5 Website yang Membayar Penulis Lepas

Beberapa waktu yang lalu, ada teman yang bertanya kepada saya: Bagaimana supaya bisa mendapatkan uang dari tulisan kita? Nah, pada dasarnya, ada banyak jalan menuju ke Roma, ada beragam cara untuk menghasilkan uang dari tulisan, salah satunya adalah dengan mengirimkan tulisan ke situs-situs yang membayarnya. Dalam postingan ini, saya akan mencoba menginformasikan beberapa website yang membayar penulis lepas.

Ilustrasi Penulis Lepas
Sumber Gambar: Foto oleh Glenn Carstens-Peters via Unsplash

Androbuntu.com

Androbuntu adalah media online seputar teknologi informasi yang fokus membahas perkembangan gadget, serta tips dan trik cara menggunakannya, serta bagaimana cara mengatasi permasalahan terkait gadget. Maka dari itu, jika ada di antara pembaca yang suka menulis artikel bertemakan teknologi informasi, bisa mengirimkannya ke Androbuntu dengan langsung submit di halaman androbuntu.com/kirim/.

Setiap artikel 500 kata yang terbit di situs ini akan dihargai Rp.15.000,-.

Cara serta syarat dan ketentuan mengirim tulisan di Androbuntu: androbuntu.com/ketentuan/

Basabasi.co

Basabasi.co merupakan media online yang dikelola oleh DIVA Press dan #KampusFiksi. Situs ini  kurang lebih seperti majalah sastra dari tulisan-tulisan siapa saja yang karyanya lolos seleksi tim kurator. Setiap hari dari Senin sampai Sabtu (kecuali hari libur) akan terbit tulisan-tulisan dengan kategori tertentu. Senin untuk Celoteh, Selasa untuk Puisi, Rabu untuk Artikel Ringan, Kamis untuk Esai, Jumat untuk Cerpen, dan Sabtu untuk Resensi.

Setiap tulisan yang terbit akan dihargai Rp.100.000,- hingga Rp.300.000,- tergantung kategori tulisan apa yang dikirim.

Cara serta syarat dan ketentuan mengirim tulisan di Basabasi.co: basabasi.co/ngirim-tulisanmu/

Mojok.co

Mojok terkenal akan situs-situs dengan artikel ringan yang berbumbu guyonan, serius tapi nggak serius amat ceunah. Situs ini menerima kiriman tulisan dari pembaca, dalam beberapa rubrik, yaitu Esai, Sungguh-sungguh Liputan (susul), Malam Jumat, Konter, Otormojok. Dari nama rubriknya saja sudah lucu ya?

Kontributor yang karyanya dimuat di Mojok berhak mendapatkan honorarium sebesar Rp.325.000,- belum dipotong pajak.

Cara serta syarat dan ketentuan mengirim tulisan di Mojok: mojok.co/kirim-artikel-mojok/

Mongabay.co.id

Selain kontributor resmi, mongabay.co.id juga menerima tulisan dari kontributor lepas. Mongabay.co.id merupakan bagian dari mongabay.com. Website ini merupakan situs lingkungan yang memiliki fokus khusus pada hutan, tetapi juga menyediakan berita, analisis, dan informasi lain yang berhubungan dengan lingkungan. Jika Pembaca suka dengan hal-hal yang berbau penyelamatan lingkungan, cobalah untuk mengirim artikel ke sini.

Untuk pemuatan artikel pemberitaan, Mongabay.co.id akan memberikan balas jasa sebesar Rp.750,- per kata dari artikel yang dimuat. (Ada harga untuk foto juga).

Cara serta syarat dan ketentuan mengirim tulisan di Mongabay.co.id: www.mongabay.co.id/halaman-kontribusi/

Buruan.co

Hampir sama, tapi tak sepenuhnya sama dengan Basabasi.co, Buruan merupakan situs media kajian sastra dan apresiasi. Di dalamnya ada rubrik Buruan, Buku, Jeda, dan Apresiasi. Nah, perlu dicatat bahwa tulisan yang tayang tidak mendapat honorarium, kecuali untuk rubrik Buruan. Rubrik Buruan ini menyajikan puisi dan cerpen dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Sunda. Bagi yang bisa berkarya dalam bahasa Sunda, tentu saingannya akan lebih sedikit ya?

Honorarium berupa uang sejumlah Rp. 200.000 akan ditransfer selambat-lambatnya 2 minggu setelah karya terbit.

Cara serta syarat dan ketentuan mengirim tulisan di Buruan: www.buruan.co/kirim-tulisan/

Tulisan ini diriset dan dipublikasikan pada bulan Februari 2022 (Update terakhir Februari 2022). Di dalam tulisan ini juga disertai link syarat dan ketentuan untuk mengirimkan tulisan, supaya pembaca bisa mengecek kembali jika ada perubahan syarat dan ketentuan.

Sekian dulu, semoga bermanfaat ya! Apakah pembaca di sini pernah mengirim tulisan di salah satu website di atas? Atau punya pengalaman mengirim tulisan di situs lain? Tolong kasi tahu kita semua gimana pengalamannya di kolom komentar ya ^_^

28 comments:

  1. Wih saya baru tahu ada peluang untuk penulis lepas seperti ini. Menarik juga nih buat coba mengirimkan tulian di salah satu website di atas.

    ReplyDelete
  2. Wuah, mau dong jadinya nulis di sana. Auto save infonya nih. Mana tau bisa terbit di sana. Berasa wow gimana gitu.

    ReplyDelete
  3. Wah, asyik jadi ada kesempatan cuan selain nulis di blog pribadi. Makasih infonya, selama ini hanya jadi pembaca di beberapa website yang disebutkan, siapa tahu bisa jadi kontributor yang dibayar , yekan?

    ReplyDelete
  4. Dari semua blog di atas, aku belum pernah menulis sama sekali di situs tersebut. Cuma sekadar numpang baca dan cari-cari inspirasi. Favoritku sih basabasi dan mojok.

    ReplyDelete
  5. Wah Mongabay lumayan banget ya. Perkata 750 .
    Beda lagi untuk Poto. Kalo 500 kata aja bisa tembus 375 ribu, belum potonya. Tengkyu kak infonya. Cek ah ke situ.

    ReplyDelete
  6. Mojok nih paling lucu menurut saya bahasa artikelnya khas milenial ceplas ceplos gitu jadi ga bete baca artikel di mojok. Jadi pengen juga kirim tulisan ke sana

    ReplyDelete
  7. Wah, ga nyangka ada situs situs yang emang memberikan apresiasi langsung untuk tulisannya. Aku seneng dengan metode gini, bikin kita berlomba - lomba bilin tulisan berkualitas. Aku save ya mba info ini.

    ReplyDelete
  8. Pernah sekali nulis di mojok. Tapi belum rezekinya terbit. 😁

    ReplyDelete
  9. Boleh nih, bisa buat penghasilan tambahan .. Lumayan buat nutupin uang kopi tiap malam ditengah aktivitas ngeblog

    ReplyDelete
  10. basabasi itu loh bikin penasaran. dulu ngirim beberapa kali belum pernah lolos, sementara temenku yg karyanya biasa2 aja, malah dibukukan segala

    ReplyDelete
  11. Wow, terima kasih banyak Mbak, artikel tentang beginian ini bermanfaat banget bagi para penulis. Auto saved.

    ReplyDelete
  12. Belum pernah nulis di sana sih tp sy pernah nulis di IDN Times dan Brilio, keduanya jg berbayar

    ReplyDelete
  13. Banyak peluang ya ternyata sebagai penulis lepas, tinggal masing-masing saja bagaimana memanfaatkan kesempatan.

    ReplyDelete
  14. Dulu pernah aktif menulis artikel di beberapa website. Seru sih, tapi sekarang lebih fokus sama menulis buku dan udah lama banget nggak kirim ke web seperti ini. Ternyata yang terbaru ada beberapa juga yang belum pernah sy dengar namanya..keren.

    ReplyDelete
  15. Wah menulis freelance di website. Pengen banget bisa kontribusi. Bisa jadi kesempatan banget,buat bisa penghasilan darimana saja ya kak.

    ReplyDelete
  16. Memng menghasilkn dengan menjadi kontributor lepas. Saya dulu pernah jd kontributor lepas di travelingyuk.com. kmd mereka bangkrit. Artikel sy byk blm iibayar. Kmd twrnyata meteka bangkit lagi. Artikel sy dipostimg oleh mrk. Akhirnya saya kejar spy mrk bayar. Seru bgt itu nagih2nya. Semoga semua jerih payah kita dapat dihargai

    ReplyDelete
  17. Memang asyik jadi kontributor lepas karena bisa menghasilkan. Saya pernah juga mrngalami di suatu situs traveling.

    ReplyDelete
  18. wah belum pernah nyobain nih, dan baru tau kalau dibayar, huhu.. otw ah nyobain semuanya hehe.. makasih infonya :)

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah ada tambahan informasi untuk penulis lepas kayak kita kita ini...dari semuanya yang pernah aku coba cuma mojok...dan itupun belum pernah lolos haha

    ReplyDelete
  20. Makasih kaka atas informasinya..
    Berkat info ini saya jadi rajin menulis terutama di web yang pertama.. Androbuntu

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja