5 Jenis Nutrisi yang Ada dalam Buah Kurma

Kurma merupakan salah satu makanan yang praktis untuk sahur. Tak perlu banyak persiapan. Cukup ambil kurma dari tempatnya, langsung hap. Saya termasuk yang sering mengonsumsi kurma saat sahur. Sambil merem pun bisa karena nyawa belum terkumpul semua. Lalu tinggal menenggak air putih. Sahur pun selesai. Ajaibnya, meski sahur hanya beberapa butir kurma, saya pun merasakan manfaatnya. Buah ini, meski kecil, manfaatnya tidak kecil.

Kurma
Kurma, Foto oleh Mona Mok via Unsplash

Manfaat Kurma Dilihat dari Kandungan Nutrisinya

Setelah baca-baca referensi dari USDA dan WebMD: Dried Dates: Are They Good for You?, saya pun mencatat beberapa kandungan nutrisi kurma (kurma kering ya) pada postingan ini.

1. Kalori

Dilansir dari WebMD, 2 butir kurma kering itu mengandung 110 kalori, 1 gram protein, 31 gram karbohidrat (27 gram gula dan 3 gram serat)

Walau nggak begitu banyak seperti daging, kurma juga menyumbang protein pada tubuh kita. Protein dapat memberikan energi, dan keberadaannya sangat berpengaruh terhadap kinerja sel-sel tubuh.

Kurma juga mengandung gula, yang sudah jelas sekali karena rasanya manis. Gula adalah bagian dari karbohidrat, dan karbohidrat adalah bagian dari kalori. Artinya, kurma memberikan tenaga untuk kita dapat beraktivitas. Walaupun puasa, aktivitas tetap jalan.

Kurma juga mengandung serat. Dilansir dari situs ners UNAIR: 5 Manfaat Serat untuk Kesehatan Tubuh Anda dan Keluarga, serat dapat memelihara mikroba baik di dalam usus. Selain dapat membantu proses pencernaan makanan, mikroba ini juga akan memecah serat menjadi asam yang dapat merangsang aktivitas sel-sel imun. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan lebih kuat untuk melawan beragam penyakit. Pencernaan lancar, imun terbangun, puasa pun jadi lebih lancar.

2. Magnesium

Magnesium ini termasuk salah satu mineral yang penting untuk tubuh. Zat ini dapat membantu menstabilkan tekanan darah agar tetap normal, menguatkan tulang, dan menstabilkan detak jantung.

3. Kalsium

Kalsium ini terkenal sebagai mineral yang punya peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium juga membantu memelihara ritme jantung, fungsi otot, dan masih banyak lagi manfaatnya. Nggak heran kenapa kalsium juga dijual dalam bentuk suplemen. Saya pun pernah mencobanya, dikasih.

4. Zat Besi

Pada umumnya, zat bsi ditemukan di dalam sel darah merah dan sel-sel otot. Zat besi ini membantu sel darah merah untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi ini juga berperan penting dalam mencegah dan mengatasi anemia yang disebabkan karena rendahnya level zat besi di dalam tubuh.

5. Potassium

Zat yang banyak dikandung oleh pisang ini juga terdapat di dalam kurma. Potassium juga termasuk mineral yang penting bagi tubuh. Fungsinya dibutuhkan oleh jantung, ginjal, dan oragan-organ lainnya agar dapat bekerja dengan normal.

Manfaat Kurma yang Saya Rasakan untuk Berpuasa

Manfaat kurma yang pertama —sebagaimana yang sudah saya singgung di pembukaan— adalah sebagai makan sahur yang praktis.

Pada saat berpuasa, saya menjadi lebih bertenaga dan lebih tahan lama dibanding dengan tidak sahur, walau hanya mengonsumsi beberapa butir kurma —Yaiyalah ya? Tapi manjur juga walau beberapa butir kecil.

Soal detak jantung yang lebih stabil, kesehatan tulang, anemia, dan kinerja otot-otot —terutama otot polos dan otot jantung— tubuh ini, saya tidak terlalu merasakan karena itu detail kecil dari tubuh. Hamdallah, mungkin sadar atau tidak, apa yang membuat saya masih sehat juga tentunya ada pengaruh dari apa yang kita konsumsi juga.

Sekian catatan kecil saya mengenai manfaat kurma saat berpuasa. Apakah Pembaca juga mengetahui dan merasakan manfaat dari buah kurma ini?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja