saya memang tidak terangkut setelah mendaftar. Ada banyak banget yang pengen ikut BloggerDay tapi sayang kuotanya terbatas.

Tahun ini, BloggerDay yang bertajuk #ScaleUpYourSkill ini diadakan secara daring, dan barangkali inilah yang memudahkan saya —dan mungkin juga teman-teman anggota BCC lainnya yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia— untuk mengikuti acara Bloggerday tahun ini, karena bisa diikuti dari rumah. Beruntungnya lagi, saya mendapatkan "Golden Ticket" karena beberapa waktu sebelumnya, saya mendaftar jadi relawan BCC (meski gak kepilih), dan semua yang daftar langsung diberi kesempatan ikut BloggerDay. Much Appreciate.

Ada Apa Saja di BloggerDay?

Saya jadi mengerti kenapa kok euphoria BloggerDay itu tinggi banget setiap tahunnya. Grup WhatsApp BCC jadi heboh, rebutan pengen diangkut. Ternyata BloggerDay memang seru!

MC, Moderator, dan Sambutan co-founder yang Meriah

Meriah di sini maksudnya semangat (ya masa engga semangat kan?). BloggerDay ini dipandu oleh MC kita, kak Febria Silaen yang membawakan acara dengan penuh energi. Masing-masing sesi juga dipandu oleh moderator kita, kak Akbar Muhibar, kak Fawwaz Ibrahim, serta kak Anesa Nisa. Tak lupa juga kata sambutan dari "pak lur" Satto Raji dan "bu lur" Wawa Raji, yang tentunya sangat antusias dengan acara ini.

Materi yang Daging

Di BloggerDay ini kita juga dapat materi yang isinya daging semua.

Pada BloggerDay 2022 kemarin ini, kita belajar tentang Dunia Digital, Metaverse & Kejahatan bersama mas Anwari Natari (mas Away) dan mas Tuhu Nugraha. Saya kasi cuplikan materinya yang diposting mas Away di IG beliau:


Kejahatan berbahasa di metaverse?

Masukan saya sederhana saja, selama dapat berfungsi sebagai media ekspresi dan komunikasi, plus dapat direkam, maka metaverse juga dapat menjadi media menyampaikan ujaran yang bisa dianggap sebagai kejahatan berbahasa, entah itu kebencian, berita bohong, fitnah, dsb, sama seperti di medsos sekarang ini.

Lalu, apa yang berbeda dengan metaverse? Jika memang metaverse akan menampilkan sosok 3 dimensi kita (avatar), ujaran kita (verbal) jadi akan dilengkapi dengan bahasa tubuh dan wajah kita (nonverbal). Aspek nonverbal inilah yg mungkin akan dijadikan bukti tambahan ttg ada tidaknya kejahatan berbahasa.

Apa bedanya dengan video atau video call spt Zoom, Meet, dll itu? "Sedikit" aja sih bedanya. Di metaverse, avatar kita akan berada dalam satu ruangan dengan avatar orang lain dalam citra 3D. Jadi, kalau misalnya kita menghina orang lain di metaverse (avatar to avatar), bahasa tubuh dan ekspresi kita mungkin akan dihitung juga, ya. Mungkin juga tergantung seberapa realistis wujud avatar kita disajikan di metaverse.

Uniknya, mungkin akan ada orang yang memanfaatkan metaverse untuk menampilkan alter egonya, sisi lain atau sifat lain dari dirinya. Orang yang pendiam ingin mencoba menjadi orang agresif di metaverse, termasuk cara berbahasanya. Jika terjerat kasus kejahatan berbahasa, nanti dia bisa bilang, "Itu cuma karakter imajinasi saya saja, kok." Hahaa.. iya, tentu nggak semudah itu, ya.

Kemudian materi Blogging: Organik VS Monetisasi bersama mas Matahari Timoer (mas MT) dari #timorganik dan bang Joe Candra dari #timmonetisasi. Di sini kita bicara soal idealisme dan konsistensi dalam membuat konten (kalau kita stand untuk upaya penyelematan lingkungan misalnya, berarti ya nggak usah terima job dari perusahaan yang tidak ramah atau merusak lingkungan hidup), serta menyoal pintu rezeki yang bisa datang dari mana saja.

Tak lupa juga kita bincang-bincang dari sisi psikologis, merawat jiwa bersama ibu psikolog kita, Tsurayya Syarif Zain dalam materi Bisa Yuk! Gali Potensi Terbaikmu.

Lagu Selingan yang Keren

Biarpun daring, tapi tetap ada acara hiburan juga dengan nyanyi live! Shout out to mas Uwan Urwan dan mbak Melysa Luthia yang keren banget. Online aja bisa bikin saya terkesima, apalagi offline ya...

Peserta dari Seluruh Indonesia yang Aktif

Sebelum hari H BloggerDay, kita sudah dilombakan untuk posting feed bertema BCC (warna hijau-oranye-putih khas BCC) di instagram. Dari posting-posting H-1 acara aja udah saling like, comments, follow (lumayan menambah interaksi di persosmed-an duniawi). Sewaktu sesi QnA juga pada rebutan nyebutin nomor kamar. Sebagai peserta, tentunya saya juga nggak mau kalah dong~

Acara Bertabur Hadiah

Ada banyak banget sesi bagi-bagi hadiah di BloggerDay ini. Pada sesi "mini quiz" (sebutan dari saya untuk salah satu acara selingan) di BloggerDay kemarin, saya nyaris dapat kaos hitam BCC yang meski saya nggak tipikal orang ngoleksi barang banget, tapi kaos hitam itu sungguh tampak menggiurkan, terlebih saya sedang ga punya kaos hitam saat ini. Tapi sayangnya saya lupa apa jabatan mas Akbar di BCC ckckck yang membuat saya tidak bisa menjawab pertanyaan kuis itu. Gak jadi dapet kaos deh, huhu. Beruntungnya saya dapat hadiah e-money dari lomba igstory terbaik, yea terima kasih BCC!

Tangkapan layar zoom oleh Fajar Nugraha Wahyu yang saya crop

Kita juga dapat souvenir, lho. Souvenir ini nantinya dikirim ke alamat masing-masing. Enggak perlu memakai waktu yang lama juga, souvenirnya mendarat di tempat tinggal saya di Sumatera ini. Bahkan kalau nggak salah, peserta BloggerDay kemaren juga ada yang dari Papua. Souvenir tersebut berisi pin dan stiker, masker kain, serta goodie bag.

Pin dan stiker Cera Production ini cetakannya bersih, gak goyang. Bisa dengan bangga ditempel atau dilekatkan di benda kesayangan, atau disimpan sebagai koleksi.

Pin dan Stiker, souvenir BloggerDay yang disponsori oleh Cera Production

Sekadar catatan, Cera Production merupakan perusahaan yang bergerak dalam production service (layanan produksi) untuk kantor swasta dan instansi yang memproduksi Premium Gift Set, Souvenir, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan). Selama lebih dari 10 tahun, Cera telah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi. Saat ini Cera dapat dijumpai di 13 kota di Indonesia. Pokoknya kalau mau bikin souvenir kantor atau seminar kit kantor, bisa pesan ke Cera Production.

Postingan ini, harusnya juga dilombakan. Tapi sayangnya saya gak bisa nyetor sebelum deadline, karena... yha, apa harus saya kasih tahu alasannya? heuheu, sudah terjadi. Tulisan ini saya buat untuk meramaikan tulisan BloggerDay saja. Sekaligus menjadi ucapan terima kasih sudah diberi kesempatan mengikuti BloggerDay 2022, semoga BCC semakin sukses dan panjang umur (begitu juga untuk co-founder dan pengurus, semoga senantiasa diberi kesehatan...). Happy #7thBloggercrony ya @bloggercrony!

15 comments:

  1. Waah sama kitaa ... saya juga dapat hadiah dari IG story ... toss hehe.
    Menyenangkan ya acaranya, ilmunya daging semua yang dibagikan para nara sumber.

    ReplyDelete
  2. sayang sekali saya ga bisa ikutan acaranya,pastinya seru banget ya kumpul bareng bersama blogger seluruh Indonesia dapat ilmu pula, semoga next acara saya bisa ikutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn.. Semoga kita bisa ketemu di acara berikutnya ya kak.. hehe 😄

      Delete
  3. Asik banget ini ya acaranya.. selamat ulang tahun blogger crony.. semoga b isa menebar manfaat untguk semua

    ReplyDelete
  4. Semoga tahun depan masih bisa ikutan ya. Acara seru plus bertabur ilmu dan hadiah memang jangan sampai dilewatkan

    ReplyDelete
  5. keren ya, acaranya tetep meriah walaupun virtual :) mudah-mudahan blogger bisa terus berkontribusi untuk hal-hal positif buat negeri :)

    ReplyDelete
  6. Waah, selamat ya kak bisa berada dalam keseruan acara blogger dengan rangkaian acara yang menarik dan materi daging.

    Semoga aku bisa juga menghadiri acara serupa kedepannya

    ReplyDelete
  7. wahhh ada beberapa nama yang saya familiar itu.
    Seperti mba Mugniar dan Raja Lubis
    SEru ya acaranya

    ReplyDelete
  8. Senangnya ada acara daging begini ya, Kak. Narsumnya keren, temanya sesuai tren dan pesertanya blogger berasal dari seluruh Indonesia. Keren ah BCC kalau bikijn helatana BloggerDay. Happy #7thBloggercrony semoga bisa terus membersamai dan mendukung blogger Indonesia berkiprah yang terbaik untuk semua

    ReplyDelete
  9. Wuah, sayang banget ya kak. Enggak sempat dilombakan dan mepet deadline Hehe … kan enggak apa-apa bisa nambah trafik nih di blognya kakak. Lumayanlah, nambah-nambah pengunjung.

    ReplyDelete
  10. Jadi pengen bergabung deh ke komunitas Blogger Crony ini karena banyak manfaat yang didapat, seru banget ya seminarnya saya rasa informasi tersebut harus diketahui oleh para blogger saat ini

    ReplyDelete
  11. Keren ya kak acara blogger croni. Saya pengen gabung,nih
    Saya jadi inget soal konsistensi.
    Karena mau berjauhan dari produk ribawi, saya gak pernah Terima job dari produk bank, asuransi dan fintech. Hehe
    Memang bener. Rezeki dari mana saja

    ReplyDelete
  12. Pengalaman yang seru banget karena bisa ikutan kegiatan akbar tahunan Bloggrecrony. Baca post-nya saja saya jadi ikutan merasakan semangat dan semaraknya. Semoga saya bisa berpartisipasi di tahun depan.

    ReplyDelete
  13. Asyik yaa aku jg tahun lalu ikutan bloggerday alhamdulillah dan kaosnya udah jadi kaos tidur hahaha karena pandemi bingung mau dipake kemana aja wkwkwk

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja