Keuntungan Tinggal di Apartemen

Lahan kosong di kota-kota besar sudah semakin jarang. Bangunan vertikal dibuat agar dapat menampung jumlah populasi yang tinggal di kota padat. Harga lahan tanah pun menjadi naik dan bikin kantong menjerit. Oleh karena itu, hunian apartemen pun menjadi alternatif dalam memilih tempat tinggal.

Meskipun tidak berpijak di tanah, tinggal di apartemen juga memberikan kenyamanan tersendiri untuk dihuni. Terlebih bagi yang tidak mau ribet dalam aturan perumahan. Buat kamu yang masih bertanya-tanya bagaimana kelebihan tinggal di apartemen, kali ini saya pun mencoba merangkum apa saja kelebihan tinggal di apartemen.

Sumber: www.sewa-apartemen.net


Keamanan lebih terjamin

Selain ada CCTV yang memantau, biasanya juga ada security pada beberapa titik lokasi. Jadi tamu yang datang akan melewati beberapa sistem keamanan terlebih dahulu. Keamanan ini bisa 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu. Keamanan maksimal jika dibandingkan dengan tinggal di perumahan, apalagi jika lokasi rumah tidak memiliki sistem keamanan yang memadai.

Fasilitas yang ditawarkan

Biasanya apartemen juga menawarkan fasilitas yang memanjakan. Contohnya kolam renang, ruang gym, yoga, dan sarana olahraga lainnya, cooking studio, BBQ lounge, perpustakaan, playground buat anak-anak, ruang karaoke, billiar, game room, spa/sauna, 3D Theather, hingga sky bridge dan roof garden dan/atau roof terra. Bisa-bisa saja sebuah rumah memiliki sebagian atau semua fasilitas ini, tapi tentu biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit.

Harganya lebih terjangkau dibanding rumah tapak

Memang, semua tergantung. Apartemen bagaimana yang dimaksud, serta rumah bagaimana yang dimaksud? Tapi jika dihitung-hitung secara keseluruhan dan pada umumnya, apalagi untuk kota besar yang padat, memilih tinggal di apartemen akan membutuhkan lebih sedikit uang dibandingkan dengan tinggal di rumah tapak. Sebab tinggal di apartemen, tidak perlu membeli tanah. Bahkan jika hanya tinggal untuk sementara waktu, apartemen bisa disewa dengan mudahnya. Contohnya di Jakarta, ada banyak tempat sewa apartemen Jakarta Barat yang cocok untuk ditempati.

Lokasi yang lebih strategis

Para pengembang biasanya akan memilih lokasi yang strategis untuk membangun apartemen. Selain akan dekat dengan sarana akomodasi/transportasi ke sekolah atau tempat kerja, juga dekat dengan sarana hiburan. Contohnya saja kalau mau beli atau sewa apartemen di Tanjung Duren, kita bisa dekat dengan Jakarta Aquarium, Mall Central Park, Mall Taman Anggrek, juga Rumah Makan Dudung (siapa yang pernah makan sop kaki kambing di sini?)

Pemandangan kota

Saat tinggal di apartemen lantai 20 ke atas, ada bonus pemandangan yang didapat. Pemandangan kota yang bisa dinikmati ketika matahari terbit, matahari tenggelam, atau malam penuh kerlap-kerlip lampu kota. Jika apartemen memiliki rooftop di lantai lebih tinggi, tentu akan semakin bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Privasi lebih terjamin

Kebanyakan mereka yang tinggal di apartemen adalah mereka yang memiliki kesibukan yang padat. Hal ini menjadikan tinggal di apartemen lebih menyenangkan dalam urusan menjaga privasi. Sebab terlalu perhatiannya tetangga kadang malah dapat membuat seseorang merasa terusik. Kamu pernah merasakannya?

Biaya perawatan yang lebih rendah

Biaya perawatan apartemen lebih rendah dibandingkan dengan di rumah, terlebih jika hanya menyewa saja. Biaya pemeliharaan akan ditanggung oleh pengembang. Jadi, jika ada masalah kamar mandi yang rusak, wastafel yang bocor, biasanya akan ditanggung oleh pemilik apartemen. Tentunya hal ini harus ditanyakan lebih awal, dan perhatikan perjanjian dengan saksama, supaya tidak ada yang merasa dirugikan.

Tidak jarang kontraktor apartemen akan menawarkan perawatan yang bisa ditelepon kapan saja, sehingga akan sangat memudahkan kalau-kalau ada masalah tak terduga.

Sekian keuntungan tinggal di apartemen, semoga dapat membantumu dalam mempertimbangkan hunian ini. Atau kamu punya pertimbangan tersendiri dalam memilih hunian? Yuk share di kolom komentar agar kita bisa saling berbagi.

10 comments:

  1. apartemen memang sudah menjadi kebutuhan di kota besar ya kak
    apalagi di kota2 besar, tanah sudah mulai dipenuhi dengan gedung pencakar langit buat perkantoran
    yg penting harus teliti dalam memilih pengembangnya

    ReplyDelete
  2. Masyarakat urban banyak yg memilih tinggal di apartemen.
    lebih praktis, aman dan nyaman.
    apalagi yg sering business traveling luar negri ye kan

    ReplyDelete
  3. Memang betul, Kak, enaknya tinggal di apartemen tuh lokasinya yang strategis, dekat ke tempat umum yang penting. Bisa disewakan kalau kita malas tinggal di situ. Bisa buat singgah pas main ke kota tertentu. Keamanan terpantau walaupun jadi ga terlalu kenal tetangga ya. Setidaknya lumayan buat investasi.

    ReplyDelete
  4. Kalo saya tinggal di Jakarta sepertinha saya tertarik untuk tinggal di apartemen. Alasannya supaya terhindar dari macet dan bisa cari lokasi yg relatif dekat dgn tempat kerja. Tapi berhubung skrg tinggal di Bandung saya lebih nyaman tinggal di rumah tapak😃

    ReplyDelete
  5. Kalau di kita besar cocoknya memang tinggal di Apartemen, tapi kalau kota kecil bahkan di desa belum ada yang menyediakan apartemen

    ReplyDelete
  6. Saya pernah menginap di apartemen di Surabaya, memang nyaman dan aman mungkin kalau saya tinggal di kota-kota besar akan lebih memilih tinggal di apartemen karena banyak kelebihan yang ditawarkan.

    ReplyDelete
  7. kayaknya asik ya, apalagi utk tipikal aku yg males arisan, males yasinan, wkwk. tapi blm cocok utk duniaku, dan di jambi jg blm ada keknya

    ReplyDelete
  8. Udah lama pingin pindah ke apartemen, karena faktor keamanan dan kenyamanan
    Tapi bisa urban farming ngga ya?

    ReplyDelete
  9. Jadi inget dulu tuh malah punya cita2 punya apartement aja daripada rumah hehehe.
    Bener banget salah satu alasannya karena biaya perawatannya ngga begitu tinggi. Selain itu jg bisa buat investasi.

    ReplyDelete
  10. Jadi ingat drama Korea.
    Memang lokasi apartemen kini sudah jadi pilihan dan harganya terjangkau untuk ukuran keluarga muda yang hidupnya di kota besar.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)