Jenis Kayu Manis: Ceylon dan Cassia

Kemarin saya bikin kue pie apel. Resepnya didapat dari channel youtube Entertaining With Beth berjudul Beth's Foolproof Apple Pie Recipe | ENTERTAINING WITH BETH

Untuk membuat kue pie apel -dan mungkin juga kue pie lainnya-, dibutuhkan dua adonan dasar yaitu pastry dan filling. Tambah garnish untuk membuatnya lebih cantik. Salah satu bahan yang digunakan untuk campuran filling apel adalah bubuk kayu manis.

Kayu manis! Saya tidak mempunyai stok bubuk kayu manis. Maka saya putuskan untuk memarut dengan parutan kecil si batang kayu manis yang ada. Kayu manis biasa digunakan untuk membuat sup, juga pernah saya celupkan ke dalam air jahe tambah madu waktu saya demam.

Suatu hari ketika saya mau membuat teh kayu manis, terpikir untuk mencari informasi mengenai kayu manis ini. Ternyata, saya menemukan bahwa kayu manis itu ada jenisnya.

Dalam pencaharian informasi itu, saya menemukan perbandingan 'Ceylon' (Cinnamomum verum), dan 'Cassia' (Cinnamomum cassia). Ceylon disebut juga sebagai "true cinnamon" (verum = true), berasal dari Sri Lanka. Warnanya lebih terang, dan lapisannya lebih banyak, juga teksturnya lebih lembut dan mudah rapuh dibandingkan dengan Cassia yang lebih keras. Adapun Cassia berasal dari bagian Selatan Cina.

Kedua jenis kayu manis (Ceylon dan Cassia) tersebut memiliki khasiat yang relatif sama. Namun, ada perbedaan pada kandungan coumarin. Coumarin pada Cassia lebih tinggi dibandingkan dengan Ceylon. Coumarin ini bersifat menghancurkan darah. Terlalu banyak mengonsumsi Cassia, bisa berefek pada hati dan ginjal secara kronis.

Ada banyak spesies dalam genus Cinnamomum. Ada pula yang menggolongkan kayu manis (cinnamon) menjadi 4 tipe, yaitu Ceylon, Cassia, Saigon, dan Korintje. Kayu manis Indonesia (Cinnamomum burmanni) juga dikenal sebagai Padang cassia, Batavia cassia, atau Korintje, termasuk ke dalam golongan Cassia.

Baca juga:
Pengalaman Lois menggunakan kayu manis ceylon dan cassia 
https://kiyanti2008.wordpress.com/2013/07/27/kayu-manis-cinnamon-cassia/




"Tulisan ini diikutsertakan dalam ODOP bersama Estrilook Community #Day11"

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)