Jalan-jalan ke Hainan

Ada banyak seruan untuk menjelajah bumi. Bukan pula harus diseru terlebih dahulu agar saya mau melangkahkan kaki. Di dunia yang luas ini (tergantung memandang dari sudut mana, dan saya memandang sebagai manusia si makhluk kecil dibandingkan semesta), saya memang menginginkan tidak berada di tempat yang itu-itu saja dalam usia hidup ini.

Apalagi di zaman sekarang, transportasi sudah bukan hal yang jarang. Tak harus lagi berlayar berhari-hari hingga bulan demi menuju belahan bumi lain. Dalam hitungan jam saja, kaki ini sudah bisa menginjak tanah seberang. Sudah lebih mudah di waktu sekarang.

Memposisikan diri sebagai penduduk bumi, membuat saya semakin menginginkan menyentuh belahan lain planet ini. Menyentuh tanah dan masyarakat, menyentuh budaya dan bahasa, dan pastinya jalan-jalan bisa lebih bermakna.

Berbicara soal budaya, Cina adalah negeri yang sudah memulai peradaban dari jauh-jauh masa silam. Negara di Asia Timur dengan luas wiayah 9,69 juta kilo meter persegi itu merupakan negara keempat terbesar di dunia. Jumlah penduduknya terbanyak di dunia.

Ada sebuah wilayah yang terlintas di dalam benak akhir-akhir ini: Hainan.


Ada yang bilang Hainan itu Hawaii-nya China. Hainan adalah sebuah provinsi yang berada di sebuah pulau 30 ribu (lebih) km persegi, jadi lumayan luas juga, lebih luas daripada Singapura, lebih luas daripada Bali. Ibukotanya ada di Haikou, tapi Sanya juga terkenal.

Tanpa transit dari Jakarta dan bebas visa
Sejak 1 Mei 2018, ada bebas visa turis (selama 30 hari) ke Hainan. Bebas visa itu berlaku untuk 59 negara termasuk Indonesia.

Katakan iya pada sosial media
Ke Hainan, pengunjung diperbolehkan mengakses media sosial mainstream kita (bukan medsos penduduk Cina sana). Setidaknya di dua kota besar di Hainan, yaitu Haikou dan Sanya, pengunjung boleh menggunakan facebook, twitter, dan youtube.

Cuaca bersahabat
Saat musim dingin, suhu di Hainan berada sekitar 19-25 derajat Celcius. Sementara saat musim panas suhunya 24-35 derajat Celcius. Bisa dibilang tidak ekstrem, dan mendekati suhu di Indonesia.

Destinasi wisata
Alasan lainnya yang mengundang untuk mengunjungi Hainan... apalagi selain destinasi wisatanya?



Sanya Nanshan Cultural Tourism Park
Ada patung tertinggi di dunia (108 meter), patung dewi Kwan Im, yang terbuat dari emas, batu giok, dan berlian. Patung itu memiliki tiga wajah yang bisa dilihat dari sudut yang berbeda, masing-masing berarti kebijaksanaan, kebaikan, dan kekuatan. Selain patung tersebut, juga ada banyak tempat wisata lainnya di Sanya Nanshan Cultural Tourism Zone yang penuh nilai-nilai filosofis, terutama bersangkutan dengan Buddha.


Movie Town Haikou
Movie Town adalah studio pembuatan film di Cina. Di gerbang masuk, ada namanya Avenue of Stars, di sini ada jejak tangan dan tanda tangan tokoh-tokoh selebriti juga atlet Cina seperti Jackie Chan, Andi Lau, Yao Ming dll. Ada 1942 Street, yang menggambarkan bangunan Era Republik di Chongqing yang ditampilkan dalam film Feng “Back To 1942”. Ada Nanyang Street dengan bangunan khas Asia Selatan. Di sini juga ada pertunjukan jalanan. Kemudian Traditional Beijing Street dengan bangunan meniru gaya arsitektur dari tahun 1950 sampai 1960an, setelah Republik Rakyat Cina didirikan. Church and Square dengan arsitektur bergaya Eropa. Masih banyak lagi setting film di sini.


Ye Tian Minority Nationality Park
Di Ye Tian Gu Zhai, kita bisa mengenal suku asli Hainan: Suku Li dan Miao. Melihatnya di berbagai referensi, sekilas mengingatkan saya pada suku Batak di Samosir, juga dengan suku Dayak di Kalimantan. Bukan bermaksud apa-apa loh, cuma membawa ingatan, tapi mereka beda juga. Di sini masih terasa suasana tradisional, mulai dari penyambutan dan kehidupan. Seru nih. 

Luihuitou Park
Di sebuah bukit di Luihuitou, Sanya, ada sebatang pohon yang penuh pita merah untuk memanjatkan doa perihal asmara. Ada juga sebuah monumen yang memiliki kisah percintaan yang melegenda, yaitu kisah seorang pemuda yang berburu di hutan. Tanpa diduga, ia melihat seekor rusa bertanduk emas. Anak panahnya meleset dan sang rusa berlari. Pemuda itu pun mengejar rusa tersebut hingga sang rusa berada di ujung tebing yang buntu. Ketika pemuda itu hendak memanahnya, rusa itu menengok ke belakang dan berubah menjadi seorang wanita yang sangat cantik. Mereka jatuh cinta dan akhirnya menikah. Kisah itu diabadikan menjadi patung (deer looking back sculpture). Ikon wisata ini dianggap sebagai tempat yang romantis di Hainan. Dari bukit ini juga bisa melihat Phoenix Island dengan bangunan tingginya seperti ikon Dubai.

Desa Bali
Di Hainan ada sebuah wilayah berlokasi di Xinglong yang dibikin mirip dengan Bali, Indonesia. Desa ini dibuat oleh warga lokal Hainan semenjak akhir 2016 lalu. Ternyata di antara penduduknya juga merupakan imigran asal Indonesia. Ada banyak patung, gapura, mural, yang membuat kentalnya suasana Bali. Hm, membuat penasaran. Di sini juga ada toko oleh-oleh dengan hampir semua produk yang dijual merupakan olahan kelapa, seperti permen kelapa, kopi kelapa, dll karena hasil perkebunan di desa ini adalah kelapa.

Ada banyak lagi destinasi yang bisa dituju di Hainan jika ingin kenal lebih dekat dengan... Hainan, seperti fish farm di Chengmai, persawahan di teluk Hailong (Hailong Bay), dan sebagainya.

Saya membuat artikel ini setelah menonton video jalan-jalan ke Hainan di youtube. Jadilah semakin ingin liburan ke Hainan. Kudu nabung dulu nih, meskipun Yuan dan Rupiah tidak berselisih jauh. Mudah-mudahan saya (dan kita) bisa mengikuti Hainan Tour suatu saat nanti.

Saya udah pernah nyari-nyari informasi soal Paket Tour China, utamanya Paket Tour ke Hainan, dan menemukan HIS Travel. Boleh juga nih. Di antara pembaca ada yang sudah tahu HIS atau bahkan sudah jalan-jalan bersama HIS? Boleh dong, berbagi pengalamannya.

Semoga suatu hari.

Adakah di antara pembaca yang blogger yang pernah bikin jalan-jalan Hainan di blognya? Lemme know in the comment section below uyeah ;)


Credit foto:
www.instagram.com/visit_hainan
www.instagram.com/damir_ladyfurshet_ufa
www.instagram.com/keturahcyf
www.instagram.com/rizallearnstobarista

25 comments:

  1. ayo atuh ke Hainan saya pun belum pernah, hehehe. masyaallah seru ya mba kalau nanti ke sampaian menang dan bisa ke Hainan benaran, ditunggu nanti tulisannya ttg Hainan yaa. daku penasaran hihi.

    ReplyDelete
  2. Bebas visa? Serius? Asyik! Masuk list nih buat jalan2 ke Hainan. Wilayahnya luas juga yaaa. Sebulan kayaknya gak akan puas menjelajahinya. Mau lebih lama lagiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zeriuz Mba =D
      Banyak duit makin asyique wkwk
      Ya ga sih?

      Delete
  3. Pengen mba bisa menjelajah Hainan, dan kayaknya seru banget ya mba perjalanannya. Btw, agak ekstrim juga ya buat urusan medsos di beberapa wilayah disana, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaque ehe.
      Yaa Cina gitu loh (eh?)

      Delete
  4. Jadi, inget nasi Hainan heu semoga impian ke Hainan terwujud ya, Mbak 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru tahu nasi Hainan.
      Cari tau ah ~^_^~

      Delete
  5. wah bebas visa yah, baru tau nih,, keren kereeen

    ReplyDelete
  6. Saya juga belum pernah nih ke sini. Jadi pingin juga

    ReplyDelete
  7. Wisata ke China akhir-akhir ini memang lagi digiatkan. Sukses dengan lombanya ya, mba..

    ReplyDelete
  8. Wah, bebas visa, lumayan tuh. Jadi penasaran, negara mana saja yang bebas visa, kayaknya mesti googling deh. Terima kasih informasinya mbak.

    ReplyDelete
  9. Keren mba. Jadi nambah ilmu ini soal spot wisata yang akan dikunjungi. Mkasih mba sharingnya.

    ReplyDelete
  10. Hainan keren ya mba, ada desa Balinya juga lagi. Wajib masukin list nih.

    ReplyDelete
  11. Barengan yuuk mbak. Hehehe... Seperti seru nih..jalan bareng estrilook community🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah seru nih kalau EC disponsori HIS Travel. Ups. hehehe

      Delete
  12. Tadinya saya kira Hainan ini sama dengan Hawai (namanya diawali dua huruf awal yang mirip sih, hehe) ternyata di Cina toh jadi pengen juga deh ke sana. Apalagi bisa bebas Visa gitu.

    ReplyDelete
  13. sepertinya asyik niy untuk dikunjungi..ikutan nabung dulu aja ah, biar bisa berkunjung ke hainan bareng-bareng

    ReplyDelete
  14. Wahhh kapan ya bisa jalan2 ke Hainan. Moga2 ada rejeki bisa main kesana. Aamiin...

    ReplyDelete
  15. Eh iya, saya ingat, sering dengar menu Nasi Hainan. Mungkin asalnya dari Hainan Cina ini ya?
    Selama ini selalu ingat tembok cina klo membahas tentang negara satu ini, belum terpikir sama sekali tentang Hainan.

    ReplyDelete
  16. Hainan emang sedang gencar2nya promo nih, tempatnya lumayan bagus, bebas visa dan gak mahal banget

    ReplyDelete
  17. Wah, hainan sy br denger ba..
    Sy blm permnh keluar negeri kecuali untuk umroh.

    ReplyDelete
  18. Wah, hainan sy br denger ba..
    Sy blm permnh keluar negeri kecuali untuk umroh.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)