Asupan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Ibu hamil (bumil) memerlukan asupan gizi yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan ibu hamil. Apa saja itu? (Info lebih lanjut dapat ditemukan di website gue sehat)

Janin | Sumber gambar: Freepik

Secara umum, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terbagi menjadi dua jenis, yaitu makronutrien (zat gizi makro) dan mikronutrien (zat gizi mikro). Makronutrien diperlukan dalam jumlah besar untuk memberi energi, contohnya karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien diperlukan dalam jumlah kecil untuk melaksanakan fungsi fisiologis, contohnya vitamin dan mineral.

Berbagai mikronutrien yang perlu diperhatian pada masa kehamilan adalah:

Kalsium (Ca)
Sumber kalsium: susu, sayuran dengan warna daun hijau gelap, tahu, kacang almond, roti, dan sereal. Manfaat kalsium untuk bayi adalah sebagai pembentukan tulang dan gigi, pembentukan jantung, saraf, dan otot. Manfaat kalsium untuk ibu adalah untuk mengurangi risiko osteoporosis, serta mengurangi pre-eklamsia selama kehamilan.

Zat Besi (Fe)
Sumber zat besi: daging merah dan bayam. Manfaat zat besi untuk bayi adalah untuk perkembangan dan fungsi otak juga untuk tumbuh kembang yang optimal. Manfaat zat besi untuk ibu adalah untuk menjaga kualitas kesehatan sel darah merah, mencegah anemia, dan mengurangi risiko melahirkan prematur.

Asam Folat
Sumber asam folat: alpukat dan sayuran berdaun hijau. Manfaat asam folat untuk bayi adalah untuk mengurangi terjadinya Neutral tube defect. Manfaat asam folat untuk ibu adalah untuk mencegah kelahiran prematur, membantu produksi DNA dan sel-sel tubuh, serta mencegah risiko penyakit jantung dan stroke.

Seng (Zn)
Sumber seng: kerang, daging merah, kacang-kacangan. Manfaat seng untuk bayi dan ibu adalah untuk menjaga kualitas kesehatan sel darah merah, mencegah anemia, dan mengurangi risiko melahirkan prematur.

Masih banyak lagi makanan sehat dan bergizi yang dapat dimakan oleh ibu hamil. Untuk perkembangan janin yang optimal, penuhilah kebutuhan nutrisi ibu di tiap semester kehamilan dengan pola makan yang bervariasi dan seimbang.

Semoga gizi itu dapat terpenuhi, biar sehat ibu, dan sehat si bayi. Ingat, seribu hari pertama kehidupan itu dimulai dari dalam rahim, dan seribu hari pertama kehidupan itu sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak. Semoga kontribusi ibu dapat memperbaiki generasi ini ke depannya.

7 comments:

  1. Saat saya hamil dulu..senengnya makan buah mangga. Makasih informasinya mbakkk 😊

    ReplyDelete
  2. waktu aku hamil aku pemakan segala kecuali sate kambing, durian, nangka, dan kopi hitam hehehe terutama susu UHT...ngga heran kl berat badan naik 40kg T_T

    ReplyDelete
  3. Ibu Hamil memang butuh asupan atau nutrisi penting untuk pertumbuhan janin dan keshetan ibunya. Kadang suka kasihan sama bumil yang enggak bisa masuk makanan sama sekali karena mual. Memang saya juga merasakan enggak enaknya mual-muntah selama kehamilan.

    ReplyDelete
  4. ibu hamil memang wajib menjaga nutrisinya ya mbaaa, your baby is what you eat bangetttt

    ReplyDelete
  5. nutrisi ibu hamil memang penting banget diperhatikan yaaa mb, karena juga penting buat pertumbuhan dan perkembangan janinnya

    ReplyDelete
  6. trnyata memang kandungan asam folat pnting untuk bumil y mb. terima kasih atas ulasanny mb ^^

    ReplyDelete
  7. saya dulu sukanya makan bayam dan jeruk, mbak. sesekali pas pengin minta dibeliin jus alpukat. he..he..he Alhamdulillah anak-anak sehat saya juga sehat.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)