Mewujudkan Resolusi Blogging 2019

Di dalam artikel Resolusi Blogging di 2019, saya pernah menuliskan:

".... Saya tidak menargetkan jumlah postingan, page view, domain authority, page authority, dan segala yang berhubungan dengan angka. Saya tidak bisa menargetkan dengan pilihan saya sebagai blogger paruh waktu. Beberapa blogger paruh waktu yang lain mungkin bisa, tapi saya belum. Kendati demikian, saya akan terus memaksimalkan tulisan saya."

"Target saya mungkin tidak bisa diukur dengan bilangan. Namun saya terus berusaha mengembangkan tulisan saya (serta sedikit kemampuan fotografi, desain, dan coding). Blog ini juga bisa dikatakan masih terus mencari jati dirinya. Terutama soal branding atau ciri khas."

Jadi, untuk mewujudkan resolusi saya di tahun 2019 ini, untuk meningkatkan kualitas blog, ada beberapa aspek dasar yang mesti saya tingkatkan: tulisan, fotografi, desain, dan coding.

Hal tersebut sesuai dengan aspek-aspek yang ada di blog itu sendiri, yakni tulisan, gambar ilustrasi, dan coding. Ada lagi sih, video, tapi itu kebanyakan diembed dari pihak ketiga, contohnya youtube.


Hal-hal dasar yang ingin ditingkatkan dalam ngeblog:


Tulisan


Menulis di blog

Dunia agaknya sudah tahu bahwa tulisan merupakan komponen utama di dalam sebuah blog. Setidaknya, untuk blog pada umumnya, karena ada beberapa blog yang menitikberatkan pada kumpulan foto, alias blog fotografi. Namun, blog saya bukanlah blog fotografi, jadi tetap saja tulisan merupakan hal inti dari blog ini.


Langkah yang diambil:

  • Menulis. Seperti kata pepatah lama: practice makes perfect. Berlatih merupakan cara belajar yang baik, sebab dengan itu kita bisa memaksimalkan kemampuan kita di suatu bidang yang kita latih. Jadi, langkah demi meningkatkan kualitas tulisan adalah dengan terus menulis. Terlihat pula dalam jumlah postingan tahun ini sudah mencapai lebih dari 20 postingan per Januari 2019. Bisa dikatakan grafik kuantitasnya meningkat (dan semoga saya tidak terjerat blogger slump).
  • Membaca. Apa jadinya menulis tanpa membaca? Barangkali bisa bisa saja. Namun sepertinya kemampuan menulis juga begitu begitu saja. Melalui membaca, setidaknya kita bisa terinspirasi dari cara menulis, story telling, serta menambah perbendaharaan kata.


Ilustrasi

Ilustrasi di blog

Di dalam Bagaimana Saya Membuat Konten Kreatif, saya pun pernah menuliskan: "Selain tulisan, yang diperlukan adalah pendukung tulisan. Biasanya konten pendukung tulisan pada Taruih Baraja ialah gambar yang telah didesain atau diedit biar cantik dan menarik. Jangan intimidasi pembaca dengan konten yang hanya berisi teks pada era yang sangat visual ini."


Langkah yang diambil:

Pepatah lama di atas masih berlaku. Berlatih, mengeksplor hal-hal baru merupakan sebuah cara yang bisa dilakukan dalam membuat karya ilustrasi semakin bagus. Namun, terkadang berlatih dan belajar dengan orang lain juga penting untuk menambah skill.



Coding


Pemprograman blog

Semua yang ditampilkan di dalam jagad internet merupakan manifestasi dari bahasa pemrograman komputer, tidak terkecuali dengan blog ini. HTML, CSS, PHP, hingga JAVA merupakan bahasa-bahasa di balik layar komputer kita.

Beberapa blogger tidak begitu memperhatikan codingan karena platform blog sudah menyediakan tools yang memudahkan blogger mengatur tampilan blog mereka. Namun, kadang ditemukan keterbatasan dari tools yang disediakan, sehingga perlu melakukan edit (ubah) atau add (tambah) kode-kode bahasa pemrograman. Bahkan sedikit pengetahuan untuk memahami arti suatu kode blog saja sudah lebih bagus.


Langkah yang diambil:

Pepatah lama di atas juga masih berlaku (teteup yha).  Belajar dari yang namanya trial and error (and try again). Beberapa situs menyediakan tutorial 'ngoding'. Beberapa orang, akan lebih senang jika didampingi secara langsung dalam menemukan penyebab dan mengatasi kode error. Atau, bertanya langsung kepada orang untuk menunjuki cara membuat sesuatu.


DUMET School merupakan lembaga kursus website, digital marketing, serta desain grafis yang berada di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok.

Ada beberapa program khusus yang disediakan oleh DUMET School, yaitu: Web Master, Graphic Design, Digital Marketing, Web Programming, Web Design, Design For Kids, Coding For Kids, Motion Graphic, juga Mobile Apps.


Kegiatan belajar mengajar di DUMET School | Sumber: www.instagram.com/dumetschool

Di program Web Master, kita diajarkan membuat website untuk perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerse dari nol. Hal yang menggoda adalah 100% langsung praktek membuat website. Saya anaknya suka yang enggak kebanyakan teori sih, hm. Ada 8 kelas di sini: HTML & CSS, Bootstrap, jQuery Plugin, Javascript & jQuery, Photoshop, PHP & MySQL, Object-oriented programming (OOP), dan PHP Framework. Bahkan ada Photoshop dong.

Kursus Graphic Desain mengajarkan kita mendesain logo, brosur, majalah, edit foto, dll. Pokoknya yang berhubungan dengan desain grafis tentunya. Ada 4 kelas pembelajaran, yaitu: Photoshop, Illustrator, InDesign, dan Adobe Animate.

Digital Marketing mengajarkan kita cara mendapatkan customer di internet dengan cepat, mudah, dan efektif. Oleh karena itu, di program ini menawarkan 7 kelas pembelajaran: WordPress, SEO, Facebook Ads & Instagram Ads, Adwords Search, Youtube Ads, Email Marketing, dan Landing Page. Hm, ada SEO yha.

Web Programming mengajarkan kita cara membuat website ecommerse. Jadi di sana ada 2 kelas: Object Oriented Programming (OOP) dan PHP Framework Codeigniter. Hm, buat para pebisnis yang mau bikin toko online / jualan online bisa nih.


Pada kursus Web Design mengajarkan kita cara cepat pintar mendesain template website.  Nah ini! Di sini ada 5 kelas pembelajaran: HTML & CSS, Bootstrap, jQuery Plugin, Javascript & jQuery, dan Photoshop. Hm, adiknya kursus Web Master kayaknya.


Design For Kids dan Coding For Kids mengajarkan desain grafis dan pemrograman kepada anak-anak usia 6 sampai 12 tahun.


Kalau di Motion Graphic kita diajarkan membuat bumper opening video dan video lainnya yang menggunakan motion. Kita belajar After Effect di sini.

Kalauu di Mobile Apps sudah jelas juga ya, belajar tentang pemrograman di ponsel, seperti Android dan iOS. Ada 7 kelas pembelajaran yaitu HTML & CSS, Bootstrap, PHP & MySQL, Javacript, Angular, Ionic Fundamental, dan Ionic Advanced.

Jadi, berdasarkan uraian di atas, kita bisa melihat kelas-kelas pembelajarannya sesuai dengan yang kita butuhkan. Karena di beberapa kursus ada yang memiliki kelas yang sama dengan kursus lainnya. Seperti Web Programming dan Web Design.

Hmmm. Menarique!

Lantas,
Apa yang spesial dari DUMET School?
✅ Jadwal kursus fleksibel, kita bisa bebas memilih jam kursus.
✅ Satu murid pun yang hadir, belajar di kelas tetap dimulai.
✅ Belajar sampai bisa, periode kursus tidak dibatasi waktu.
✅ Gratis konsultasi seumur hidup, setelah lulus pun akan disupport terus.
➕ Sertifikat dengan nomor Diknas.


Semangat mewujudkan resolusi 2019! ^^


12 comments:

  1. Waah ada DUMET School..jaman now mah segaka dipermudah yaa Aku inget dulu nyekolahin anak2 di kantor web design, web master dll secara onlen dan pada orang tertentu yg jauh di sana. Ahh suka belajar coding, ngintipin mereka. Tapi cukup bisa dan tau aja, bukan pakarnya. Hayuu atuh bisa belajar juga nih di Dumet School

    ReplyDelete
  2. DUMET School emang favorit kita semua ya Kak.
    Bisa menambah skill di kancah digital
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. aku masih ditahap nulis aja dulu di blog, belum sampe mikirin dalem2 blognya apalagi sampe coding. ya ampun, gimana bisa maju ya blog nya hehehhe.. makasi lho menyadarkan aku dengan tulisanmu ini

    ReplyDelete
  4. Pengen kalau ada di Bogor nih, weekend mau ikutan kursusnya daripada bengong atau malah blanja2 ngabisin duit hihi

    ReplyDelete
  5. Cakep banget nih tulisannya. Aku kayaknya perlu belajar yang begini, soalnya ngeblog pahamnya nulis aja, kalau edit html belum terlalu paham. Dumet School cakep nih. Pengen belajar.

    ReplyDelete
  6. Coding ya? mmm susah ngga sih belajar coding gini.. ko aku dah jiper duluan ya... semoga resolusi ngeblognya dapat terlaksana dengan baik yaaa... karena resolusi itu bukan hanya sekedar ditulis tapi merupakan aksi nyata..asikkk!! semangat

    ReplyDelete
  7. Wah, ada kelas untuk anak juga. Anak-anak saya berarti bisa ikutan, nih

    ReplyDelete
  8. Sampe skrg yg aku blm bisa baca coding plus gambar ilustrasi. Kalo ada dumet school kek gini, jadi pgn ikutan belajar ilustrator deh, soalnya ke depannya kayaknya bakal butuh banget :)

    ReplyDelete
  9. Wah luar biasa nih kalau udah mencangkup semua. Aku baru nulis aja mba hehe

    ReplyDelete
  10. Kalau aku sendiri sih masih tahap sekedar nulis yang menyalurkan hobi belum memikirkan dalaman blog.

    ReplyDelete
  11. Boleh juga niy biar ngerti coding. Berapa biayanya ya

    ReplyDelete
  12. Dumet school ini ada versi onlinenya ga ya? Kayanya ku butuh kursus desain grafis deh.

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun