20+ Menu Sehat di Uniquecafe_bakery Payakumbuh

Disclaimer: Uniquecafe_bakery tidak meminta saya untuk menulis ulasan tentangnya.

Uniquecafe_bakery adalah sebuah tempat jajan Korean streetfood beserta beberapa menu sehat dan halal lainnya. Karena berkonsep halal, disini juga tidak ada soju, sebagai minuman yang lumrah menjadi pendamping makanan, setahu saya. Bahkan tidak juga soda. Setidaknya saat terakhir saya kesini pada akhir tahun lalu, tempat ini tidak menyediakan soda. Nah, kalau begitu, memangnya apa yang ada di sini? Mari temukan jawabannya pada tulisan-tulisan di bawah ini...

Apa yang Unik dari Uniquecafe_bakery?

Pertama kita bicara soal keiunikannya dulu, soalnya ada pada namanya: Uniquecafe. Hal yang membuat Uniquecafe_bakery ini unik adalah bahwa tempat ini hadir untuk memberdayakan anak berkebutuhan khusus (ABK). Terlihat sekali saat saya kesana waktu itu. Jadi Uniquecafe_bakery ini ditujukan agar bisa hadir sebagai cafe & bakery, yang dapat menjadi wadah dan sarana bagi anak-anak tersebut untuk belajar mandiri dan belajar menggali potensi yang ada dalam diri mereka agar dapat menjadi manusia sebagaimana manusia pada umumnya.

Menu Sehat Apa Saja yang Bisa Kita Pesan di Uniquecafe_bakery?*

Makanan Korea yang Halal

  • Tteokbboki Reguler: Tteok (kue beras) dengan saos pedas gochujang. Tersedia topping berupa telur rebus/ sosis/ beef burger. Harga:  18K.
  • Tteokbokki Paket Hemat: Setengah porsi tteokbboki paket reguler. Harga: 10K.
  • Sotteok: 5 tusuk dengan masing-masing ada 4 tteok (kue beras) + sosis yang dibakar dengan saos gochujang. Harga: 5K.
  • Jjangmyeon: Mie dengan saos pasta kedelai hitam rasa gurih, dengan campuran ayam dan kentang. Harga: 25K.
  • Jjajang Tteokbokki: Tteok (kue beras) dengan saos kedelai hitam yang gurih, bersama campuran ayam dan kentang. Harga: 20K.
  • Ramyeon Unique: Mie dengan saos pedas gochujang, bersama toping telur rebus/ crab stick/ nori. Harga 23K.
  • Rabokki Mie kuning: Ramyeon dengan mi kuning saos pedas gochujang + tteok (kue beras) + toping telur rebus/ sosis/ beef burger. Harga: 21K.
  • Rabokki Mie Sayur Ijo: Pada dasarnya sama aja dengan Rabokki Mie Kuning, tapi dengan mie sayur hijau. Harga: 24K.
  • Kimchi: Asinan sayur sawi + wortel + daun bawang fermentasi dengan bumbu cabe bubuk. Harga: 15K.
  • Odeng Kuah Soup: 2 tusuk kue ikan yang disajikan dengan kuah soup yang gurih. Harga: 10K.
  • Odeng Kuah Pedas: 2 tusuk kue ikan yang disajikan dengan saos pedas gochujang. Harga: 10K.
  • Frozen Tteokbokki: 1 porsi tteok (12 potong) + 1 porsi saos gochujang + 1 pcs sosis. Harga: 16K.
  • Frozen Rabokki Mie Kuning: 1 porsi mie kuning+ 1 porsi tteok (12 potong) + 1  porsi saos gochujang + 1 pcs sosis. Harga: 19K.
  • Frozen Rabokki Mie Kuning: 1 porsi mie sayur hijau + 1 porsi tteok (12 potong), 1 porsi saos gochujang + 1 pcs sosis. Harga: 22K.
  • + Pada Ramadan tahun ini, ada menu baru yaitu bibimbab. Bibimbab ini adalah semangkuk nasi putih dengan topping lauk dan sayur.

Minuman Unique

Roselle Series

  • Sweet Roselle: Teh Rosella ditambah gula sebagai pemanis. Harga: 6,5K.
  • Chia Sweet Roselle. Teh Rosella + gula + chia seeds. Harga: 9K.

Butterfly Pea Drink

  • Original Blue: Teh bunga Telang dengan gula sebagai pemanis. Harga: 6,5K.
  • Blue Sky: Teh bunga Telang + gula + susu UHT. Harga: 13K.
  • Sweet Purple: Teh bunga Telang + gula + lemon. Harga: 9K.

Menu Dessert

Selain makanan dan minuman yang tertulis di atas, di Uniquecafe_bakery juga ada brownies yang dibuat menggunakan tepung mocaf. Juga ada puding buah low sugar yang dibuat dari agar-agar susu, nutrijel dengan sedikit gula, serta toping buah-buahan segar.

*Jumlah dan variasi menu di sini dapat berganti seiring berjalannya waktu

Pengalaman Makan di Uniquecafe_bakery

Jadi, sekitar setahun atau dua tahun yang lalu, saya mendapatkan sebuah pesan siaran di WhatsApp Group yang berisi promosi jualan makanan Korea seperti tteokbokki dan rabokki (ramyeon-tteokbokki). Kebetulan saya sedang pengen makan makanan Korea pada saat itu. Kebetulan juga, teman saya juga sama pengennya dengan saya. Tapi karena beberapa alasan, akhirnya kami terpaksa menahan keinginan itu dulu.

Barulah pada akhir tahun 2021 kemaren saya bersama seorang teman dan teman saya yang tadi disebutkan di atas datang ke sebuah tempat makan kecil yang dipromosikan melalui pesan siaran di WhatsApp dulu. Kami bertiga datang untuk mencicipi hidangan Korea. Saya memesan jajangmyeon, dan masing-masing teman saya memesan tteokbokki dan rabokki. Tak seperti masa penantian untuk bisa menyantap makanan ini sejak pesan siaran itu didapatkan, kami tak perlu berpikir lama untuk mengatakan bahwa hidangannya enak! Walau memang, saya dan kedua orang teman saya ini belum pernah ke Korea. Kami bilang enak hanya karena cocok dengan lidah kami.

Sayang, saya tidak mengambil foto makanan kami itu karena nggak kepikiran, wkwk.

Sewaktu saya memesan jjangmyoen itu, saya diberi tambahan bubuk cabe. Mungkin karena saos kedelai hitam yang manis dianggap terlalu manis bagi lidah Minang saya? Entahlah. Menurut saya nggak begitu kemanisan. Tapi akhirnya saya taburkan juga untuk mencoba sensasi memakan jjangmyeon pakai bubuk cabe. Ternyata jjangmyeon ini mirip-mirip mie ayam. Mungkin karena komponennya sama, terutama mi dan ayam dengan kuah agak manis. Tapi tentu tidak sepenuhnya serupa. Ada rasa yang membedakan, yang tidak bisa membuat saya gampang mensubsitusi salah satu dengan yang lain.

Saya diberi icip saos gochujang berserta tteobokki dan ramyeon yang teman saya pesan. Menurut saya saos gochujangnya tidak begitu pedas. FYI, saya bukan orang yang tahan makanan pedas juga. Jadi bagi saya yang nggak begitu doyan makan makanan pedas, makanan ini pas.

Dimana Lokasi Uniquecafe_bakery yang Dibicarakan Ini?

Sedari tadi sudah bicara sana-sini mengenai tempat makan yang satu ini. Tapi dimana sih lokasinya? Dari judul agaknya sudah jelas, tempat makan ini berada di Payakumbuh, suatu daerah di Sumatera Barat. Tapi di bagian mana nya di Payakumbuh?

Berikut peta lokasi Uniquecafe_bakery (update: April 2022):

Bangunannya seperti ini:

Uniquecafe_bakery. Sumber: Tangkapan layar Google Street View.

Gambar di atas merupakan tanggapan Google Street View yang di-update pada September 2021, sementara terakhir saya dan teman-teman ke sini pada bulan Desember 2021. Tidak banyak yang berubah, kecuali sedikit susunan meja dan kursi untuk makan. Uniquecafe_bakery ada di lantai satu. Di sampingnya ada rumah mandiri ABK.

Bagaimana Kalau Mau Pesan Makanan/ Minuman?

Walau penampakan atau tata letak benda-benda di Uniquecafe_bakery yang terlihat pada gambar di Google Street aak berbeda dengan yang saya kunjungi tahun lalu, namun Pembaca sudah bisa mendapatkan gambaran seluas apa tempatnya. Di sini bukan seperti tempat makan yang ada banyak meja dan bangku. Sistem di sini lebih ke takeaway.

Scrolling. Dokpri, April 2022

Selama bulan Ramadhan, Uniquecafe_bakery ini buka pada pukul 14.00 s.d 18.15 WIB, lalu buka lagi setelah tarawih, yaitu pukul 20.30 s.d 22.00 WIB. Tapi kita bisa chat untuk pesan online ke DM atau kontak WhatsApp, dan nantinya akan diantar oleh kurir.

Di luar bulan Ramadhan, saya sarankan untuk nge-chat adminnya terlebih dahulu baik via DM instagram ataupun via WhatsApp ke nomor yang tertera di bio, karena kadang bukanya random.

Postingan ini tentu lebih diperuntukkan bagi warga Payakumbuh, atau bagi Pembaca yang berencana ke Payakumbuh. Oh tentu Payakumbuh punya makanan lokal seperti aneka macam rendang, bareh randang, galamai, batiah, dan jajanan khas Minangkabau yang tak kalah enak lainnya. Namun, jika ingin selingan makanan Korea, bolehlah mengunjungi tempat makan yang satu ini.

Bicara soal pesan online, saya pribadi belum pernah mencoba pesan makanan ini secara online. Namun, karena rasa makanan dan pelayanannya yang memberikan impresi yang bagus terhadap saya dan teman-teman saya, maka saya rekomendasikanlah tempat ini kepada Pembaca. Kebetulan Uniquecafe_bakery ini juga melayani delivery.

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari keenam: Rekomendasi Restoran untuk Pesan Online

Blogger Perempuan

2 comments:

  1. Saya ke Payakumbuh baru sekali, pas ke Lembah Harau sekalian main ke rumah keluarganya adek ipar, ipar saya memang orang sana. Kalau ke Payakumbuh lagi, mau bilang adek ah biar sekalian main, hehe...

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja