5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa

Sebelumnya saya sudah pernah menuliskan 5 Ide Kegiatan Saat Puasa di Rumah Saja. Semuanya bermanfaat. Nah, supaya isinya nggak sama, pada artikel ini saya akan menuliskan 5 kegiatan bermanfaat yang dilakukan di luar rumah.

Tapi sebelumnya saya mau mengingatkan, bahwa meskipun kita sudah tidak lagi dalam masa-masa pembatasan yang seketat dulu, namun pada saat kita masih belum sepenuhnya bebas dari Covid-19 ini, tetap terapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker dan menjaga kebersihan diri ya!

Berikut 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa (yang dilakukan di luar rumah, dan selain rutinitas kerja):

Berbagi makanan
Ilustrasi berbagi makanan, Foto oleh Ryan Kwok via Unsplash

Sahur on The Road (SOTR)

Sampai detik menulis artikel ini, saya belum pernah terjun langsung merasakan gimana rasanya Sahur on The Road. Kegiatan ini pada dasarnya adalah untuk bagi-bagi makanan kepada mereka yang membutuhkan. Biasanya dilakukan oleh organisasi atau komunitas tertentu, rame-rame. Seperti yang pernah dilakukan organisasi kampus tempat saya pernah bernaung dulu.

Namun, ternyata SOTR ini ada kontroversi juga ya. Saya baru tahu setelah mengetik kata kunci "sahur on the road" di google. Biang keroknya adalah oknum yang suka membuat kebisingan, jadi warga pun terganggu dengan keberadaannya. Padahal, kegiatan ini pada dasarnya adalah kegiatan berbagi yang bermanfaat.

Olahraga tipis-tipis

Kalau pagi-pagi, apalagi siang, agak riskan untuk berolahraga karena bisa menyebabkan kita haus. Alih-alih merasa segar setelah olahraga, bisa bisa kita malah menjadi lemes beraktivitas seharian. Tapi kalau sudah terbiasa dan tahan, tentu saya tak bisa melarang.

Namun jika mau yang lebih aman, jam olahraga bisa kita alihkan ke sore hari. Kita bisa jogging tipis-tipis, sepedaan, dan lain sebagainya.

Di sini saya juga mau shout out komentar dari Emak www.bloggerparenting.com dan Mom www.linranamom.com di postingan Tips Berpuasa Saat Pandemi yang sudah menambahkan poin tips di postingan itu. Tentu saja olahraga nggak cuma dilakukan saat pandemi, dan tips-tips sehat lainnya tetap bisa kita lakukan kapanpun.

Olahraga, dari komentar postingan Tips Berpuasa Saat Pandemi

Berbagi Takjil dan Buka Bersama

Kalau sebelumnya kita bahas berbagi makanan sahur, sekarang kita bahas berbagi makanan berbuka. Berbagi takjil ini bisa dilakukan di jalanan (biasanya di dekat lampu merah atau di pasar buat para pedagang kecil), ngantar langsung ke keluarga atau tetangga, dan bisa juga ke panti-panti sekalian berbuka bersama.

Ada perasaan senang kalau kita bisa berbagi. Apalagi melihat wajah gembira mereka di balik lelahnya sore hari. Tidak peduli siapa mereka, dan tidak peduli apa pekerjaan mereka sehari-hari.

Ikut lomba MTQ

Masjid-masjid di tempat saya tinggal biasanya mengadakan lomba MTQ pada saat bulan Ramadan, terutama pada pertengahan Ramadan, masa-masa diyakini terjadinya peristiwa Nuzulul Qur'an. Mengikuti lomba, baik sebagai penyelenggara maupun sebagai peserta adalah kegiatan yang bermanfaat untuk netwrorking, juga menambah ilmu pengetahuan.

Ada banyak cabang perlombaan dalam acara MTQ ini, seperti tilawah al qur'an (MTQ), tartil al qur'an (MTtQ), hafalan al quran / hifzil qur'an (MHQ), cerdas cermat / fahmil qur'an (MFQ), kaligrafi, dan lain sebagainya. Kita bahkan bisa safari Ramadan dari masjid ke masjid untuk mengikuti / meramaikan lomba ini sebagai peserta. Tinggal mengatur jadwalnya saja. Tapi kalau dari masjid ke masjid menjadi panitia, ya bisa keder juga gasi?

Mengikuti kajian dan i'tikaf

Banyak masjid-masjid yang mengadakan kajian di bulan Ramadan. Biasanya sih dirapel antara sholat isya dan sholat tarawih, sekalian anak-anak bisa nyatat materi ini. Eh masih ada nggak ya, yang begini? Sungguh nostalgik. Tapi jika ada waktu mengikuti kajian selain itu, bisa juga untuk diikuti. Kajian sore rutin, misalnya, meski ini di luar Ramadan juga ada.

Selain itu, tak sedikit juga masjid-masjid yang mengadakan i'tikaf, terutama pada 10 hari terakhir Ramadan. Merasakan nikmat bangun di sepertiga malam terakhir dan melarutkan diri di masjid demi mencari ridho-Nya.

Sekian catatan soal 5 kegiatan bermanfaat saat bulan puasa. Pembaca punya tambahan kegiatan bermanfaat lainnya?

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari kesembilan: 5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa

Blogger Perempuan

13 comments:

  1. MasyaAllah, terkejut pas liat komen. Ternyata di SC trus jadi tips di tulisan berikutnya. Senang sekali kak ❤
    Btw selama puasa ini, suami juga udah i'tikaf. Tapi belum ngajakin istrinya karena kebingungan ngajak 5 anak sekalian i'tikaf. Coba nanti malam saya ajakin ya.. Manatau beliau mau 😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan senang hati Mak ❤

      Hihi emang problema buibui banyak anak kecil-kecil ya Mak

      Delete
  2. Sesekali pengen juga ikutan di shout out kayak dua othor diatas, hahaha.

    Anyway untuk SOTR memang sulit dilakukan bila sudah berpasangan dan memiliki anak yang masih cilik.

    Untuk itikaf kami sering melakukan di 10 Ramadhan terakhir dan pulangnya pas malam takbiran.

    Tahun ini adalah tahun ketiga absen itikaf, setelah tahun lalu adalah masa ppkm covid

    ReplyDelete
  3. Mau juga dong sesekali di shout out seperti dua othor diatas hahaha

    Untuk SOTR memang tidak ke mudah ya dilakukan bila sudah berpasangan dan memiliki anak yang masih cilik.

    Untuk itikaf kami sering melakukan di 10 Ramadhan terakhir dan pulangnya pas malam takbiran.

    Tahun ini kami absen kembali karena berbagai pertimbangan.

    Semoga tahun depan bisa itikaf kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh Bundd nanti kita liat mana tahu ada yang cocok ya hehehe

      Delete
  4. Masyaallah selama ramadan harus terap produktif ya, nggak ada alasan mager. Kira kira mbaknya diantara list diatas sudah melakukan yang mana aja

    ReplyDelete
  5. Dari semua kegiatan di atas, yang saya lakukan Ramadhan tahun ini cuma buka bersama, itu pun satu kali bareng teman-teman hehehehe
    Eh berbagi takjil juga denk sekali, eh bukan takjil denk, nasi kotak, tapi baginya ke masjid, bukan di jalanan.

    ReplyDelete
  6. Ikutan IG Live aneka materi buat isi ngabuburit. Pernah ikut tema kesehatan, parenting, kuliner...Mayan sambil nunggu Azan, sambil masak dapat ilmu deh

    ReplyDelete
  7. dulu semua kegiatan itu rajin dilakukan, seru aja gitu sama teman-teman, dapat ilmu, dan happy bisa berbagi

    ReplyDelete
  8. Huwaa ada komentar Mak Ica dan Linrana Mom di artikel ya,, kuereeen... setuju banget, meski puasa ga jadi penghalang ya kita tetap menjaga kebugaran dengan berolahraga menjelang berbuka.

    ReplyDelete
  9. Wah sahur on the road aku belum pernah tuh. Asyik juga sepertinya. Bisa dicoba next ramadan, insya Allah. Semoga umur kita sampai ke ramadan tahun depan. Aamiin.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja