Taruih Baraja Beranda Tentang

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Membuat Sumur Bor

Pemanfaatan air permukaan, seperti sungai, danau, waduk, embung dan lain-lain telah lama dilakukan masyarakat. Sayangnya, ketersediaan air permukaan untuk memenuhi kebutuhan pun bisa terbatas karena musim kemarau dan pencemaran. Alternatif lainnya adalah air tanah. Air tanah bisa didapatkan dari sumur.

Di salah satu rumah keluarga saya, terdapat lubang sumur gali dengan katrol untuk menimba air. Lubangnya dalam, bikin bergidik. Sewaktu kecil, saya lumayan sering menginap di sana pada akhir minggu. Di rumah itu sebetulnya ada beberapa kamar mandi, namun saya lebih sering menggunakan kamar mandi yang ada sumurnya meskipun air yang ada pada sumur galian dan air yang keluar pada keran sama beningnya.

Saat jadi anak kosan di sebuah kota, saya jadi lebih mengerti ternyata tidak semua air yang keluar dari keran baik untuk dikonsumsi, karena zat kimia yang terkandung seperti klorin. Namun, kosan saya dulu menggunakan sumur bor, jadi kami bisa memasaknya, begitu informasi yang saya dapatkan.

Di kemudian hari saya menjadi tahu, bahwa di kota-kota yang padat penduduk sana, kelangkaan air bersih menjadi permasalahan tersendiri. Bukan karena kekeringan, bahkan sungai-sungai masih berair, hanya saja tidak bening dan kurang layak saja dikonsumsi akibat pencemaran. Pada kondisi ini, kelayakan air permukaan dapat dipertanyakan. Bahkan untuk sumur gali yang dangkal, mungkin saja tidak akan memunculkan air nan jernih.

Ternyata tidak hanya di kota-kota padat penduduk, masalah air bersih yang layak konsumsi juga bisa dialami oleh masyarakat pesisir yang notabene dekat dengan laut, air asin. Air asin bukanlah jenis air yang bisa langsung dikonsumsi.

Air Bersih
Air Bersih
Sumber gambar: Maria Lin Kim on Unsplash

Air tanah yang didapatkan dari sumur bor dalam menjadi salah satu jawaban untuk kemudahan akses air bersih.

Sumur Bor Dalam (Deep Well)

Sumur bor dalam atau deep well adalah sumur yang dibuat dengan metode bor atau drilling dengan kedalaman puluhan hingga ratusan meter ke dalam tanah. Semakin dalam, akan semakin bersih dan layak untuk dikonsumsi.

Berbeda dengan sumur gali, sumur bor dibuat dengan alat modern yang canggih, sehingga proses pengerjaan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Sumur bor juga tidak memakan banyak ruang seperti sumur gali. Alat yang digunakan untuk membuat sumur bor juga dibekali dengan sensor yang dapat mengetahui lokasi kedalaman tanah dengan sumber mata air yang dituju.  Cepat, tidak makan tempat, dan lebih mudah menentukan kedalaman sumur. Air akan dialirkan melalui pipa dengan menggunakan tenaga listrik.

Kamera Lubang Bor (Borehole Camera)

Dalam membuat sumur bor, tentu dibutuhkan perencanaan dan analisa lokasi. Dalam pembuatan sumur bor, ada yang namanya kamera lubang bor atau borehole camera. Kamera lubang bor atau borehole camera adalah kamera yang digunakan untuk mengambil gambar dalam bidang hidrologi seperti untuk membantu analisa sumur bor, pipa, lubang tambang dan sebagainya.

Kamera ini dapat memberikan proyeksi gambar maupun video yang tidak dapat dijangkau dari permukaan tanah. Ada banyak jenis kamera borehole yang  tersedia di pasaran dengan berbagai fitur yang ditawarkan. Kebanyakan kamera borehole dapat masuk ke dalam lubang diameter yang kecil sekitar 2 inci atau kurang. Kamera ini juga memiliki kabel yang terintegrasi dan panjangnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan meter.

Izin Sumur

Ternyata perkara air tanah juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 43 Tahun 2008 tentang Air Tanah.

Dalam bagian Penjelasan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.43 Tahun 2008, poin I.8 disebutkan:

Pengaturan perizinan air tanah diarahkan untuk menata penerapan hak guna air dari pemanfaatan air tanah. Pada prinsipnya izin di bidang air tanah berfungsi sebagai legalisasi atas kepemilikan hak guna air dari pemanfaatan air tanah dan sebagai alat pengendali dalam penggunaan air tanah. Hak guna pakai air dari pemanfaatan air tanah, sepanjang untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari bagi perseorangan atau bagi pertanian rakyat berdasarkan persyaratan tertentu, diperoleh tanpa izin. Hak guna pakai air yang pemanfaatan air tanahnya dilakukan dengan cara mengebor, menggali air tanah atau penggunaannya mengubah kondisi dan lingkungan air tanah dan dalam jumlah besar, diperoleh harus dengan izin. Demikian pula dengan hak guna usaha air dari pemanfaatan air tanah harus diperoleh dengan izin.

Kompressor Jet (Jet compressor)

Longsornya lapisan dalam tanah pada musim hujan, atau tingginya mineral seperti besi dan/atau mangan bisa membuat air menjadi keruh. Jika ditemukan masalah mengenai sumur bor, seperti air yang menjadi kotor dan keruh itu, maka bisa diatasi dengan mesin jet kompresor untuk melakukan pengurasan sumur. Mesin ini juga bisa digunakan untuk menguras air sumur bor dalam yang kemasukan bangkai binatang atau lainnya yang menyebabkan air menjadi kotor atau berbau.

Jasa Pembuatan Sumur Bor Dalam
Sumber gambar: www.sumurbor-murah.com

Begitulah rupanya hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sumur bor. Kalau kita tidak kompeten, dan ingin yang lebih praktis, kita bisa menggunakan jasa sumur bor dalam. Buat teman-teman yang berada di sekitar area Karawang dan Bekasi, bisa klik atau lihat-lihat terlebih dahulu link ini: Jasa Sumur Bor Karawang dan Jasa Sumur Bor Bekasi.

Kalau temen-teman Pembaca, sumber air bersihnya dari mana?

10 comments:

  1. Di rumah kami, sumber air bersihnya hanya dari PDAM saja mba..
    itupun kita tampung dulu, diendapkan, baru kita pakai untuk memasak.

    ReplyDelete
  2. Sumur bor penting banget untuk sebuah pondok pesantren. Soalnya kan, untuk jumlah santri yang banyak, jika hanya menggunakan pasokan air dari PDAM, maka akan terjadi pembengkakan pengeluaran untuk kebutuhan air bersih sehari-hari. Makanya, dk pondok pesantren tempat aku mengajar, dibuatlah sumur bor sehingga santri bisa lebih leluasa dalam menggunakan air dan tidak membuat pusing bendahara pondok pesantren dalam mengatur anggaran belanja bulanan.

    ReplyDelete
  3. Pada perumahan yang baru bangun kebanyakan memakai sumur bor untuk akses airnya ini karena aliran pam yang suka terhambat dan kurang bersih, terbantu banget dengan adanya jasa sumur bor ini menurut saya sih, lebih tahan lama cuman memang harus digali lebih dalam buat menghindari air kering di musim kemarau

    ReplyDelete
  4. Bener kak tidak semua rumah tinggal dianugrahi sumber mata air yang layak minum..apalgi dikota besar jadilah mereka mengandalkan air ledeng berlangganan dan minum harus dengan air isi ulang. Bersyukurlah yang rumah tinggalnya di anugrahi sumber mata air yang layak minum karena bisa merasakan karunia minum air dari sumber mata air yang bersih dan layak.

    ReplyDelete
  5. Aku juga pakai sumur bor nihh.
    Karena di daerahku air PDAM jarang bisa diandalkan.
    Huhu. Pernah ga nyala berhari2. Ga ngebayangin kalo gada sumur

    ReplyDelete
  6. Bener Mbak,, membuat sumur bor juga ada peraturannya, sebab akan berpengaruh ke lapisan tanah apa gimana gitu yg nantinya bs berefek ke bangunan yg berada di atasnya

    ReplyDelete
  7. Ya Allah, aku baru tau nih perihal persumuran hihii.. ternyata penting jg ya punya sumur bor gitu aplagi kalo dari PAM suka mati mati huhu

    ReplyDelete
  8. Sumpah kak.. baru tau sumur tanah harus ada izin juga..
    Oh ya.. sumur bor dalam yang hingga ratusan meter sangat aman dikonsumsi ya kak, karena terbebas dari polusi dan pencemaran.
    Kalo cuma sumur gali takut sama pencemaran.

    ReplyDelete
  9. Di rumah kami, air sumur bornya kemerahan dan berbau besi. Rupanya penanganannya dengan mesin jet kompresor ya. Noted.

    ReplyDelete
  10. Intinya kalo saya mah, serahkan pada ahlinya. Hahahaha. Serius ini gak ngerti soal sumur bor di perkotaan. Kalo di desa mah masih bebas gali sumur sendiri dari air tanah yg masih segar.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)