Selamat Datang 2019

1 Januari bisa saja diartikan sebagai hari biasa lainnya. Rutinitas yang direpetisi. Mengevaluasi diri boleh sekali dilakukan dalam periode yang pendek. Pun semangat baru tak mesti berada di momen sekali setahun. 

Bagi sebagian orang, 1 Januari adalah momentum.

Pada penghujung Desember dengan suhu yang relatif sedang-sedang saja di pinggir kota Payakumbuh ini, saya ingin menulis kilas balik perjalanan blogging dan kesan atas 2018. 

Dalam Resolusi Blogging di 2019, telah saya rangkum secara singkat perjalanan blogging di tahun-tahun sebelumnya, termasuk tahun 2018. Walau merasa tidak produktif, lucunya, tahun 2018 merupakan tahun di mana postingan blog terbanyak -sejauh ini- berada. Postingan ini merupakan postingan ke 45. Semoga kuantitas tidak menutup kualitas yang dimilikinya.

Tidak banyak pencapaian dalam dunia blogging yang saya peroleh di tahun 2018 ini. Tidak ada tambahan kata dalam halaman Achievements (pencapaian). Apakah grafik pencapaian saya menurun? Hmm.

Oleh karena laman Achievements berisi pencapaian dalam lomba blog, maka pencapaian saya memang nihil dalam hal tersebut di tahun 2018. Saya tidak menang lomba blog apapun di 2018. Saya bahkan tidak benar-benar mengikuti arus lomba blog. Namun jika ditilik dalam konteks "pencapaian" yang lain, ternyata saya pun punya pencapaian.

--------

22 Maret 2018
Ikut Temu Blogger Kesehatan chapter Sumatera Barat di hotel Pangeran Beach, Padang.
Saya menganggapnya sebagai sebuah pencapaian. Sebab ini merupakan hal yang baru dan terus terang, ini kali pertama saya mengikuti temu blogger. Saya mengenal orang-orang baru di sini. Saya mengupgrade ilmu pengetahuan tentang kesehatan bersama Kemenkes RI, dan juga tambahan ilmu blogging.
(Baca artikelnya di Hubungan Tinggi Badan dan Kesehatan, dan Mengukur Tinggi Ideal Anak Berdasarkan Umur)

7 Mei 2018
Expose Payakumbuh, Payakumbuh.
Temu Blogger Kesehatan bulan Maret lalu membawa saya ke Expose Payakumbuh bersama Kemenkes RI. Terima kasih teh Mayang, telah ingat saya sebagai blogger dari Payakumbuh -walau saya sudah lupa kapan pernah memberi tahu. Lagi-lagi, saya belajar banyak mengenai menata lingkungan dan hubungannya dengan kesehatan. Saya menjadi lebih mengenal program di kampung halaman saya. Apalagi saya kuliah di bidang Kesehatan Lingkungan.
(Baca artikelnya di Usaha Payakumbuh dalam Mewujudkan Kota Sehat)

30 November 2018
Mengikuti Flash Blogging bersama Kominfo RI di Mercure Hotel, Padang.
Acara ini diikuti oleh sejumlah blogger dan Relawan TIK. Saya mengetahui lebih jauh mengenai pencapaian negeri ini. Tidak hanya itu, ada inisiatif dari anggota blogger untuk mengadakan pertemuan setiap bulan guna berbagi ilmu seputar blogging. Pertemuan perdana pun dilaksanakan seminggu kemudian di hari Jumat, 7 Desember 2018. Sayang, saat itu saya berhalangan. Mudah-mudahan bisa ikut di pertemuan berikutnya.
(Baca artikelnya di 4 Tahun Indonesia Kreatif, Kita Sudah Kreatif?)

20 November s.d 10 Desember 2018
Conquer one day one post #BPN30DayChallenge2018.
Di ujung 2018, saya berhasil mengikuti tantangan ngeblog 30 artikel setiap hari oleh Blogger Perempuan. Saya sukses mempublikasi 30 postingan. Setelah sebelumnya sudah dua kali tidak sampai selesai mengikuti tantangan serupa di bulan Ramadhan.
(Baca artikel-artikelnya di label #BPN30DayChallenge2018)

Ada 6 artikel lain yang dilombakan secara terpisah. 1 di antaranya sebetulnya tidak diikut sertakan (namun sayang untuk diturunkan) sebab saya tidak teliti membaca S&K dan ketika mau disubmit, form aplikasinya sudah ditutup. Dari situ saya belajar lebih teliti membaca dan mentaati peraturan.

Juga ada penawaran kerja sama dari brand yang insyaallah bisa dipercaya, sebab saya pun memilih dan memilah brand mana yang mau diterima untuk bekerja sama.

Sedikit tambahan ilmu dunia blogging juga merupakan pencapaian. Tambahan angka page view, DA/PA pun merupakan pencapaian. 

Alhamdulillah.

--------

Pencapaian saya barangkali tidak sebanyak atau setinggi pencapaian orang lain, apalagi yang seusia saya atau mungkin lebih muda. Namun saya bersyukur. 

Setiap individu memiliki apa yang tidak dimiliki oleh individu lainnya, pun sebaliknya. Setiap pribadi sudah mencapai apa yang masih diusahakan pribadi lainnya, begitu pula sebaliknya. 

Terima kasih teruntuk yang pernah terlibat dalam membentuk senyum dan syukur dalam diri ini. Belum ada yang dapat saya lakukan selain melayangkan doa berisi harapan kebaikan. Semoga suatu saat terima kasih ini bisa saya sampaikan dalam bentuk yang lain.


Beserta harapan yang sama dengan Saibara
Dicapture dari Harvest Moon FoMT yang -masih saja- sesekali saya sambangi

elthnad | taruih baraja
31 Desember 2018

8 comments:

  1. pEncapaian berupa bisa mengikuti acara para narablog itu keren, saya saja belum pernah demikian. Sikonnya belum memungkinkan.
    Tetap optimis dengan apa yang telah dicapai karena kapasitas setiap orang itu berbeda. Hal yang paling menyenangkan dari blog adalah perolehan ilmu berfaedah untuk diaplikasikan dalam kehidupan.
    Semoga tahun ini bisa lebih baik lagi. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya Mbak, ada banyak pengetahuan dan wawasan yang didapat dari aktivitas ngeblog ini.
      Terima kasih Mbak.
      Aamiin.
      Semangat!

      Delete
  2. Mantul bener banyak temu blogger dapat ilmu dan nambah teman😊 Senang tentunha ya dg bebarapa pencapaian selama 2018. Sukses selalu 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh. Lagi lumayan ramainya di daerah saya tinggal Mbak.
      Sukses juga buat Mbak Nurul 😊

      Delete
  3. Waah keren mba bisa nulis pencapaian-pencapaiannya sedetail ini, jadi ingin nulis juga :D
    Semoga tahun 2019 lebih banyak berkah yang menghampiri ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. keren.
    Pencapaian emang gak mesti menang lomba melulu.
    Semoga di 2019 bertambah lagi pencapaian kita ya mba

    ReplyDelete