Betahistine Obat Vertigo, Ampuhkah?

Pernahkah kamu mengalami vertigo? Vertigo ditandai dengan perasaan berputar, pusing, oleng, tidak stabil, hingga ingin muntah karenanya. Vertigo berasal dari bahasa Latin, vertere, yang artinya memutar (merujuk pada sensasi berputar sehingga mengganggu rasa keseimbangan seseorang, umumnya disebabkan oleh gangguan pada sistem keseimbangan).[1]

Jika ditinjau dari segi ilmu medis, vertigo ini pun terbagi menjadi beberapa jenis, seperti Vertigo Perifer yang umumnya membaik tanpa pengobatan. Sementara Vertigo Sentral membutuhkan terapi yang bergantung pada penyebabnya, serta membutuhkan obat.[2]

Vertigo | Sumber: pixabay

Mengevaluasi pasien pusing juga merupakan suatu tantangan karena cukup sulit mengukurnya secara objektif, sehingga perlu ketelitian untuk menegakkan kesimpulan. Sementara pemeriksaan penunjang hanya diperlukan jika dicurigai adanya lesi struktural di otak dan jantung (pokoknya ada masalah gitu).[2]

Tidur dan/atau melakukan Manuver Epley atau Manuver Semont atau Manuver Forster merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi vertigo. Namun, jika vertigo yang dialami membutuhkan obat, kita bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan resep obat vertigo ampuh.

Saya pribadi pernah mendapatkan saran (tapi bukan dari dokter) mengenai obat pusing tujuh keliling itu. Namanya Betahistine. Setelah saya coba cari hasil-hasil penelitian, memang terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi Betahistine dengan pengobatan vertigo.

Jika kita tak mau sembarangan coba-coba, alangkah baiknya memang berkonsultasi kepada ahlinya. Kalau sudah mendapatkan resep, barulah kita pergi membeli ke apotek kesayangan. Boleh juga mengkonsultasikan konsumsi Betahistine kepada doktermu.

Syukurlah, saya boleh dibilang sehat dari vertigo. Artikel ini dibuat atas dasar ingin mengangkat topik si obat vertigo yang disarankan itu, bukan pengalaman saya dalam mengobati vertigo. Namun, jika pembaca ada pengalaman dalam mengatasi vertigo, bolehlah dibagikan pada kolom komentar?



Catatan Kaki:

[1] Sutarni, Sri dkk. 2018. Bunga Rampai Vertigo. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

[2] Arisetijono, Eko dkk. 2015. Continouing Neorogical Education 4: Vertigo dan Nyeri. Malang: Universitas Brawijaya Press.

25 comments:

  1. pemicu vertigonya sendiri biasanya apa mba..saya blm pernah ngalamin, biasa cm sakit kepala normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bukan spesialis yg mendalami ilmu ini juga mbak, hehe. Tapi menurut literatur daring yg saya baca, ada beberapa hal yang menyebabkan vertigo: ada kristal alami tubuh yg masuk ke telinga bagian dalam, ada radang di bagian dalam saluran telinga, penyakit Meniere (kondisi di mana terjadi kerusakan telinga bagian dalam), dsb. Pada dasarnya terjadi karena ada gangguan di telinga dan otak. Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan vertigo adalah berusia di atas 50 tahun, kecelakaan, genetik, stress berat, alkohol, rokok.

      Sumber: https://www.alodokter.com/vertigo/penyebab

      Delete
  2. Saya pernah memaksakan diri naik ojol sendirian ke UGD karena sering mengalami kondisi berputar. Awalnya saat posisi duduk lalu berdiri yang terasa buram dan berputar. Lama-lama, saya duduk dan berdiri biasa pun ikut berputar juga. Nggak nyaman banget. Tapi lupa dulu diberi obat apa saja. Sewaktu di UGD sih sempat diberikan suntikan gitu. Istirahat, tiduran sebentar karena ada sensasi mengantuk.

    Semoga ke depan, nggak terjadi lagi. Nggak nyaman banget rasanya.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah sy belum pernah mengalami vertigo. Menurut yang sudah pernah, katanya sakitnya luar biasa, bisa sampai muntah2.. Naudzubillah..

    Terima kasuh sharing nya mba, bs sy referensikan pada teman yg membutuhkan

    ReplyDelete
  4. Saya sering banget pusing tiba-tiba. Ini adalah sakit yang paling sering saya rasakan sejak kecil. Misal abis tidur bangunnya langsung oleng, baring sebentar aja terus pas bangun juga langsung oleng. Nggak tau ini vertigo atau nggak tapi makasih banget infonya mba

    ReplyDelete
  5. Bapak pernah mengalami vertigo sampai harus rawat inap beberapa hari. Alhamdulillah sekarang sudah sehat dan nggak pernah kambuh lagi. Terima kasih info nama obatnya.

    ReplyDelete
  6. Jujur belum pernah vertigo dan enggak pengin Mb
    Temen2 sy yg pernah ngalamin bilang sih vertigo bener2 ganggu

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah belum pernah dan semoga gak akan pernah terserang penyakit vertigo. Makasih infonya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya belum.pernah ngalami vertigo, tp kk vertigo. Klo sedang kambuh kasian ngeliatnya, ga bisa bangun dr tempat tidur. Tapi alhamdulillah berangsur sembuh dg bantuan dokter & senam.

    ReplyDelete
  9. Menurut pengalaman teman yang mengalami vertigo, kondisi ini benar-benar tidak nyaman. Sakit kepalanya terasa sangat bahkan ada yang sempat dirawat di RS. Untuk penderita, semoga kondisi sakit ini bisa teratasi ya dan terjaga kesehatannya.

    ReplyDelete
  10. Aku punya penyakit vertigo mbak, kalau udah kumat bawaanya mau ngamuk hahahaha aku sih biasanya minum lorazepam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi referensinya kak ^^
      Semoga gak kumat lagi

      Delete
  11. Dulu bapak saya pernah vertigo, penyebabnya karena kelebihan protein ketika konsumsi belut.beliau sampai tak bisa membuka mata karena langsung mual waktu itu. Alhamdulillah kini sudah membaik.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah saya nggak pernah mengalami, semoga seterusnya bebas dari vertigo dan penyakit lainnya. Aamiin
    Dengar cerita teman saat dia terkena vertigo, aih... serem juga. Katanya berasa mutar2 gitu semuanya.

    ReplyDelete
  13. kok ujungnya serem ya, jantung. kudu wasapada ya. dulu saya pikir ini penyakit tulang belakang ternyata keseimbangan ya. makasih infonya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. "Jika", Mom...

      Hm, menurut literatur yang saya baca, ada 2 jenis vertigo: Vertigo Perifer dan Vertigo Sentral. Vertigo perifer adalah vertigo paling sering terjadi, yang disebabkan oleh adanya gangguan pada telinga bagian dalam. Sedangkan vertigo sentral adalah vertigo yang disebabkan karena adanya gangguan pada otak atau sistem saraf pusat. Yang termasuk sistem saraf pusat itu ialah otak dan sumsum tulang belakang ^^

      Delete
  14. Daku baru sampai migren. Katanya dari migren bisa ke vertigo

    ReplyDelete
  15. Saya dlu pernah beberapa kali mengalami sakit kepala berputar & hampir pingsan, terutama klo terlalu lama berdiri saat mengantri atau saat upacara bendera. Mendadak pandangan kabur & badan sempoyongan. Klo sudah begini harus cepat duduk & memejamkan mata agar pusingnya berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pusing ada banyak macamnya ya mbak? Hehe bisa jadi itu bukan vertigo

      Delete
  16. Waktu kuliah saya sering banget kena vertigo. Tapi ibat Betastine baru tahu akhir-akhir ini mba.

    ReplyDelete
  17. wah, baru tau kalau itu namanya vertigo. beberapa kali mengalami hal itu. biasanya dipakai untuk tiduran saja, karena gak tau dikirain pusing biasa.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)