Mau Wisata Kuliner Dalam Negeri? Wajib Coba Makanan Ini!

Kuliner Indonesia sangatlah beragam. Hampir di tiap daerah Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Bahkan, kuliner nusantara sudah terkenal dan di kancah internasional, hingga dinobatkan menjadi kuliner-kuliner terlezat di dunia. Hal ini karena kuliner Indonesia memiliki bumbu rempah yang beragam.

Masing-masing daerah di Indonesia, punya ciri khas tertentu pula pada kuliner daerahnya. Kita perlu tahu apa saja ciri khas kuliner daerah di nusantara. Biar nanti kalau travelling ke berbagai daerah di Indonesia, kita kan jadi tahu kuliner khas daerahnya. Gak lengkap dong ya, kalau berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas daerah itu. Lalu, apa saja makanan yang wajib kita coba pada wisata kuliner dalam negeri? Yuk, mari.

Bakso
Paduan kecap dan sambal pada bakso bakar, serta wangi asapnya, duh, jadi lapar. Sumber: media.foody.id
Makanan yang satu ini bisa teman-teman jumpai hampir di seluruh Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Tapi cobalah berkunjung ke Kota Malang. Selain hawa sejuk cocok untuk menyantap makanan berkuah hangat, di Kota Malang juga banyak varian bakso yang wajib teman-teman cicipi.

Bakso sendiri adalah bola-bola daging sapi yang disajikan bersama kuah kaldu hangat. Nah, di Kota Malang ada varian bakso yang sedang ramai dibicarakan, yaitu bakso bakar. Yap, bakso juga gak melulu berkuah. Seperti namanya, bakso dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan. Tekstur bakso yang kenyal di dalam dan kering di luar akan membuat kita betah di Kota Malang.

Gudeg
Gak lengkap ke Yogja kalau belum makan gudeg. Sumber: brilio.net
Makanan bercita rasa manis ini berasal dari Jawa bagian tengah, tepatnya Kota Yogyakarta. Gudeg terbuat dari nangka muda yang diolah dengan santan, biasanya disajikan bersama nasi panas, telur rebus, dan sambal. Kepopuleran gudeg tidak terlepas dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Sampai-sampai saat ini ada gudeg yang dikemas dalam wadah kaleng untuk oleh-oleh.

Soto
Soto, makanan yang satu ini pas untuk menghangatkan badan. Sumber: resepmasakanindonesia.me
Kuliner Khas yang satu ini tidak hanya dimiliki satu aerah saja. Banyak varian soto di beberapa daerah berbeda, seperti Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Banyumas, Soto Ambengan, dan masih banyak lagi. Perbedaan soto daerah-daerah tersebut terletak pada kuah dan isinya.

Pada dasarnya, soto merupakan makanan dengan kuah rempah bercampur kaldu yang ditaburi irisan kecil daging sapi atau ayam, ada juga isian seperti tauge, daun bawang, telor rebus, dan juga koya. Namun tiap daerah memiliki ciri khas isian-nya masing-masing.

Sate
Te Sate Sate! Mau berapa tusuk? Sumber: indoindians.com
Menurut survey CNN, sate berada di tingkat 14 makanan terlezat di dunia. Sate adalah makanan dari daging yang diiris kecil lalu ditusuk kemudian dibakar. Konon, sate pertama kali dijual oleh pedagang kaki lima di Jawa pada abad ke 19. Dari Jawa sate menyebar hingga ke Malaysia, Singapura, dan Thailand. Pada masa penjajahan, orang Belanda membawa makanan berbumbu kacang ini ke negeri asal mereka. Kemudian, sate ini memiliki berbagai macam jenis, mulai dari macam dagingnya: ada sate daging sapi, domba, kelinci, ikan, lokan, sampai telur puyuh. Serta macam kuahnya: ada kuah kacang, ada kuah kuning. Kamu suka sate apa?

Rendang
Rendang, si cokelat yang penuh cita rasa. Sumber: amazingraze.co
Rendang yang merupakan kuliner khas ranah Minang ini terkenal bahkan diakui sebagai makanan terlezat di dunia versi CNN. Makanan yang memiliki cita rasa pedas ini berbahan dasar daging yang dimasak dengan santan hampir sekitar 6 jam. Berbumbu aneka rempah-rempah seperti jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih, serai. Kuliner yang satu ini bisa disimpan dalam kurun waktu cukup lama, hingga satu bulan.

Bagaimana? Pasti semakin menambah hasrat kalian ingin mencoba, bukan? Sekarang sudah banyak pedagang-pedagang yang membuka cabang atau menjual kuliner-kuliner ini di daerah rantau. Meskipun kuliner tersebut bisa kita jumpai di tempat kita tinggal, namun pasti beda rasanya saat kita menyantap kuliner itu di tempat asalnya. Ingin merasakan pengalaman tersebut?

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah hijrah dari satu daerah ke daerah lain. Hijrahnya hijrah sebentar aja, melancong gitu. Hehe. Gimana caranya? Tak perlu bingung dan khawatir! Kini Citilink telah membuka rute hampir ke setiap kota-kota besar seluruh Indonesia. Bersama pesawat Citilink, hasrat lidah kita akan segera terpuaskan. Buruan cari tiket pesawat Citilink di www.traveloka.com/citilink. Dengan tiket pesawat Citilink, kamu (dan/atau aku) bisa berkeliling ke daerah-daerah di Indonesia dan siap memanjakan lidah.

Apakah teman-teman punya rekomendasi daerah beserta kuliner yang lain?

8 comments:

  1. Rendang memang paling pol abis,,,bangga bisa jadi no.1 di dunia.

    ReplyDelete
  2. aku suka semua makanan itu.. hmm,, jadi laper.. :D

    ReplyDelete
  3. Baper jadi laper baca tulisan ini pagi-pagi. Piring, mana piring....

    ReplyDelete
  4. Aku paling suka gudeg kyknya kalau setiap hari harus makan gudeg ngak masalah hahahah

    ReplyDelete
  5. Mendatangi..duh seminggu makan rendang ga bosan-bosan Makkk

    ReplyDelete
  6. Rendang...seminggu makan rendang, ga pernah bosan mbak risa

    ReplyDelete
  7. ini mah enak semua 😄 kalo disuruh milih makanan luar atau makanan yg ada diatas itu, jelas milih bakso, sate, dkk 😂

    ReplyDelete