5 Tips Booking Hotel Untuk Liburan

Saya setuju, kita beruntung tinggal di Indonesia karena ada banyak banget tempat yang bisa kita singgahi untuk liburan. Entah itu wisata alam atau city tour (wisata alamnya sih yang paling oke).

Sebelum merencanakan liburan, tentu ada beberapa hal yang bisa kita siapkan, seperti memesan tiket pesawat paling murah agar biaya liburan bisa ditekan.

Saya percaya dan pernah mengalami, bahwa liburan dengan budget minim bukanlah suatu hal yang mustahil, kok. Apalagi jika kita handal mempersiapkannya dengan mencari tiket pesawat promo maupun pesan hotel yang banyak potongan harganya.

Lantas, apa saja ya, yang perlu dilakukan saat memesan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan? Nah, berikut saya catat beberapa tips memesan hotel murah saat liburan:

1. Tentukan tanggal pasti liburan

Menentukan tanggal liburan menjadi hal utama sebelum kita bisa menikmati liburan ke tempat wisata. Soalnya ini berkaitan juga dengan rentang atau estimasi waktu pemesanan tiket dan kamar hotel yang pas. Jika kurang tepat dalam menentukan tanggal pasti liburan, bisa-bisa nanti kehabisan jatah promo atau mendapat harga hotel yang tinggi karena berbarengan dengan libur anak sekolah.

2. Cek kamar hotel yang dipesan

Untungnya sekarang sudah ada situs booking hotel online, seperti Reservasi.com. Nggak perlu lagi repot-repot datang ke hotel, nanyain kamar, eh malah zonk karena penuh.

Namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu untuk mengecek apakah kamar itu sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Salah memesan kamar bisa membuat liburan kurang nyaman. Cek juga fasilitas tambahan yang diberikan hotel, seperti sarapan gratis atau ketersediaan kolam renang dan beragam fasilitas penunjuang lainnya.

3. Ketahui ulasan pengunjung hotel

Ulasan pengunjung hotel juga bisa kita pertimbangkan, baik ulasan di situs atau aplikasi online, maupun ulasan teman-teman. Waktu berkunjung juga bisa jadi pertimbangan sih, jadi sebaiknya lebih berpatokan ke ulasan yang diberikan oleh pengunjung hotel yang baru-baru menginap.

4. Pastikan harga hotel sesuai dengan kebutuhan

Jika perlu, kita dapat mencari perbandingan harga hotel yang satu dengan yang lainnya agar mendapatkan harga yang terbaik sesuai dana yang ada. Jika sudah yakin, hotel dapat segera dipesan tanpa ribet di situs online Reservasi.com. Pastikan harga yang dikeluarkan sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

5. Manfaatkan promo

Berlibur bukan melulu soal menghabiskan uang hasil kerja keras. Tetapi juga soal penghematan yang bisa dilakukan selama liburan. Penghematan ini salah satunya dengan memanfaatkan promo yang ada, seperti potongan harga dari situs booking hotel atau mendapatkan tiket pesawat paling murah yang didapat dari online. Hal-hal seperti ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Kalau bisa menghemat/menekan biaya, kenapa tidak?

Memanfaatkan promo yang diberikan hotel langsung atau dari aplikasi booking hotel bukan berarti fasilitasyang didapatkan menjadi berkurang. Tak jarang harga promo yang diberikan tidak mengurangi fasilitas pelayanan.

Namun, promo-promo ini tak selalu ada sepanjang tahun, baik di high season maupun di low season. Jadi bagaimana kita pintar-pintar memanfaatkan internet yang dimiliki saja. Meski hanya sedikit potongan harga asli dan tidak terlalu signifikan, tapi cukup membuat hati senang, bukan?

6 comments:

  1. Aku kalo booking hotel selalu cek dulu lokasi sama review tamu-tamu sebelumnya biar gak zonk pas udah sampe. Dulu pernah gak cek review pas sampe tkp malah nyesel. Hiks...
    Btw, di reservasi.com itu banyak promonya juga loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah dapat komentar dari traveller blogger nih. Makasi ya kak Rie ^^

      Delete
  2. Terima kasih tipsnya kak :D
    Sampai saat ini, aku masih ikut rencana orang tua aja kalau liburan. Belum pernah direncanain matang sampai reservasi gitu. Tapi nanti kalau punya waktu, uang dan kesempatan aku mau deh jalan-jalan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Mana tahu nanti ada kesempatan jalan-jalan bareng teman-teman atau bahkan sendiri. Atau, kalau ortunya minta pendapat sama kamu. Makasi juga ya udah singgah ke sini :D

      Delete
  3. Makasih ni kak sarannya. Kalo jalan2 berguna banget nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke Alfha, semoga dapat dicoba ya. Makasih juga udah singgah di Taruih Baraja :D

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja