Tips Perdapuran

Suatu hari, saya menerima pesan siaran di WhatsApp. Judulnya tak tanggung-tanggung: "Wanita Wajib Tahu!! tanda serunya harus dua biar heboh Seputar Dunia Perdapuran"

---Berikut tips-tips seputar dunia dapur---

1. Agar telur rebus tidak susah dikupas, jangan lupa celupkan ke dalam air es saat telur tersebut baru matang/ masih panas.

Ini sudah pernah saya coba dan berhasil! Air rebusan dibuang semua, lalu masukkan es batu. Es batu akan mudah mencair, dan cangkang telur akan lebih mudah dikupas.

2. Agar cabe tidak meletup-letup ketika digoreng, jangan lupa tusuk atau lukai sedikit cabe tersebut dengan pisau sebelum digoreng.

Belum dicoba. Kapan-kapan kalau mau bikin sambalado kali yah.

3. Saat mencuci kangkung, arnong, selada air, genjer, atau tanaman air lainnya, jangan lupa di bilasan pertama bubuhkan sesendok garam lalu diamkan sejenak agar binatang-binatang kecil yang mungkin hidup di batang dan daunnya mati. Biasanya yang hobi nongkrong di situ adalah lintah, keong, ulat, dan cacing air (Brokoli dan kembang kol juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa gunakan cara ini.

Siap! cara ini biasa saya gunakan ketika mau memasak brokoli dan kembang kol. Kalau mau makan selada juga. Kalau kangkung, pertama, saya tidak memakan kangkung air, tetapi saya lebih memilih kangkung yang tumbuh di tanah (ada uratnya), kedua, dalam mengolah kangkung, saya biasanya memotong daun dan batang terlebih dahulu sambil menyeleksi bagian yang dimasak dan memeriksa kebersihannya. Btw, tipsnya oke sih (Y).

4. Agar tahu lebih awet ketika disimpan, cuci bersih dengan air, kemudian siram dengan air panas. Setelah itu lap dengan tisu dapur, simpan di dalam tupperware, tutup rapat, kemudian letakkan di dalam kulkas. InsyaAllah bisa tahan hingga satu minggu.

Yup. Saya malah merebusnya terlebih dahulu dengan air dan garam.

5. Untuk mengetahui telur busuk atau tidak, bisa gunakan tes apung air. Jika mengapung di atas air, itu tandanya telur sudah busuk.

Pengetahuan dasar sains saat SD :)

6. Ketika akan mengocok telur untuk berbagai macam kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang, bukan dingin karena baru keluar kulkas. Hal ini bisa membuat adonan tidak mengembang.

Kuning telur sih, tepatnya. Sebab kuning telur akan lebih cepat mengembang dalam suhu yang panas. Sedangkan putih telur sebaliknya. 

7. Jika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan pakai plastik kresek, tapi gunakan koran atau majalah bekas. Sebab dengan cara ini bisa mencegah aie embun sayuran menggenang yang bisa mengakibatkan sayur cepat busuk.

Penggunaan kertas memang terbukti menjadikan bahan pangan lebih awet.

8. Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang dan letakkan di rak kulkas. Kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.

Apa boleh buat kalau kulkas sudah memancarkan aroma tidak enak. Untung ada kentang!

9. Agar ikan tidak lengket di penggorengan, gunakan wajan khusus menggoreng. Jangan sekali-kali menggoreng ikan di wajan yang pernah atau sering dipakai untuk menumis, sebab sudah pasti akan lengket dan hancur ketika dibalik. Bisa juga olesi sedikit garam ke wajan sebelum dituangi minyak goreng.

Betul. Sebaiknya wajan menggoreng dipisah dengan wajan menumis kalau ingin lebih praktis. Karena kalau dicampur, bisa mengakibatkan gorengan menjadi lengket (tidak hanya ikan, tapi pada umumnya ikan lebih mudah lengket dan hancur). Tapi untung di dunia ini ada yang namanya garam.

10. Untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat terlalu lama berkontak dengan cabe atau sambal (kata orang jawa tangen wedhangen), bisa dilakukan dengan cara cuci bersih tangan dengan sabun sampai 2 atau 3 kali, kemudian dilap, dan masukkan tangan ke dalam beras, benam, dan remas-remas beras sebentar. Fiuuhhhf, dijamin rasa panas di tangan akan hilang. smile emotikon.

Yap. Saya pernah coba juga.

11. Agar mata tidak perih ketika mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam di samping talenan. Dengan cara ini insyaallah ampuh menghindarkan mata dari rasa pedih.

Saya pernah mendapati mama dan adik saya sedang memotong banyak bawang di dapur. Di dekat bawang-bawang itu ada sebuah wadah kecil berisi garam. Kata mereka, cara ini berhasil.

12. Agar beras tidak dikunjungi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, kemudian beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak suka aroma kopi. Jadi insyaallah dia tidak akan berani datang ke beras.

Tapi saya kok jadi kepikiran, kalau kutu beras tidak diberi beras, mereka makan apa? Apa makhluk hidup seperti mereka tidak boleh hidup? Sebuah ucapan yang errrrr. Padahal saya mau beras tak berkutu tapi kepikiran juga.

13. Jika peralatan masak kusam akibat noda dari bumbu yang berwarna kunir/ kunyit atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air menjadi kekuningan, segera ambil sesendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan  ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda, bisa diulang lagi.

Adik saya pernah membuat panci yang gosong (akibat kelamaan merebus air) menjadi kinclong dengan baking soda.

14. Agar kembang kates/ daun kates/ pepaya dan pare tidak terlalu pahit ketika dimasak, baiknya sebelum ditumis, rebus sebenar di air rebusan jambu biji (caranya, masukkan daun jambu ke air mendidih, tunggu kurang lebih lima menit, masukkan kembang atau daun pepaya atau pare), diamkan sebentar, matikan api. Baru setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera (kalau daun pepaya untuk kulupan, bisa direbus hingga matang bersama daun jambu biji).

Wah kalau yang ini belum pernah saya coba. Menurut informasi yang beredar, bisa juga dengan merendam dengan garam atau gula atau asam jawa. Atau, dengan meremas-remas daun pepaya agar getahnya hilang di bawah air keran -namun cara yang satu ini katanya kurang begitu ampuh.

15. Agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan di dekat garam.

Saya biasa simpan di dalam kulkas ._.

16. Jika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezeer berulang kali karena hal ini bisa membuat bakteri berkembangbiak. Sebaiknya potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiap kali masak dan simpan di wadah kecil-kecil secara terpisah. Sehingga ketika diambil, bisa ambil seperlunya saja.

Betul betul betul!

Semoga bermanfaat 😊




"Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day2"

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun