Menyambut Tahun Baru di Jepang

Hari itu cerah, namun dingin. Salju masih memenuhi setiap sudut kota. Pagi hari, Jack sudah terbangun dari tidurnya dan siap untuk memulai aktivitas. 

Ia menghidupkan televisi dan melihat berita apa yang disampaikan oleh penyiar. "Gather at Rose Square at night or at the peak of Mother's Hill to watch the first sunrise of the year." 

Jack tidak menghiraukan channel lain di hari itu, seperti Life on the Farm yang memuat banyak info, channel prediksi cuaca hari esok -di mana Jack tidak banyak peduli-, atau channel khusus akhir tahun yang menayangkan pemukulan gong.

Pukul 6 pagi, Jack memeriksa hewan-hewan ternaknya. Cuaca dan suhu musim dingin membuat hewan-hewan ternaknya tidak bahagia dan sering sakit. Untungnya Jack sudah memiliki persediaan obat sehingga masalah ini bisa diatasi lebih cepat. Apalagi Poultry Farm dan Yodel Farm tidak buka setiap hari, seperti hari ini, akhir tahun, dan semua penduduk menutup pintu.

Setelah memeriksa kondisi hewan-hewan yang dimilikinya -beberapa ekor sapi perah, beberapa ekor domba, dan beberapa ekor ayam petelur-, Jack berjalan ke hutan dekat tempat tinggalnya (Barokah Farm) untuk mengambil White Grass (sejenis rumput, berwarna putih, bisa dimakan dan baik untuk daya tahan dan kebugaran tubuh).

Jack sempat singgah di rumah Gotz, si tukang kayu yang berada di hutan. Ternyata Gotz masih menerima tamu. Barangkali karena ia tinggal di hutan, atau mungkin karena dia kesepian tinggal sendirian. Iseng, Jack berjalan-jalan dan mencoba menyinggahi beberapa rumah. Tidak ada yang membukakan pintu selain Harvest Sprites -dan Gotz.

Pukul 6 sore masih lama dan Major Thomas sang walikota tak akan membiarkan kita masuk ke Rose Square sebelum itu. Atau, kalau Jack memilih menghabiskan akhir tahun di puncak Mother's Hill, ia harus menunggu beberapa jam lagi kecuali jika mau menghabiskan waktu di situ sendirian, sebab orang-orang akan ramai ke sana pada saat tengah malam.

Jack belum memutuskan apakah mau bergabung dengan Mayor Thomas dan penduduk lainnya di Rose Square untuk menikmati New Year Noodles berupa buckwheat noodles (mi soba). Atau bergabung dengan sebagian penduduk lainnya menyaksikan matahari terbit di puncak Mother's Hill. Tidak memungkinkan untuk memilih keduanya sekaligus mengingat jadwal acara dan jarak yang lumayan jauh.

Saat ini, Jack hanya bisa memutuskan untuk bekerja. Ada dua pilihan pula, memancing di aliran sungai yang tidak membeku atau menggali di tambang. Ia memilih untuk memancing.

Hingga pada akhirnya, sekitar pukul 5 sore, Jack kemudian berjalan menuju Rose Square dan menghabiskan malam tahun baru dengan menikmati mi soba. Ia pulang dengan membawa beberapa bungkus tepung soba. Kemudian tidur lelap di rumahnya, dan terbangun lagi keesokan paginya.

-----Selamat Tahun Baru!-----

Penyiar berita menginformasikan acara hari ini di Rose Square. Siaran di channel lain masih dengan Life on the Farm dan prediksi cuaca. Ada acara khusus tahun baru yang menayangkan tulisan-tulisan mengenai tahun baru, serta satu acara spesial tahun baru yaitu kuis berhadiah.

Jack keluar dari rumah dan melihat salju telah mencair. Jack sudah bisa mulai menanam tanaman musim semi di kebunnya. Suhu telah meningkat menjadi lebih hangat. Hewan-hewan ternaknya menjadi lebih gembira.

Beberapa tumbuhan musim semi telah tumbuh, Toy Flower, Moon Drop Grass, Blue Grass (yang bisa dimakan dan baik untuk daya tahan tubuh), Yellow Grass (yang menurunkan daya tahan tubuh, namun memulihkan rasa lelah), serta Orange Grass (yang tidak berefek apa-apa ke daya tahan tubuh maupun kebugaran tubuh).

Jack memeriksa kotak suratnya. Ada banyak surat selamat tahun baru yang dikirim untuknya. Tidak terasa satu tahun telah berlalu. Ladang tak terurus yang diwarisi oleh Jack dari paman tua itu sudah rapi dan menghasilkan. Ia pun sudah mengenal bahkan akrab dengan penduduk kota. 

Acara di Rose Square dimulai pukul 6 sore, dan di sana kita makan bersama. Menu hari ini adalah rice cake (mochi). Sama seperti malam tahun baru, ada banyak makanan dan kali ini Jack mengantongi beberapa mochi untuk dibawa pulang.

Beserta harapan yang sama dengan Saibara
Dicapture dari Harvest Moon FoMT yang -masih juga- sesekali saya sambangi

-----(Bukan) Fanfic Harvest Moon Friends of Mineral Town-----

🗻 Toshikosi soba adalah mi soba yang dimakan di malam tahun baru.
🗻 Mochi juga merupakan salah satu penganan tahun baru di Jepang.
🗻 Nenga adalah kartu ucapan selamat tahun baru dalam tradisi Jepang.
🗻 Hatsuhinode ialah sunrise pertama di tahun baru.

Itulah sebagian tradisi menyambut tahun baru di Jepang yang diadaptasi ke game Harvest Moon, video game yang berasal dari Negeri Sakura ini. Semoga suatu saat elthnad bisa merasakannya secara langsung di negara itu. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun