Fenomena Instagramable

Instagram merupakan media sosial yang melekat dengan kaum millenial. Media sosial yang berbasis gambar itu bahkan tidak hanya digunakan untuk membagikan foto/ gambar saja. Ada pula yang memanfaatkan instagram sebagai media berbagi tulisan. Instagram juga digunakan untuk mengunggah video, apalagi sekarang ada fitur IGTV. Fitur-fitur instagram semakin berkembang.

Namun, fungsi dasar instagram untuk berbagi foto masih kerap dimanfaatkan oleh banyak orang. Tidak sedikit pengguna instagram yang memberikan effort untuk menciptakan foto yang menarik, dengan memilih sudut pengambilan, mengatur pencahayaan, juga ditambah sedikit penyuntingan gambar melalui aplikasi eksternal meskipun instagram sendiri telah memiliki fitur filter dan penyuntingan sederhana. Di sisi lain, sekarang tampaknya sudah menjamur tempat-tempat yang katanya "instagramable".

www.instagram.com/taruihbaraja

Postingan ini dibuat karena tergelitiknya pemikiran saya dari sebuah komentar pada postingan sebelumnya yang berjudul Hal-hal yang Dapat Dilakukan di Perpus Kampus.

Pada postingan itu, saya menyisipkan kata instagramable: "... Atau, kalau mau sekadar berpose di depan tulisan yang katanya "instagramable", juga tidak ada yang melarang sepertinya."

Pada sebuah komentar, saya juga mendapati kata instagramable. Mbak Hastin menanggapi postingan saya, "Kalau dulu perpustakaan masih resmi banget. Sekarang bagus, instagramable..." 

Saya menjadi berpikir dan bertanya, "instagramable?". Padahal sebelumnya saya pun membuat kalimat dengan kata instagramable. Meskipun yang saya bilang sebelumnya adalah "tulisan instagramable" yaitu berupa dekorasi, bukan "latar belakang atau tampilan keseluruhan yang instagramable" (Apa bahasa saya dapat dipahami yah?)

Saya tidak menyalahkan komentar beliau, sama sekali tidak. Namun saya termotivasi. Saya termotivasi untuk membuat sebuah postingan. Terima kasih Mbak Hastin sudah memberikan inspirasi secara tidak langsung.

dari Hal-hal yang Dapat dilakukan di Perpus Kampus

Saya belum dapat memastikan, apakah tempat instagramable itu dibuat berhubungan dengan eksisnya instagram, atau karena memang murni ingin merubah tampilan sebuah tempat dengan mengesampingkan/ tidak memperhatikan media sosial bernama instagram ini.

Kita ambil contoh kasus.

Pertama, keberadaan kafe-kafe dengan desain interior yang ciamik, apakah dibuat/ didesain demi para pengunjung yang suka main instagram agar senang datang ke sana, lalu para pengunjung bisa berfoto ria di tempat yang katanya #instagramable?

Atau, kedua, keberadaan tempat wisata alam yang disulap menjadi warna-warni bahkan sampai hilang rasa "alami"nya, apakah dengan maksud agar para turis mengunggah foto di tempat ini ke instagramnya dengan/ tanpa tagar #instagramable?

Saya sempat mengobrol tentang hal ini dengan seorang teman. Teman saya itu punya banyak teman wisatawan lokal hingga mancanegara. Dia juga biasa menjadi pemandu wisata (tour guide). Nah, teman saya itu pernah dibilangin sama teman turisnya soal pembangunan di tempat wisata alam. Teman turis itu berkata bahwa ia ingin wisata ke alam dengan melihat alam, merasakan alamiahnya sentuhan alam (wow, bahasa apa ini), bukan ke tempat warna-warni.

Pendapat turis tersebut bolehjadi dimasukkan ke dalam kotak pendapat subjektif. Saya pun belum mengetahui apakah ada survei pendapat dari suatu lembaga/ penelitian, lebih suka mana: keasrian alam atau dekorasi warna-warni? Saya pastinya pun belum tahu apakah pendapat si turis itu mewakili sebahagian besar pendapat wisatawan lainnya.

Oke. Mungkin, untuk desain interior sebuah bangunan, wajar saja kalau diotak-atik sedemikian rupa ya? Tapi kalau untuk alam, barangkali juga harus diperhatikan bagaimana dampaknya terhadap keasrian lingkungan. Bukankah memandang warna alam lebih menyejukkan mata (dan jiwa)?

Sebetulnya bukan langsung berarti instagramable itu sama dengan warna-warni sih. Kafe-kafe dengan interior  klasik, namun ditata ciamik, bisa dimasukkan ke dalam kategori instagramable kan ya? Perpustakaan yang kuno, namun dengan rak dan buku ditata rapi, bisa menjadi tempat mengambil foto instagramable. Wisata alam dengan beragam bunga bermekaran juga bisa jadi instagramable. Menurut saya begitu. Atau bukan? Nah loh, saya jadi semakin bingung. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan instagramable? Apakah tempatnya? Apakah hasil fotonya?

Mungkin, ada salah kaprah pemaknaan kata instagramable ini.

Mungkin pula, saya juga perlu pelurusan dari komentar-komentar yang datang dalam hidup ini (contohnya komentar pada blog :D).

Jadi, menurutmu, bagaimana sih konsep instagramable ini? Saya juga ingin survei kecil-kecilan. Menurut pembacaku yang budiman ini, lebih suka mana, wisata alam yang dibiarkan asri alami, atau yang bercampur tangan dengan dekorasi-dekorasi?

36 comments:

  1. Alami tapi aksesnya sudah dipermudah, agar nyaman. Kalau alami kaya naik gunung beneran lumayan juga kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm sebuah sudut pandang yang menarik. Terima kasih kak Satto!

      Delete
  2. Anak #jamannow punya banyak perbendaharaan kata baru yang unik dan mungkin susah dimengerti tapi mudah diikuti hihihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Roosvansia adalah anak #jamanold yang berjiwa #jamannow gak? hihihihih

      Delete
  3. Yang bagus aja sih buat jadi objek foto ato buat dijadiin background foto. Soalnya ada beberapa spot bagus kalo difoto malah jelek enaknya dinikmati aja. Mungkin itu definisi instagramable versi aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti setuju sama pernyataan di paragraf:

      Sebetulnya bukan langsung berarti instagramable itu sama dengan warna-warni sih. Kafe-kafe dengan interior klasik, namun ditata ciamik, bisa dimasukkan ke dalam kategori instagramable kan ya? Perpustakaan yang kuno, namun dengan rak dan buku ditata rapi, bisa menjadi tempat mengambil foto instagramable. Wisata alam dengan beragam bunga bermekaran juga bisa jadi instagramable. Menurut saya begitu.

      ya Mbak? :)

      Siaapp

      Delete
  4. kalau aku suka sekali dengan tempat wisata dengan sentuhan artistik, tapi gak harus di cat warna-warni, silau hihihi lebih kepada tatanannya sih, yang penting rapi dan bersih, bisa menempatkan sesuatu pada tempatnya sehingga lebih indah dilihat meskipun gak diapa2in, simpelnya cuma dipindah tempatnya. misalnya perpustakaan, dengan barisan rak dan bukuya aja sudah cantik sih mnurutku selama ditata denga rapi dan bersih. cmiiw.

    ReplyDelete
  5. Dari beberapa kalimat yang menyematkan kata instagramable yang pernah saya baca sih, sepertinya instagramable ini mempunyai makna seauatu tempat atau apalah yang memiliki sisi seni, yang menarik dan unik untuk berfoto.Begitu gak sih? *balik nanya 🤭

    Kalau wisata alam, saya cenderung lebih suka yang alami, karena tempat tempat alami kan semakin langka, jadi ya kalau main ke wisata alam ya yang mau dinikmati adalah keindahan alam dan suasana alaminya sih... *entahlah 😁

    ReplyDelete
  6. Berfoto dengan latar belakang yg unik, jarang ditemui di tempat lain. Lokasi ini biasanya menjadi incaran pengunjung tuk berfoto ria.

    ReplyDelete
  7. Kalo wisata alam, saya lbh suka sentuhan alami ketimbang ditambah tulisan warna warni

    ReplyDelete
  8. Sya lbh suka yg alami yg pnting terlihat terawat dan asri mbak

    ReplyDelete
  9. Alami sih.. Tapi wisata skg, wlo wisata alami, pasti ada spot buat poto yg disetting warna warni n disebutkan itu instagramable spot haaa

    ReplyDelete
  10. Instagram able bagi beberapa orang memang mempunyai arti yang berbeda2 kalo menurutku tempat yang indah itu Uda masuk instagramable hehehehehe

    ReplyDelete
  11. Ya ampun pas banget aku lagi BW di postingan ini kwkwkw...
    Dulu ada balasannya ya, di blogku ga ada notifnya *hiksss

    Entahlah apa arti instagramable sebenarnya dek, aku hanya mengambil kesimpulan dari begitu banyaknya tempat wisata di Yogya, termasuk perpustakaan, yg dibuat sedemikian rupa agar menarik dijadikan background berfoto ria.
    Bahkan jalan Malioboro pun sekarang sudah berbenah diri menjadi objek foto yg lebih menarik & instagramable :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk Mbak Hastiiin, selamat datang kembali {}
      Hmm, mungkin lupa mencentang notifikasi?

      Iya sih Mbak, ada beragam arti. Toh KBBI kalau mengartikan juga ada beragam arti dari satu kata ga sih?
      Wah, jadi semakin ingin ke Jogja dong :D

      Delete
  12. Istilah ini sering lagi tren ya Mbak dan jadi incaran kaum milenial hehe😊.

    Btw... Pada dasarnya saya menyukai yg alami. Namun, lokasi dengan dekor menarik juga sayang untuk dilewatkan😊😊

    ReplyDelete
  13. Menurutku sih yg bisa dipamerin di instagram dan bikin orang tertarik buat lihat :D

    ReplyDelete
  14. Instagramable mnurutku telatif sih. Bisa jd sebuah tempat yg menarik dgn warna genjreng menarik perhatian orang dan mereka suka buat background narsis. Tapi ada juga yg merasa sebaliknya, kurang nyaman dgn warna warninya. Semua lebih dari penilaian pribadi sih mrnurutku.

    ReplyDelete
  15. Klo saya sih singkat aja, konsep instagramable itu tempat yg keren, unik, dan cantik untuk bisa dijadikan spot foto yg hasilnya nanti bisa diupload ke IG dan akan mendatangkan banyak likes.
    Perpustakaan sekarang emang sudah banyak yg berbenah. Makanya, bisa jadi salah satu spot kece utk hunting foto yg instagramable adalah Perpustakaan itu sendiri, heheh :)
    *CMIIW

    ReplyDelete
  16. Instagramable bagi ku adalah sebuah pemandangan yang tidak hanya layak untuk dipandang namun ada pesan yang tersirat didalamnya, yang pesan itu bisa saja kita tambahkan menjadi caption dibawahnya. Ini menurut aku siy mbak hehehe. karena kadang aku upload foto bagi orang lain mungkin biasa dan gak indah,tapi dari gambar itu aku mendapatkan suatu pesan yang bisa aku tulis di caption.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instagramable = fotoable + captionable ya Mbak? hihi
      Waduu, jadi beristilah lagi :D

      Delete
  17. Saya lebih suka dengan yang alami mb. Tetapi hal seperti ini kita juga harus tau. Makasih ya mb udah beri sudut pandang yang berbeda.

    ReplyDelete
  18. Saya juga lebih suka yang alami dibandingkan tempat wisata yang semua sudutnya dibuat menjadi spot foto yang kadang kurang menyatu dan terkesan dipaksakan. Tapi tidak bisa dipungkiri di masa sekarang dimana hobi berfoto dan bersosmed mendarah daging tampilan tempat wisata spt itu memang memudahkan promosi secara digital sehingga banyak yang berbondong2 datang...

    ReplyDelete
  19. Mengambil gambar dengan latar alam terbuka selalu menjadi pilihan saya mba, apalagi kalau motoin produk, enggak jauh dari outdoor hehe

    ReplyDelete
  20. Instagram memang semacam galeri foto. Jadi enak dipandang kalau fotonya bagus. Gak harus yang serba kekinian. Tetapi, yang enak dipandang juga selera, sih

    ReplyDelete
  21. Instagrameble kayaknya wajib bagi manusia sekarang buat panjat sosial

    ReplyDelete
  22. Kalau di instalasi yang dibuat khusus atau kafe atau restoran, aku sepakat boleh-boleh aja instagramable sesuai tema.

    Tapi untuk pemandangan alam, aku menolak untuk dibuat serupa sih. Alam sudah cantik apa adanya, ndak perlu ditambah-tambahi props yang ndak perlu. Tapi itu pendapat pribadi yaa..

    ReplyDelete
  23. Jujur saya suka yang alami, istilah jadi instragramable adalah ketika ditambah sentuhan alami atau justru benar2 spot ini dibuat. Aku nggak masalah buat yang kekinian, asal cocok aja penerapannya

    ReplyDelete
  24. Skrg byk kata di kasih 'able'buat lucu-lucuan , spt Peluk-able, bully-able, nyinyir-able hehehe

    ReplyDelete
  25. instagrammable itu enak dan unik untuk dipandang.

    ReplyDelete
  26. Instagramable boleh aja tapi kadang suka too much buatku, kan instagramble bukan berarti harus heboh gimana ya. Karena yang minimalis juga bisa jadi instagramble.

    ReplyDelete
  27. instagramable = bisa dimasukin ke instagram dan ciamik gitu.. menurut aku sih baik desain aatau apalah itu tergantung ke yg ambil gambarnya jg,sudut pandang terhadap sesuatu biasanya beda beda sih

    ReplyDelete
  28. Instagramable maksudnya adalah interior, suasana, dan cahaya berpadu menjadi satu yang jika di ambil dari sudut pandang kamera jadi lebih menriak dc

    ReplyDelete
  29. dan saya korban kata instagramble. Jadi tiap post foto harus yang bagus2. entah tempatnya bagus, momennya bagus, sampai editannya bagus. Jadi gtw deh maksudnya instagramble apa. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)