Mencari Penginapan di Kalibata

Nama "Kalibata" sepertinya sudah tidak asing bagi banyak orang, bahkan bagi yang belum pernah pergi ke sana —seperti saya sendiri pada saat sedang mengetik tulisan ini.

Biar lebih jelas lagi, saya akan menuliskan informasi lebih lanjut soal Kalibata —setelah ngubek-ngubek informasi dari beragam sumber lain, tentunya.

Kalibata adalah sebuah nama kelurahan yang berada di kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Dilansir dari berbagai sumber, daerah ini merupakan daerah bantaran kali atau sungai yang penuh dengan bebatuan termasuk batu bata. Oleh karena itulah daerah ini disebut sebagai "Kalibata".

Kalau dilihat dari google maps versi satelit pada saat tulisan ini dibuat, akan tampak seperti berikut:

Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan
Peta Kalibata, tangkapan layar gmaps Desember 2022

Ini embed google maps-nya, biar up to date:

Ada apa di Kalibata?

Di sudut kanan atas peta, kita bisa lihat ada Taman Makan Pahlawan Kalibata:

Taman Makam Pahlawan Kalibata
Taman Makam Pahlawan Kalibata, tangkapan layar gmaps Desember 2022

Di TMP Kalibata inilah tokoh-tokoh besar Abdul Hartits Nasution, Ainun Besari, BJ Habibie, Sudharmono, Umar Wirahadikusumah, Adam Malik, dan lain sebagainya dimakamkan.

Saya pribadi tidak tahu pasti apakah masyarakat umum yang keluarganya tidak dimakamkan di sana boleh masuk dan berziarah.

Jika boleh, sepertinya ini bisa menjadi destinasi untuk merenung akan kehidupan. Ditambah review yang bilang kalau suasana di sini bersih dan asri.

Bittersweet by najla, tangkapan layar gmaps Desember 2022

Salah satu dessert box pioneer di Indonesia: Bittersweet by najla yang fenomenal dan tampaknya sulit tergantikan ini berpusat di Kalibata —dan saya menulisnya dari review orang-orang, karena sampai tulisan ini dibikin, saya yang tinggal jauh dari lokasi outletnya itu belum pernah mencicipi dessert box ini.

Jika berada di Kalibata, entah itu untuk jangka waktu yang cukup lama atau sementara saja, tentu bisa sepuasnya memesan berbagai menu "manis-pahit?" ini. Bayangkan nyemil sambil naikin mood untuk nulis atau nugas, wah tentu asupan gula bisa bikin bahagia ya?

*brb googling "asupan gula bikin bahagia" sebagai validasi pikiran yang tercetus sendiri oleh diri ini.*

Beragam fasilitas lainnya seperti gedung pemerintahan dan swasta, berbagai tempat makan enak, mall, juga tentunya ada di sini. Juga, daerah ini cukup padat dan strategis untuk mengakses beragam destinasi lainnya baik di Pancoran, Jakarta Selatan, maupun di Jabodetabek.

Browsing-browsing, saya pun nemu jawaban soal "rasanya tinggal di Kalibata" oleh seorang Quorawati:

Rasanya tinggal di Kalibata, Jakarta Selatan
Rasanya tinggal di Kalibata, tangkapan layar Quora Desember 2022

Di dalam jawabannya, penulis menguraikan suka-duka tinggal di komplek apartemen Kalibata. Pada akhirnya, penulis menuliskan:

Selain hal-hal di atas, saya betah banget kok tinggal di komplek apartemen ini. Lagian, semua komplek apartemen pasti punya ceritanya sendiri.

Ngomong-ngomong soal Kalibata, tak lepas juga dari Kalibata City, yaitu kawasan hunian berupa bangunan apartemen yang dikembangkan dengan konsep hunian terpadu / One Stop Living di mana ada beragam fasilitas di kawasan tempat tinggal.

Tidak sulit juga untuk mencari informasi mengenai apartemen kalibata city, karena ada beragam informasi yang tersedia dan dapat kita akses via internet.

Teknologi digital yang semakin canggih memudahkan kita mengulik informasi di mana saja dan kapan saja. Jadi, kalau mau ke Jakarta dan sewa properti untuk tinggal di Kalibata, baik dalam jangka waktu panjang maupun pendek, bisa ngulik-ngulik website sewa apartemen yang ada.

Pembaca sendiri, punya pengalaman ke Kalibata?

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja