15 Jenis Kurma Sebagai Menu Sahur Yang Praktis

Bicara soal menu sahur yang praktis, kita bisa mengandalkan kurma sebagai buah-buahan yang dapat memberikan kalori. Kurma juga mengandung serat dan berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan, sebagaimana yang pernah saya tuliskan dalam artikel sebelum ini: Kurma Setidaknya Mengandung 5 Nutrisi Ini dan sebagaimana yang banyak dituliskan pula dalam situs-situs kesehatan. Nah, sekarang kalau bicara soal kurma, ada banyak banget jenis-jenis kurma yang bisa kita pilih.

Saya bukan ahli biologi, taksonomi, botani (apa belum? huehe) atau apalah itu yang tahu apa saja jenis-jenis kurma di dunia ini. Kali ini, saya coba mengutip dari sebuah sumber, yaitu wellcurve.in yang merupakan situs e-commerce India yang menjual produk makanan sehat. Di dalamnya artikel yang saya temukan itu, ada 15 jenis kurma dan sedikit penjelasannya. Kali ini, saya akan mencoba menyadur seluruh isinya dengan bahasa Indonesia (tanpa copas google translate, saya ketik dengan bahasa sendiri).

Berikut 15 Jenis Kurma (Kurma Kering):

1. Kurma Medjool

Kurma Medjool
Kurma Medjool

Kurma Medjool memiliki ukuran yang besar dan memiliki tekstur yang berserat. Warnanya merah kecoklatan. Kurma Medjool ini umumnya dibudidayakan di Morocco, Palestina, Jordan, dan Arab Saudi. Rasanya lembut dan manis.

2. Kurma Omani

Kurma Omani
Kurma Omani

Kurma Omani termasuk salah satu jenis kurma yang terbaik. Ukurannya pun besar. Warnanya coklat gelap. Seperti namanya, kurma ini berasam dari Oman. Rasanya manis dan juicy.

3. Kurma Piarom

Kurma Piarom
Kurma Piarom

Kurma Piarom ini berukuran panjang, ramping, dan oval. Ukurannya sekitar 2-5 cm. Warnanya coklat gelap hingga kehitaman. Kurma ini banyak tumbuh di Teluk Persia dan daerah Timur Tengah. Rasanya manis yang unik, yang mirip dengan karamel.

4. Kurma Deglet Nour

Kurma Deglet Nour
Kurma Deglet Nour

Kurma Deglet Nour ini memiliki ukuran yang medium dan ramping memanjang dengan bentuk yang oval. Warnanya coklat gelap keemasan. Asalnya dari oasis di Tolga dan daerah sekitar Biskra dan Oued Righ di Algeria. Rasaya lembut, berisi (meaty), dan manis.

5. Kurma Mazafati

Kurma Mafazati
Kurma Mafazati

Kurma ini berukuran 2,5 hingga 4 cm. Warnanya coklat gelap. Kurma ini berasal dari Bam, sebuah daerah di Kerman, Iran. Rasanya seperti karamel yang lembut.

6. Kurma Barhi

Kurma Barhi
Kurma Barhi

Kurma Barhi ini berukuran kecil, 2 hingga 3-4 cm, bulat hingga sedikit memanjang seperti oval. Warnanya kuning. Asalnya dari Iraq. Dari segi rasa, kurma ini sangat manis dan sangat creamy, yang bisa terasa seperti karamel atau kadang terasa seperti butterscoth (campuran gula merah dan mentega yang dilelehkan dan dimasak secara bersama).

7. Kurma Thoory

Kurma Thoory
Kurma Thoory

Kurma Thoory ini memiliki ukuran sedang hingga besar dngan bentuk memanjang. Warnanya coklan keemasan. Kurma ini berasal dari Algeria.Teksturnya lumayan kering, dengan rasa yang agak manis, dan sedikit hint rasa kacang.

8. Kurma Ameri

Kurma Dayri
Kurma Dayri

Kurma Ameri ini berbentuk oval. Warnanya terang hingga kecoklatan. Kurma ini berasal dari Iraq. Rasanya juga cukup manis.

9. Kurma Dayri

Kurma Dayri
Kurma Dayri

Kurma ini berukuran sedang hingga besar, dan mempunyai warna kulit yang kemerahan hingga kecoklatan saat dikeringkan. Asalnya juga dari Iraq. Teksturnya lembut dan rasanya manis.

10. Kurma Halawy

Kurma Halawy
Kurma Halawy

Kurma Halawy mempunyai ukuran yang kecil hingga sedang. Warnanya lebih terang. Kurma ini berasal dari Mesopotamia. Teksturnya lembut, dengan rasa seperti madu dan karamel.

11. Kurma Khuri

Kurma Khudri
Kurma Khudri

Kurma Khudri ini berukuran kecil hingga sedang. Warnanya coklat gelap dan tidak memiliki banyak keriput pada kulitnya. Kurma ini dibudidayakan di Arab Saudi. Rasanya manis, chewy, dan tidak terlalu kering.

12. Kurma Zahidi

Kurma Zahidi
Kurma Zahidi

Kurma Zahidi ini berukuran sedang dan berbentuk oval. Kulitnya coklat terang dan dagingnya keemasan. Kurma ini dibudidayakan di bagian utara Iraq. Rasanya seperti selai kacang yang kadang juga seperti aprikot kering.

13. Kurma Safawi

Kurma Safawi
Kurma Safawi

Kurma ini memiliki ukuean yang sedang dan bentuk yang membulat. Warnanya hitam. Kurma ini tumbuh di Madinah, Arab Saudi. Kurma ini rasanya manis.

14. Kurma Amber

Kurma Amber
Kurma Amber

Kurma Amber ini memiliki ukuran yang cukup besar. Sama seperti namanya, kurma ini berwarna amber (kuning emas kecoklatan). Kurma ini berasal dari Manidah, Arab Saudi. Teksturnya lembut dan dagingnya agak kering.

15. Kurma Kalmi

Kurma Kalmi
Kurma Kalmi

Kurma Kalmu merupakan salah satu varian dari kurma Safari. Ukurannya kecil membulat. Warnanya hitam. Asalnya dari Oman namun juga dibudidayakan di Madinah. Rasanya manis.

Begitulah jenis-jenis kurma yang saya ambil referensinya dari situs wellcurve.in. Beberapa kurma yang akrab dengan telinga kita seperti kurma Ajwa dan kurma Sukari, tidak ada dalam tulisan ini. Mungkin ada nama lainnya? Namun, apapun jenis kurma, semuanya memberikan manfaat kebaikan untuk kita, dan bisa kita jadikan sebagai pilihan menu makan sahur yang praktis.

Semua gambar diambil dari wellcurve.in.

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari kedelapan: Menu Sahur Praktis

Blogger Perempuan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja