5 Tips Memilih Olshop yang Terpercaya saat Belanja Online

Pertama-tama, saya mau mengaku dulu. Saya jarang banget belanja online di marketplace. Kalau ada yang ingin saya beli dan tidak dijual di daerah tempat tinggal saya, saya nitip belanja di akun adek saya. Kadang kami membeli produk yang sama, jadi sekalian saja beli di satu akun.

Nah, karena adek saya yang lebih banyak belanja online, setidaknya dibandingkan dengan saya, maka saya pun bertanya gimana cara memilih olshop yang terpercaya. Maka berikut tips belanja online di marketplace oleh adek saya:

Tips memilih online shop terpercaya, Vektor oleh jcomp via Freepik

Belanja di official store

Adek saya bilang, cara paling gampang menghindari penipuan saat belanja online adalah dengan membeli barang di official store-nya. Gimana cara mencari official store ini? Biasanya nama toko atau link ke official store akan dicantumkan di website atau sosial media suatu brand. Ini cara paling oke dalam menentukan online shop yang terpercaya di marketplace agar nggak kena tipu.

Menghubungi langsung penjual untuk memastikan

Beberapa teman saya yang jualan, mengarahkan untuk beli dagangannya lewat marketplace. Kalau begini, saya pun bisa memastikan nama toko online-nya dengan bertanya secara langsung (yak, atau via chat / telepon deh kalau nggak bisa ngobrol langsung). Hal ini dilakukan supaya nggak salah alamat, karena ada beberapa nama toko yang mirip-mirip khan ya.

Jumlah produk yang sudah terjual

Jumlah produk yang sudah terjual bisa menjadi pertimbangan karena dapat menjadi tolak ukur laku atau tidaknya jualannya. Saya rasa ini memang agak bias untuk olshop baru yang bersaing dengan olshop lama. Hanya karena baru mulai jualan, dan jumlah produk yang terjual lebih sedikit, bukan berarti tokonya tidak terpercaya. Tapi memang akan lebih aman untuk membeli di toko dengan jumlah produk yang sudah banyak terjual.

Deskripsi produk lengkap dan detail

Menurut adek saya, ini bisa jadi pertimbangan juga. Sebaiknya kita membeli barang yang jelas. Sebuah toko yang bertanggung jawab mestinya mencantumkan deskripsi produk secara lengkap / detail. Ya, meskipun kadang ada yang terlihat copas-copas sembarangan.

Rating dan review pelanggan

Rating saja tidak cukup. Karena menurut saya, bintang 5 dari 5 orang belum tentu lebih baik dibanding bintang 4,5 dari 1000 orang. Jadi, perlu untuk melengkapi ketelitian kita dalam berbelanja dengan melihat review pelanggan. Tak ada salahnya untuk menghabiskan waktu untuk membaca review pelanggan. Review pelanggan juga bisa berisi foto produk yang akan membuat kita jadi lebih percaya.

*

Tulisan ini diikutsertakan dalam BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge oleh Blogger Perempuan, dengan tema hari ke-25: Rekomendasi Online Shop Favorit di Ecommerce (saya nggak punya olshop favs karena jarang belanja, dan bingung juga nulis soal itu, jadi tips memilih olshop saja ya, hehe)

Blogger Perempuan

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog yang membahas beragam topik kesukaan Penulis, seperti Kesehatan, Teknologi, Home Living, dan lain sebagainya [...] Read More

Contact

taruihbaraja@gmail.com
@taruihbaraja
@taruihbaraja

Made with ❤ Taruih Baraja