Mengganti Google+ ke Blogger Profile

Berhubung Google+ sudah mau tutup, jadi para narablog terutama yang mengintegrasikan akun G+ dengan blognya perlahan mengubah hal itu. Mereka berpindah kembali ke akun Blogger, lebih-lebih bagi yang suka memberi komentar (mengisi kolom komentar). Saya pun begitu, beralih akun juga.

Emangnya dulu kenapa pakai akun Google+ untuk blog?

Terus terang saya pun lupa apa yang menjadi alasan saya untuk menggunakan akun G+ di blog. ckckck. Mungkin waktu itu saya mikirnya di G+ kan ada linimasanya, tempat membagikan banyak konten kayak di twitter. Jadi biar yang lain lihat konten yang saya bagikan di G+ (yang bukan sekadar share link blog).

Tapi yak gak penting lagi alasan di balik itu. Kini bahkan widget G+ sudah hilang dari blog. Yaudah, sekalian aja saya atur sekarang untuk menggunakan kembali akun Blogger di kolom komentar. 

Gimana caranya beralih akun ke Blogger, NAD?

Caranya gampang kok.

Masuk ke dashboard Blogger, kemudian klik Settings, dan klik User settings.

Lalu pada General: User Profile, isi bulatan di Blogger.

Biar lebih jelas, lihat gambar di bawah:

Gambar 1. Dashboard Blogger

Jangan lupa simpan perubahan yang kita buat dengan klik Save Settings.

Tapi, aku punya blog rahasia, gimana dong?

Tenang. Bisa diatur. Walaupun akun Blogger nantinya akan menampilkan daftar blog yang kita miliki dengan akun itu, ternyata kita bisa memilih untuk menampilkan blog mana saja yang ingin kita tampilkan, dan juga bisa memilih blog mana saja yang ingin kita sembunyikan.

Bagaimana caranya?

Nah, di bawah tulisan Blogger (lihat Gambar 1) ada tulisan Edit berwarna biru. Klik Edit, lalu muncullah tampilan sebagai berikut:

Gambar 2. Sebagian laman Edit Blogger Profile

Bisa dilihat di laman Privacy di atas. 

Pertama, sebetulnya kita bisa memilih untuk membagikan profile atau tidak. Kalau kotak pada tulisan Share my profile tidak dicentang, maka jika link ke akun Blogger kita diklik (misalnya ditemukan link-nya di kolom komentar), maka akan muncul tulisan:

Profile Not Available

The Blogger Profile you requestes cannot be displayed. Many Blogger users have not yet elected to publicy their profile.

If you're a Blogger user, we encourage you to enable access to your profile

Gambar 3. Profile Not Available

Tapi, seperti yang disarankan, jika kita seorang pengguna Blogger yang aktif di blog, atau setidaknya memiliki blog untuk ingin dilihat orang banyak, sebaiknya kita tampilkan saja akun Blogger kita dengan mencentang Share my profile.

Kedua, jika mau sedikit tertutup, kita bisa tidak membagikan seluruh informasi, termasuk tidak membagikan seluruh alamat blog yang kita punya. Yaitu dengan mengaturnya di Show my blogs, klik Select blogs to display. Lalu centang-centang deh blog yang ingin ditampilkan.

Jangan lupa klik Save Profile untuk menyimpan perubahan.

Semuanya pilihan, dan semua ada perspektifnya.

Kalau kita membagikan banyak informasi (pada akun Blogger), ada kemungkinan kita lebih mudah menarik pembaca terutama yang memiliki kesamaan dengan kita, kesamaan ketertarikan misalnya.

Namun, jika tidak ingin menampilkan banyak informasi, juga tidak apa-apa. Toh bukan hal yang diharuskan pula.

Terserah juga, jika nantinya ingin punya banyak followers di Blogger atau tidak. Bagi saya yang belum mengikuti seseorang pun di akun Blogger, dan juga belum mempunyai seorang pengikut, itu bukan masalah. Saya masih bisa berkunjung ke blog orang lain juga sebaliknya, orang lain ke blog saya. Saya juga belum menemukan kepentingan untuk saling follow di Blogger (ketika sebetulnya ada banyak ragam platform untuk ngeblog selain Blogger). Barangkali karena saya baru aktif di Blogger sejak 2013 jadinya saya tidak tahu banyak soal fungsi follow-follow-an ini.

Semoga bermanfaat.

Bagi teman-teman pengguna Blogger yang suka mengikuti dan -tentunya- suka diikuti di Blogger, boleh dong berbagi, apa sih keuntungan yang dirasakan? ^^

35 comments:

  1. Ini fixed bermanfaat banget! Karena kemarin kan desas-desusnya Google+ mau dihilangkan yaa. Jadi aku juga lagi cari tau info ini. Pas banget mampir ke blognya. Hehehe.

    ReplyDelete
  2. Penting banget niy aku baru tau caranya ternyata mudah ya. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  3. Alhamdullilah mpo sudah ganti ke blogger . inilah yang akan membantu kita siap menghadapi kepulangan gplus

    ReplyDelete
  4. berita tentang Google+ ini sempat menghebohkan dunia blogger, apalagi yang kolom komennya ngelink ke sana ya. mulai deh bebenah ganti settingan

    ReplyDelete
  5. Baru tau nih caranya. Trimakasih atas sharing nya

    ReplyDelete
  6. yap memang mau ditutup nih. jadi siap-siap aja. tapi mau gmana ya ini komen biasanya gw login pake google account itu sama aja kan dengan google plus or beda ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Unggul ngomen pake Google plus nih. He he.

      Delete
  7. Nah ini nih yg didesas-desuskan di kalangan blogger. Pas banget. Makasih sharingnya. Sangat bermanfaat. Salam, muthihauradotcom.

    ReplyDelete
  8. This is artikle which i search thakn you for sharing teh

    ReplyDelete
  9. Aku buru buru ngecek eh ternyata alhamdulillah nggak perlu ngerubah. Terima kasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
  10. Iya biasanya habis nulis terus publish dan aku share di g plus ya, sekarang udah nggak ada lagi deh. Makasih kak infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang manual share nya Mbak, hihi. Itupun menjelang April kan yak? April say goodbye to G+ :"

      Delete
  11. kalo aku mah gaptek pisan. Punya blog cuma bisi ngisi doang, teknisnya gimana cara utakatik tampilan dan ini itu masih dibantu orang lain. Terus G+ juga ga tau buat apaan. Terus G+ ilang juga gak ngarti ngaruhnya gimana ke blog sayah hehehe but thanks anywau buat artikelnya. Bermanfaat. Saya coba baca ulang dengan lebih seksama. Abisnha gak mudeng-mudeng LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga masih butuh bantuan dan nanya sana sini kalau soal teknis Mas. Wah syukurlah kalo gak termasuk kaum yg pusing sama keberadaan G+. Tapi gak mudheng ama tulisan ini sampai perlu dibaca ulang? Waaa apa saya yg mesti nulis ulang biar bahasanya lebih dipahami ya? :" Makasi komentarnya Mas Idfi, hehe.

      Delete
  12. Kemarin ini ada teman blogger juga mengingatkan tentang ini, saya pun nggak paham juga kenapa pake tampilan G+ sejak awal, padahal tiap komen juga lebih suka input link url sendiri hahaha. Thank youu remindernya, langsung ganti (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sekarang gak perlu input link lagi kalau komentar di Blogger ya Ci? My pleasure ^^

      Delete
  13. siap-siap biar gak bingung pas Google Plus dihapus dari peredaran

    ReplyDelete
  14. Informatif banget nih, saya blm setting kaya gini.

    ReplyDelete
  15. Aku sepertinya sudah setting, apalagi sekarang Google+ mau dihapuskan.

    ReplyDelete
  16. Akuoun juga ganti profil dan kalau BW pake URL. Yuk, follow-followan blog.

    ReplyDelete
  17. hnahhh info penting banget nih buat yg biasa komen pake akun gugel ples.. thanks infonya yaa..

    ReplyDelete
  18. Dan Google+ sudah akan meninggalkan kita ya.
    Aku juga autoshare ke G+ untuk blogpost

    ReplyDelete
  19. Ini yang lagi rame ya.. bermanfaat banget ini bagi teman-teman yang masih menggunakan g+ untuk segera hijrah.. semoga hijrahnya ke arah yang lebih baik ya..

    ReplyDelete
  20. Wah Bermanfaat banget. Bagi-bagi aahhh sama yg lain

    ReplyDelete
  21. terimakasih kak..

    kubaca sambil praktik langsung..

    it works...!

    love it

    ReplyDelete
  22. Mungkin dulu pakai G+ karena disarankan oleh blogspotnya, ku waktu masih pakai BS juga dapat info itu, cuma ga jadi ganti hehehe.

    ReplyDelete
  23. Aku sudah rubah juga ke profile blog. Yeay....makasih ulasannya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walau komen pakai name + url, aku ucapin selamattt yeayyy!

      Delete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)