Mengenal Jenis-jenis Gaun

Sewaktu dulu, saya diajarkan oleh guru bahwa pakaian atau sandang adalah salah satu dari kebutuhan primer di samping pangan dan papan. Pakaian berfungsi untuk melindungi tubuh dari suhu lingkungan atau suasana tertentu. Pada kemudian hari, fungsi pakaian bukan hanya sebagai pelindung, melainkan juga sebagai identitas, juga gaya. Oleh karena itu, timbullah bermacam-macam jenis dan mode pakaian.

Pakaian memang berkembang seiring dengan peradaban manusia. Gaun ternyata juga berkembang. Kita lihat saja gambar/ film berlatar zaman dahulu, lalu kita bandingkan dengan keadaan saat ini, maka kita akan menemukan perbedaan gaya busana secara umum. Rupanya, gaun itu sendiri pun memiliki beberapa jenis. Maka di artikel ini, saya akan mencoba menulis jenis-jenis gaun (dress). Here we go for girls party dresses (Excuse me, not that 'party').

Berdasarkan Panjangnya:

Maxi Dress
Maximum? Maxi dress identik dengan gaun yang panjang hingga ke lantai, tapi kadang juga tidak sepanjang itu, jadi tidak perlu khawatir memakainya karena takut bagian bawahnya kotor. Kenyataannya, maxi dress tidak selalu sampai selantai, ya setidaknya sampai semata kaki.

Midi Dress
Medium? Midi dress ini adalah gaun yang panjangnya berada di antara maxi dan mini. Biasanya panjangnya sekitar bawah lutut. Gaun ini dapat dikombinasikan dengan boot untuk gaya musim dingin, atau dengan flat untuk gaya piknik. Atau, mungkin ada yang akan mencocokannya bersama bawahan?

Mini Dress
Minimum? Mini dress, seperti mungkin sudah dapat dibayangkan serta ditebak bagaimana artinya. Memakai mini dress, berarti menampakkan area lutut, meskipun panjangnya (atau pendeknya?) tidak selalu jauh di atas lutut. Tampaknya beberapa orang akan mengkombinasikannya dengan bawahan.

Berdasarkan Acaranya:

Formal Dress
Gaun juga bisa dipakai untuk menghadiri acara resmi, tentu saja. Formal dress ini memiliki variasi panjangnya entah itu sampai ke mata kaki, atau sekitar lutut. Meski begitu, dalam acara resmi, ada norma kesopanan yang harus diperhatikan, termasuk dalam cara berpakaian.

Casual Dress
Ada formal, ada casual. Casual Dress juga hadir dengan gaya yang lebih santai, sesuai dengan namanya. Sama halnya dengan formal dress, casual dress juga memiliki beragam panjang gaun. Tetapi yang namanya casual, aturannya lebih longgar, bukan?

Vacation Dress
Sesuai dengan namanya, vacation dress cocok untuk acara liburan. Vacation dress lebih mengutamakan pola dan gayanya yang didesain sedemikian rupa demi kenyamanan dan fleksibilitas untuk dipakai jalan-jalan, namun tetap terlihat feminim dengan dress.

Vacation Dress

Berdasarkan Motifnya:

Bohemian Dress
Bohemian dikenal dengan coraknya. Tidak ada aturan baku pada motif Bohemian. Gaya ini pas dipakai untuk travelling, mengingat asalnya diperkenalkan pula oleh orang-orang nomaden di Eropa pada awal abad 19 (tahun 1800-an), dan dikenal sebagai orang Gypsy.

Floral Dress
Jika Bohemian tidak memiliki aturan baku dalam motifnya, Flora Dress memiliki motif tetap yang hanya berupa bunga. Setelah saya menelaah beberapa sumber bacaan, katanya motif bunga ini berasal dari Timur, sementara Bohemian dari Barat. Corak bunga memberi kesan feminim. 

Butterfly floral dress round neck

Sekian dulu tulisan seputar gaun ini. Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis gaun, contohnya gaun yang dikategorikan berdasarkan potongan seperti ketat atau longgar, dan sebagainya. Namun kali ini izinkan saya menyudahi tulisan yang membagi tiga kategori gaun, dan bertanya: 

Bagaimana model gaun yang kamu suka?

28 comments:

  1. berarti vacation dress ini adalah gaun yang bisa dibawa jadi casual maupun formal, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu aku vacation dress ini buat santai mbak, karena sesuai namanya, yaitu buat liburan/jalan2

      Delete
  2. Dress yg paling kusuka adalah daster mbak. Wkwk
    Ya giamana di rumah selama pandemi jarang bgt bepergian. Lebih sering di rumah pke daster. Tp btw buatku semua dress cakep, apalagi kl yg make badannya bagus. Lah kok jd body shaming. Wkwk. Ampun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups. Hati2 mbak entar digugat eh. Gaun daster memang sejuk ya mbak, sangat sesuai untuk dipakai di rumah hihi.

      Delete
  3. wah selama ini saya pakai pakai aja kalau dress dan memang kebetulan suka banget kalau pakai dress, tapi yang maxi hampir ga pernah pakai sih, motifnya ini saya lebih suka yang bohemian, karena unik keliatannya, tapi kadang juga suka sih yang floral tapi rasanya hampir tidka punya dressnya kebanyakan polos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bohemian itu banyak ragamnya juga kan mbak?

      Delete
  4. Saya tipikal orang yg casual. Jarang pakai gaun sebetulnya, kecuali pas ada acara tertentu.
    Klo diminta memilih sukanya yg maxi karena saya berhijab.
    Untuk motif, lebih suka yg polos & gak terlalu ramai coraknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suka yang minimalis kah mbak Hastin (bukan bahan kain yang (minim)alis loh ya hehe)

      Delete
  5. Aku suka yg terakhir, floral dress. Aku banget, suka Sama yg Bunga Bunga Dan modelnya Mekar ke bawah... Di rumah byk yg model gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunga dan jenis gaun memang bervariasi ya mbak Salbiah :)

      Delete
  6. Bicara soal gaun daku pasti suka. DUlu pernah belajar materi keterampilam menjahit saat MTsN. Kalau sekarang model gaun udah tambah kontemporer ya Mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah daku dulu pas di Mts(N) -wkwk kenapa N dipakai kurung atuh ckck- juga ada keterampilan menjahit. Aku yang ingat itu disuruh ngejahit sarung bantal wkwk.

      Delete
  7. aha..mengenal gaun, secara aku niy gak feminim banget mbak tp kadang suka juga siy atau pengen pake dress dan biasanya asal beli yang penting motifnya suka. kurang paham ini maxi atau bukan pokoknya kalo kotak-kotak atau floral, aku suka hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar mbak ini jadi bikin aku ngetik "dress for boyish" di google XD

      Delete
  8. Suka yang vacation dress deh. Lengan panjang tinggal pakai hijab. Ahaii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vacation dress yang lengan panjang ya mbak? ^_^

      Delete
  9. Selama ini nggak banyak tahu soal dress dan nama-namanya. Vacation dress ini menarik, meski santai tapi tetap feminin. Kelihatan sangat nyaman dipakai.Jadi kangen traveling deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah sama, aku juga kangen travelling Mbak :)

      Delete
  10. Ternyata ada macamnya juga. Hehehe. Aku biasanya hanya menyebutkan Longdress itu saja kalau berpergian hahaha. Kalau dirumah Daster gitu. Hihihi.

    ReplyDelete
  11. Suka sekali ini sharingnya Unii... jadi tau midi dress juga. Btw kl saya suka banget ama floral dress, br nyadar kl buka lemari mayoritas floral pattern rerata gamisnya hehe

    ReplyDelete
  12. Paling suka sama casual dress, buat resmi okai, buat santai hayukk
    Cocok bgt buat ornag yg cuek sepertiku Bun hehe

    ReplyDelete
  13. Aku suka dengan bohemian dress, terlihat "ringan" tapi berhubung aku berhijab, jadi pakai manset kalau pakai itu :)

    ReplyDelete
  14. Aku kalau floral dress punya banyak banget mbak. A.k.a daster. Hwehehehe.

    ReplyDelete
  15. Wow baru tahu ada banyak jenis dress Haha maklum tahunya daster dan gamis🤭 terima kasih infonya mbak

    ReplyDelete
  16. Saya suka yang elegant dan sporty kalau soal gaun. Di rumah dasteran soalnya, hehe ...

    ReplyDelete
  17. Floral dress cakep banget. Berasa pake daster lah. Oh iya, coba setiap dress kasih gambarnya biar lebih jelas sekalian cuci mata buat yang baca 🤭

    ReplyDelete
  18. buat yang berjilbab cocoknya baju maxi dress sepertinya ya kan menutup seluruh tubuh gitu

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)