Rekomendasi Makanan Sehat untuk Diet

Suatu malam saya akhirnya sampai di rumah sanak saudara. Perjalanan jauh jalur darat, kontur jalan yang berkelok, ditambah cara supir membawa mobil dengan ngebut membuat tubuh saya letih dan ingin tidur saja setibanya di rumah tujuan. Namun sang tuan rumah telah sigap menyuguhkan hidangan. Saya bilang, saya makannya besok pagi aja. Tuan rumah menanggapi saya dan bertanya, diet ya?

"Diet buat apa?" ia menambahkan, terheran karena bentuk tubuh saya yang tidak gemuk. Diet memang identik dengan menurunkan berat badan. Namun sepengetahuan saya, diet itu bukan hanya untuk menurunkan berat badan. Tujuan diet bisa juga demi menaikkan berat badan, atau menyeimbangkan asupan nutrisi bagi pasien dengan penyakit tertentu. 

Sementara itu, diet sehat dan seimbang adalah pola konsumsi makanan bergizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Sebagaimana yang sudah umum kita pelajari di bangku sekolah, zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi, apakah rekomendasi makanan sehat untuk diet? Kebutuhan energi dan dan zat gizi itu tergantung umur, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, juga aktivitas fisik yang dilakukan. Kondisi khusus juga buat orang-orang tertentu, seperti pasien diabetes mellitus, jantung, kanker. Jadi, makanan untuk diet masing-masing orang itu berbeda. Hm, bukan begitu?

Omong-omong soal orang yang tengah menjalankan program diet, mereka juga ada yang langganan katering. Barangkali mereka tidak sempat menyiapkan makanan yang sesuai dengan 'kebutuhan'. Langganan catering sehat juga bisa dilakukan via daring karena kecanggihan teknologi zaman kini. Beragamnya pilihan menu, tersedianya fitur konsultasi, dan tempat yang sudah bersertifikat menjadi pertimbangan dalam memilih tempat katering.


Catatan tambahan: 404 Tidak ditemukan menu makanan sehat yang direkomendasikan untuk diet pada postingan ini (Wow. Apakah judulnya clickbait?). Tahan dulu kzl-mu sebelum mengklik hyperlink yang ada dalam postingan ;)

Tibalah pada pertanyaan: Apakah sobat taruih baraja juga punya pengalaman diet? Adakah juga yang berlangganan katering diet?

19 comments:

  1. Terima kasih infonya, sayangnya kotaku jauh deh.
    Oh yah, apakah bisa juga melayani pelanggan yang jauh?

    ReplyDelete
  2. Saya Juga agak obesitas, biasanya saya atasi dg tidak diet tapicuma menjaga makanan dg di selingi olahraga teratur 1 minggu minimal sekali misalnya dg joging atau gowes, ya lumayan lah bisa tuk membakar lemak berlebih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukankah diet = menjaga makanan, ya mas? Hehe. Semangat olahraga!

      Delete
  3. Yes, makanan diet untuk masing2 orang berbeda untukku makanan diet yang paling cocok adalah yang high fat very low carb :)

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nyoba catering menu sehat, soalnya saya termasuk yang jarang diet. Beruntung nih dapat info..thank you mba

    ReplyDelete
  5. Saya belum pernah diet, karena cenderung stabil BB sampai kini. Paling nambah kalau lagi hamil dan setelah kelar nyapih dah balik lagi.
    Kalau suami sudah coba beberapa metode diet karena dia gampang gemuk, tapi belum pernah coba katering sehat. Paling sekarang dia kurangin karbo aja.

    ReplyDelete
  6. wah-wah, perlu dicoba nih biar kembali sinset sedia kala

    ReplyDelete
  7. Diet memang tidak selalu identik dengan menurunkan berat badan, tetapi bisa diartikan ingin menjaga kesehatan tubuh. Menjaga pola makan yang saya lakukan seperti low carbo dan gula.

    ReplyDelete
  8. Kalau daku belum pernah diet kak, karena badanku agak slim. Namun begitu, memang lebih baik jalani diet yang sehat

    ReplyDelete
  9. Hmm...diet. sejauh ini ssih saya belumpernah diet tapi ada tips untuk menurunkan berat badan dengan cepat yaitu menyusui. Hehehhe

    ReplyDelete
  10. Wah, aq termasuk orang yang tidak pernah bisa diet. Semakin diet, semakin lapar, tidak pernah katering diet juga

    ReplyDelete
  11. Pernah sih gk makan nasi sampe turun 8 kilo.. Huhu tp skg makan nasi lagi eaaa

    ReplyDelete
  12. Saya pengen naikin BB. So far semua makanan saya lahap. Hanya saja mulai kurangi minyak & makanan berlemak. Sebulan terakhir minum susu kambing etawa yg katanya punya kandungan leak baik & sangat disarankan utk yg pengen naikin BB-nya.

    ReplyDelete
  13. diet diet kalau tidak olahraga dan pola tidur baik sama saja tidak ahahhahaha XD

    ReplyDelete
  14. Aku enggak ada diet khusus, Alhamdulillah badanku sedang saja, karena faktor bawaan dari kecil mungkin, belum tau kalau nanti menikah dan punya anak apa akan melar hehehe, dan engga berlangganan katering khusus sih Mba, paling kalau berbagi tips, aku makan ya 3 kali sehari, porsi nasi cuma 2 sendok nasi dan sayur lauk yang agak diperbesar dari jumlah nasi, jarang makan buah ( jangan diikuti) minum juga paling sedikit 5 gelas (jangan diikuti, harus 8 gelas sehari), ngemil pun kalau lagi pengen, yang aku suka kacang sukro dan biskuit gandum rasa coklat iya atau vanila atau kacang hehe dan olahraga yang mudah jogging seenggaknya 1 kali seminggu

    ReplyDelete
  15. Aq belum pernah berhasil diet, jadi aq cuma mengatur asupan kalori saja, tetapi tidak seketat diet

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)