Skincare yang Perlu Dibawa saat Travelling

Sudah sering terjadi, saya mendapati kulit menjadi gosong dan kering sepulang plesiran. Tak heran, terpaan panas dan dingin ruangan ber-AC kerap menyerang kulit selama berpelesir. Malah kadang barangkali karena saking keringnya, kulit jadi mengelupas, dan terasa tidak nyaman.

Berangkat dari rasa tidak nyaman karena kondisi kulit tersebut, saya pun mencari bagaimana cara untuk mencegah agar kondisi kulit saya tidak menyedihkan sepulang jalan-jalan. Saya lalu mulai tertarik untuk menggunakan produk perawatan kulit.

Beriringan dengan ketertarikan saya untuk menggunakan produk skincare yang dapat melindungi kulit, saya tentunya juga membekali diri dengan pengetahuan, mulai dari produk dasar apa saja yang kulit butuhkan, apa manfaat bahan aktif tertentu untuk kulit, hingga bahan-bahan aktif yang boleh dan tidak boleh digunakan dalam waktu yang sama.

OTW negeri seberang. Foto oleh xx liu via Unsplash

Skincare yang Wajib Dibawa saat Travelling

Berhubung saya suka travelling yang satsetsatset, jadi saya nggak mau memberatkan diri dengan banyak bawaan. Terlebih kadang energi pun terkuras setelah beraktivitas, jadinya pas pulang ke penginapan itu rasanya langsung pengen tepar, dan berat untuk layering segala macam skincare, heuheu.

Namun, karena merawat kulit itu penting juga, maka saya mencoba untuk menyederhanakan beberapa skincare esensial agar kulit tetap sehat dan tidak gradakan parah pasca bepergian.

Berikut beberapa skincare yang bisa dikatakan wajib untuk dibawa saat travelling, versi saya.

Tabir Surya / Sunscreen

Jalan-jalan itu sangat erat kaitannya dengan aktivitas di luar ruangan, menikmati keindahan alam, dan merefleksi diri. Apalagi jika cuacanya cerah, dengan langit yang biru indah.

Saya juga pernah baca kalau memakai sunscreen juga esensial di dalam pesawat terbang karena kita berada di ketinggian dan lebih dekat dengan sinar UV matahari ketimbang di daratan bawah. Lalu saya baca di situs BMKG, memang benar kalau semakin tinggi suatu tempat maka sinar ultraviolet yang diterima akan semakin besar.[1]

Pelembab / Moisturizer

Kulit selalu butuh hidrasi. Salah satu kunci menjaga skin barrier yang sehat pun terletak pada hidrasi kulit yang cukup. Kita bisa menghidrasi kulit dari dalam dengan mengonsumsi cairan yang cukup, dan juga dari luar dengan menggunakan pelembab.

Dalam beberapa kondisi, saya merasa butuh sekali menggunakan pelembab, seperti pada saat berada di lingkungan yang dingin.

Sabun Cuci Muka / Facial Wash

Perjalanan panjang dapat membuat muka menjadi berkeringat. Apalagi jika naik motor, yang kadang membuat kita berada di belakang truk dengan semprotan asap knalpot hitamnya itu ckckck. Sudahlah gosong dari sengatan matahari, malah nambah lagi jadi hitam karena asap, heu.

Agar bisa tampil lebih segar di tempat tujuan, dan bila memungkinkan, saya akan melipir dulu ke toilet untuk mencuci muka.

Di samping itu, memang sabun cuci muka juga pada dasarnya adalah produk skincare dasar yang penting. Apalagi bagi pemilik kulit sensitif yang nggak bisa sembarangan menggunakan sabun mandi untuk kulit wajah (seperti yang dulu-dulu pernah saya lakukan, dan berujung jerawatan, ckck).

*

Sekarang orang-orang tampaknya sudah makin peduli ya, dengan perawatan kulit. Setidaknya orang-orang di sekitar saya.

Beriringan dengan itu, saya lihat berbagai jenama produk perawatan kulit dan kosmetik lokal juga makin menjamur menyambut permintaan pasar. 

Bisnis seputar produk perawatan kulit pun makin meningkat dengan penawaran akses kemudahan belanja online dari mana saja, salah satunya dengan menggunakan aplikasi Watsons online.

Terlebih, belanja online itu makin digemari berkat potongan-potongan harga, contohnya dengan menggunakan voucher yang berlaku pada periode tertentu.

Sekarang, belanja di Watsons bisa pakai voucher Kode Voucher HDEMEDAN25 (untuk min. Belanja Rp.150.000,- dengan diskon hingga 25.000), berlaku hingga 31 Desember 2023.

Kayaknya kode vouchernya bisa berlaku untuk wilayah Sumatera bagian utara deh, saya coba pakai kode 'Medan' ini untuk alamat di Payakumbuh.

Ini saya coba kode vouchernya. Hasil potongan harga dan kode voucher jadi lumayan banget ya, cleanser 500ml sudah bisa dibeli dengan harga Rp.149.000,- aja. Biasanya dengan harga segitu saya dapat ukuran 250ml aja loh T.T

From this to that belanja hemat di Watsons. Dokpri, September 2023

Kelebihan lainnya belanja di Watsons adalah estimasi pengiriman yang cepat yaitu 1-3 hari, dengan ongkos kirim hingga dari Rp.7.000,- (Itu di belanjaan saya Rp.5000,- saja ongkirnya).

Memanglah banyak kelebihannya, sesuai dengan tagline-nya Watsons Online: Hemat, Cepat, Lengkap ya!

*

Nah, kalau Pembaca di sini biasanya sedia barang wajib apa saat travelling? Terus pernah ngerasa beruntung banget nggak saat belanja online?


Referensi:

[1]. www.bmkg.go.id/kualitas-udara/indeks-uv.bmkg diakses tanggal 25 September 2023

1 comment:

  1. Aaakk, belanja dengan ongkir cuma goceng. Terbaeq emang Watsons online!

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja