Buku yang Ingin Dibaca

Pada tantangan mbak ainhy_edelweiss yang bertemakan '5 buku yang ingin dibaca', saya agak mengalami kesulitan. Bagaimana bisa saya memilih lima di antara banyaknya buku yang masuk ke dalam to read list saya. 

Jadilah saya ingin menyederhanakan ruang lingkup buku yang ingin saya baca. Tapi tetap saja ada banyak walapun sudah dikotak-kotakkan berdasarkan genre pun asal buku.

Saya membaca daftar The Man Booker Prize dan kebingungan memilih mana saja di antara buku-buku peraih award (dari tahun 1969 sampai 2018) yang akan saya masukkan ke dalam daftar. Bahkan sedikit sekali yang saya pernah dengar judulnya dan saya bahkan belum pernah menamatkan satu saja buku dari daftar itu. Sungguh pengakuan yang gimanalah ya.

Setelah melihat-lihat rekomendasi orang, mengingat pesan-pesan yang pernah dibawa angin tentang beberapa buku yang direkomendasikan, saya mencoba menuliskan beberapa di sini.

Indonesia Etc. oleh Elizabeth Pisani
Dikatakannya ada aspek sejarah, budaya, sosial, hingga politik di dalamnya, di dalam cerita tentang daerah-daerah di Indonesia. Buku ini juga sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Hal yang membuat saya makin ingin membaca adalah karena Elizabeth Pisani merupakan seorang epidemiolog. Ia juga merupakan founder Ternyata Ltd. (www.ternyata.org).

Catatan Seorang Demonstran oleh Gie
Saya sudah pernah menonton film Gie, salah satu film Indonesia yang saya suka, filmnya menyentuh. Entah mungkin karena saya berstatus mahasiswa, atau karena akting memukau Nicholas Saputra dan puisi yang dibacakannya, atau apa, atau memang karena filmnya bagus. Mengapa tidak, ternyata filmnya banyak menyabet penghargaan: Piala Citra untuk Film Cerita Panjang Terbaik, Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik, Piala Citra untuk Pengarah Sinematografi Terbaik, Festival Film Bandung untuk Pemeran Utama Pria Terpuji Film Bioskop. Walau saya tidak begitu aktif lagi sebagai mahasiswa dengan segudang kegiatan organisasi intra kampus, saya tetap ingin membaca buku perjuangan ini.

The Little Prince oleh Antoine de Saint-Exupéry
Filmnya juga pernah saya tonton. Namun saya penasaran dengan yang dituliskan oleh tuan Antoine de Saint-Exupéry ini dalam buku The Little Prince (La Petit Prince)-nya.

Buku-buku Mitch Albom
Wah moon maap nih saya juga lagi-lagi bingung memilih. Jadinya saya pilih semua buku Mitch Albom ya, berhubung saya juga belum pernah membaca. Beberapa kali menyambangi Gramedia Padang dan tidak ada stoknya. Apalagi cover-nya bagus, unik.

Sirah (Nabawiyah, Sahabat, Sahabiah)
Tiga buku ini belum pernah saya baca keseluruhan isinya sampai detik ini. Ada perasaan malu ketika saya memeluk kepercayaan ini dan belum mengkhatamkan bukunya. Tiada alasan lain selain ingin mendalami ilmu sembari mengenal lebih dekat tokoh-tokoh tauladan dalam keyakinan yang tengah saya anut ini.

Sebetulnya ada banyak buku yang ingin saya baca di balik masih sedikitnya buku yang telah saya khatamkan. Maka lima poin di atas sungguh hanyalah seper sekian dari poin-poin buku-yang-ingin-dibaca yang belum saya sebutkan. 

Semoga memberi inspirasi kepadamu jua.

Jika ada yang punya saran di mana tempat membelinya di Padang atau online, boleh sekali memberitahu saya. Terima kasih sudah singgah ^^

No comments:

Post a Comment

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun