5 Tips Booking Hotel Untuk Liburan

Liburan merupakan suatu hal yang sangat dinanti-nantikan, bukan? Liburan dapat menjadi penyegar pemikiran kita dari rutinitas biasa yang dilakukan. Beruntungnya kita di Indonesia, ada banyak tempat yang dapat kita singgahi untuk liburan kita. Sebut saja, ada pantai, gunung, taman, museum, dan lain-lain.

Bahkan staycation di hotel pun kadang sudah cukup menghadirkan 'liburan'

Buat temen-temen yang mau merencanakan liburan ke tempat wisata, sebaiknya susun dulu agendanya sejak dini, dan persiapkan hal-hal yang diperlukan saat berlibur nanti seperti memesan tiket pesawat paling murah agar biaya liburan lebih ditekan. Liburan dengan budget minim bukanlah suatu hal yang mustahil, kok. Apalagi jika kita handal mempersiapkannya dengan mencari tiket pesawat promo maupun pesan hotel yang banyak potongan harganya.

Lantas, apa saja ya yang perrlu dilakukan saat memesan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan? Berikut tips memesan hotel murah saat liburan:

1. Tentukan tanggal pasti liburanmu
Menentukan tanggal liburan menjadi hal utama sebelum kita bisa menikmati liburan ke tempat wisata tujuan bersama keluarga. Pasalnya, ini berkaitan dengan waktu yang akan kita habiskan selama berlibur sehingga kita bisa memesan kamar hotel dengan waktu yang pas. Jika kurang tepat dalam menentukan tanggal pasti liburan, bisa-bisa nanti kehabisan jatah promo atau mendapat harga hotel yang tinggi karena berbarengan dengan libur anak sekolah. Jangan lupa untuk memastikan tanggal berapa check out hotel agar nanti bisa punya waktu untuk berkunjung ke destinasi wisata pilihan bersama orang tersayang.

2. Cek kamar hotel yang dipesan
Kita bisa cek ketersediaan kamar di situs booking hotel online. Contohnya Reservasi.com agar tidak kehabisan kamar. Namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu untuk mengecek apakah kamar itu sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Jangan sampai salah pemesanan kamar hotel membuat liburan kurang nyaman dan terganggu. Cek juga fasilitas tambahan yang diberikan hotel, seperti sarapan gratis atau ketersediaan kolam renang dan beragam fasilitas penunjuang lainnya. 

3. Ketahui ulasan pengunjung hotel
Kalau sedang tidak punya waktu banyak untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari hotel yang akan disinggahi, sekiranya mantap jugalah untuk membaca ulasan pengunjung di hotel yang dituju. Para pengunjung biasanya akan berpendapat yang sebenarnya apabila layanan atau fasilitas hotel baik atau sebaliknya. Sebaiknya tidak usah terburu-buru dalam memilih tempat penginapan. Apalagi yang dekat dengan tempat wisata. Cek dan ricek dulu. Hal yang paling mudah yang bisa kita lakukan adalah mengecek review di google lewat review dari para local guides, review yang objektif dan tanggapan dari pengelola hotel bisa dilihat langsung di sana.

4. Pastikan harga hotel sesuai dengan kebutuhan
Setelah menentukan tanggal pasti liburan, mengecek ketersediaan kamar dan fasilitas, dan kualitas pelayanan hotel, tibalah kita pada bahasan harga. Jika perlu, kita dapat mencari perbandingan harga hotel yang satu dengan yang lainnya agar mendapatkan harga yang terbaik sesuai dana yang ada. Jika sudah yakin, hotel dapat segera dipesan tanpa ribet di situs online Reservasi.com. Pastikan harga yang dikeluarkan sesuai dengan fasilitas yang ada.

5. Manfaatkan promo 
Berlibur bukan melulu soal menghabiskan uang hasil kerja keras. Tetapi juga soal penghematan yang bisa dilakukan selama liburan. Penghematan ini salah satunya dengan memanfaatkan promo yang ada, seperti potongan harga dari situs booking hotel atau mendapatkan tiket pesawat paling murah yang didapat dari online. Hal-hal seperti ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kalau bisa menghemat/menekan biaya, kenapa tidak? 

Tentunya memanfaatkan promo yang diberikan hotel langsung atau dari aplikasi booking hotel bukan berarti fasilitasyang didapatkan menjadi berkurang. Tak jarang harga promo yang diberikan tidak mengurangi fasilitas pelayanan. Promo-promo ini tak selalu ada sepanjang tahun, baik di high season maupun di low season. Jadi bagaimana pintar-pintar memanfaatkan internet yang dimiliki saja.Meski hanya sedikit potongan harga asli dan tidak terllau signifikan, tapi cukup membuat hatimu senang bukan?

6 comments:

  1. Aku kalo booking hotel selalu cek dulu lokasi sama review tamu-tamu sebelumnya biar gak zonk pas udah sampe. Dulu pernah gak cek review pas sampe tkp malah nyesel. Hiks...
    Btw, di reservasi.com itu banyak promonya juga loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dapat komentar dari traveller blogger nih. Makasi ya kak Rie ^^

      Delete
  2. Terima kasih tipsnya kak :D
    Sampai saat ini, aku masih ikut rencana orang tua aja kalau liburan. Belum pernah direncanain matang sampai reservasi gitu. Tapi nanti kalau punya waktu, uang dan kesempatan aku mau deh jalan-jalan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Mana tahu nanti ada kesempatan jalan-jalan bareng teman-teman atau bahkan sendiri. Atau, kalau ortunya minta pendapat sama kamu. Makasi juga ya udah singgah ke sini :D

      Delete
  3. Makasih ni kak sarannya. Kalo jalan2 berguna banget nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Alfha, semoga dapat dicoba ya. Makasih juga udah singgah di Taruih Baraja :D

      Delete