Memastikan Kelistrikan Industri Berjalan Normal Menggunakan Pengecekan Load Daya

Penggunaan listrik sebagai modal utama dalam kegiatan industri sangat diperlukan guna menghidupkan mesin. Mesin-mesin tersebut berfungsi sebagai alat produksi yang kini sudah beralih ke listrik sumber energi alternatif. Langkah tersebut dimaksudkan agar lebih mudah mengontrolnya dan supaya hemat. Penggunaan listrik konvensional acap membuat beban pengeluaran bertambah seiring produksi berjalan lebih lama.

Salah satu penentu keberhasilan produksi adalah ketersediaan batter, genset, ups, dan transformer untuk mengantisipasi jika ada kendala berupa gangguan instalasi listrik. Penggunaan load bank akan memberikan keuntungan signifikan. Terlebih load bank terbaik yang digunakan pasti membuat proses industri berjalan lebih maksimal.

Pastikan kelistrikan berjalan baik dengan pengecekan load bank

Penggunaan genset sebagai penyuplai listrik alternatif acap membantu dan sudah digunakan banyak industri. Hal terebut sudah umum terjadi ketika genset diaplikasikan dalam kurun waktu yang lama. Lantas, jika penggunaan terlalu lama akan menimbulkan masalah baru terhadap genset. Sebagai langkah pencegahan, maka dibutuhkan load bank yang berguna sebagai pengecek kapasitas genset sebelum dioperasikan.

Tidak hanya berguna sebagai pengecek (tester), load bank juga berguna untuk memindahkan beban daya listrik ketika kecepatan berlebihan (overspeed) di genset. Seringkali overspeed terjadi ketika melakukan proses kerja secara maksimal, dan kehilangan daya secara signifikan. Upaya menghindari overspeed akan menyebabkan gangguan listrik dan membuat genset rusak. Kehadiran load bank adalah untuk memindahkan daya listrik yang hilang sementara waktu sampai geset bisa diatur kembali, baik manual maupun melalui sistem sejak awal.

Jika mempunyai banyak genset sebagai pembantu dalam industri, sedangkan tidak mempunyai load bank sebagai pengecek daya, maka tidak perlu khawatir. Soalnya ada Sewatama yang sudah menyediakan banyak perangkat listrik untuk industri. Perangkat listrik tersebut bisa ditentukan/ tergantung skala industri apakah besar atau kecil. 

Dalam penggunaannya, kita bisa mengecek genset yang dimiliki secara berkala tanpa perlu mencari load bank yang harganya tidaklah murah. Tidak hanya load bank, Sewatama juga mempunyai karyawan yang berkecimpung di dunia perawatan kelistrikan dan bisa diandalkan secara optimal.

Siapa yang baru tahu soal load bank? hihi

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)