Wonderful Indonesia Ada Apa Saja

"Apa yang akan kamu bilang jika kamu ditanya orang mana?"

Saya dan teman-teman pun menyebutkan asal daerah masing-masing.

"Nah. Kamu menjawab nama daerahmu masing-masing. Kapan kamu akan bilang 'Saya dari Indonesia'?" Senior itu pun menjawab sendiri pertayaannya, "Kalau kamu di luar Indonesia."

Percakapan di atas sudah berbulan-bulan yang lalu, tepatnya April dan sekarang saya mengingatnya kembali, di sini, masih di tanah air ini. Percakapan itu terjadi saat karantina seleksi program pertukaran pemuda antar negara yang tidak meloloskan saya, tentu saja, haha. Masih ada yang lebih baik, dan masih ada kapasitas diri yang perlu saya tingkatkan.

Tapi kali ini saya tak akan membahas tentang seleksi itu.

Mari kita fokus ke "Indonesia"nya.

Benar, senior itu benar. Kita akan bilang "Saya dari Indonesia" pada orang yang bukan dari Indonesia. Kita akan mengatakannya pada orang asing di luar sana. Pertanyaannya adalah: apakah mereka tahu di mana Indonesia? Apakah mereka akan mengira Indonesia berada di Bali?

Dalam sebuah videonya yang berjudul WHERE IS INDONESIA?, Nessie Judge bertanya ke beberapa orang yang ia temui saat ke Singapura: di mana Indonesia, dan pernahkah ke sana. Dari beberapa orang di Singapura yang ia temui, dua di antaranya berasal dari luar Asia Tenggara, tepatnya dari Sydney, Australia menjawab tidak tahu dan tidak pernah ke sana dan Scotland, UK menjawab pernah ke Bali.

Saya boleh maklum. Tidak semua orang hafal nama-nama negara di dunia dan tidak semua orang paham dengan geografi. Terus terang saya juga tidak hafal semua nama negara di bumi ini pun letaknya.

Tapi, Indonesia ialah kepulauan yang besar, termasuk dengan jumlah penduduknya masuk yang terbesar di dunia. Terlepas dari itu, bagaimana bisa orang hanya mengingat Bali ketika ada banyak destinasi di sekitar Bali itu sendiri di negara ini?

Well, Bali is such a beautiful place.
Indonesia (diwakili Bali) berada di peringkat ketiga dari 7 destinasi wisata unggulan Asia Tenggara versi MasterCard Asia Pacific Destination Index 2017 berdasarkan total pengeluaran turis internasional.  (Setelah Singapura dan Bangkok).

Bali juga berada di peringkat kempat World's Top Destinations 2018 versi 2018 traveller's choice TripAdvisor setelah Paris dan London.

Apalagi Bali juga punya salah satu patung tertinggi di dunia
Garuda Wisnu Kencana (121 m) merupakan patung tertinggi ketiga di dunia setelah Spring Temple Buddha (RRC), dan The Lakyun Sekkya Buddha (Myanmar). Sumber: Kumparan.

Sebetulnya, ada banyak hal di Indonesia. Meskipun kita Indonesia bersyukur punya Bali (dan penduduknya, kalian keren!).

Sekarang mari kita pindah ke youtube channel dengan 1,3m subscribers, Geography Now. Salah satu videonya, Geography Now! Indonesia yang diunggah 2 Agustus 2017 lalu sudah dilihat lebih dari 1,8 juta kali terhitung awal Desember ini. Apa katanya?

"If you don't know anything about Indonesia, basically, all you have to know is that it is kind of like the Hawaii of the Moslem's world, but it's like huge." LOL. "It's like the biggest state with orangutans." Lanjutnya, "and that's it, just no punchline."

Indonesia termasuk ke dalam gugusan kepulauan terbesar di dunia. Walaupun ada beberapa pendapat mengenai angka total jumlah pulau di Indonesia, tapi pokoknya, pulaunya ribuan dan masih ada yang belum bernama.

Merupakan negara dengan jumlah gunung berapi yang banyak aktif, membuat Indonesia sering bergoyang, tapi juga menjadikan tanahnya subur.

"Orang bilang tanah kita tanah surga 
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman"
(Koes Plus - Kolam Susu)

Indonesia dianugerahi berbagai macam flora dan fauna. Keanekaragaman hayati Indonesia berada di nomor dua setelah Brazil. Rafflesia Alnoldi, Titan Arum, Komodo, Orangutan hanyalah beberapa dari mereka.

Kelapa, cengkeh, kayu manis, pala, vanila. Ada banyak bahan masakan dan rempah-rempah di Indonesia. Jenis masakannya pun beragam seperti yang dipunya. Mulai dari mie aceh, rendang, sate, pempek, nasi kuning, soto, hingga papeda.

Kopi yang mendunia
Menurut data International Coffee Organization (ICO) tahun 2016-2017, Indonesia termasuk ke dalam 5 besar negara pengeskpor kopi terbesar di dunia yaitu sebanyak 666.000 ton. Tepatnya posisi keempat setelah Brazil (1.894.000 ton), Vietnam (1.367.400 ton), Kolombia (809.400 ton), dan sebelum Honduras (437.00 ton).

Rendang yang mendunia
Rendang berada di posisi pertama (lebih dari 35.000 votes) dan nasi goreng berada di urutan kedua makanan terbaik di dunia versi World's Best Food by CNN.

Batik yang mendunia
Batik pernah dipamerankan di KBRI, Washington, AS dengan menampilkan 60 jenis batik Indonesia. Dihadiri oleh Claire Wolfowitz, isteri pejabat tinggi AS, Paul Wolfowitz.

Batik milik Michelle Obama menjadi koleksi di museum tekstil Washington.

Beberapa kepala negara seperti Nelson Mandela, Ratu Elizabeth II, Ratu Sophie dan Spanyol, Ratu Juliana dari Netherland, hingga Bill Clinton juga mengenakan dan menyukai batik.

Nusjirwan Tirtaamidjaja (Iwan Tirta) merupakan salah satu sosok yang membawa batik ke mata dunia.

Indonesia unik. Ada danau Kelimutu di Flores dengan tiga warnanya. Ada pula ubur-ubur tidak menyengat di pulau Kakaban.

dll. dll. Masih banyak tempat wisata lainnya.

Menurut World Economic Forum, Indeks Infrastruktur Transportasi 2017-2018, Indonesia berada di peringkat 30 dunia dan peringkat 3 di Asia Tenggara setelah Singapura dan Malaysia. Skornya ialah 4,7.

Menteri terbaik di dunia ada yang dari Indonesia. Sejauh ini dari kementerian keuangan. Sri Mulyani (Menteri keuangan 2016-sekarang) sebagai menteri terbaik se-dunia pada World Government Summit 2017. Sebelumnya JB Sumarlin (Menteri keuangan 1988-1993) dalam Finance Ministerof The Year 1989 oleh Euromoney. Marie Muhammad (Menteri keuangan 1993-1998) dalam menteri keuangan terbaik di dunia pada Mei 1995 oleh Aslamoney.

Ridwan Kamil, Iko Uwais, Lindswell Kwok, dll.

Apakah kita bisa dengan bangganya bilang, "Saya dari Indonesia"?

Kenapa tidak?

Mereka di luar sana yang tidak tahu, bisa kita beri tahu. Tapi kita dari Indonesia mestinya lebih tahu dengan negara kita, betapa kita seharusnya bersyukur pula, pernah tinggal dan mengenal Wonderful Indonesia. Betapa kita ingin menjadikan Indonesia semakin baik.

"Indonesia dapat menjadi negara maju yang dibanggakan rakyatnya dan disegani bangsa lain karena Indonesia memiliki generasi muda yang selalu ingin belajar dan ingin maju, yang haus akan prestasi dan memiliki daya juang yang tidak pernah luntur. Indonesia memiliki 65 juta generasi muda yang tidak pernah berputus asa mencintai negerinya."
(Sri Mulyani, Menteri Keuangan RI)

Wonderful Indonesia

***

No comments:

Post a Comment