Resolusi Blogging di 2019

Akhirnya tibalah kita di tantangan ke-30: "Target Blogging Tahun 2019". Walau beberapa tulisan saya rapel dalam satu hari. Terima kasih kepada BPN yang sudah memfasilitasi kami dengan tantangan ini. 

Saya mengenal blog-blog baru dan mengambil pelajaran darinya. Blog-blog baru juga datang ke Taruih Baraja dan semoga ada pelajaran pula yang diambilnya.

Apakah terlalu cepat menuliskan resolusi blogging 2019 mengingat masih ada 12 hari lagi di bulan Desember? Tapi, tidak masalah pula jika ditulis sekarang, kan?

Sebelum menuliskan target / resolusi blogging saya di tahun 2019, saya akan merangkum dulu apa-apa yang pernah saya tulis di #BPN30DayChallenge2018.


Tak lengkap jika saya hanya merangkum daftar judul postingan dalam #BPN30DayChallenge2018. Walaupun 2018 belum berakhir, saya akan kilas balik perjalanan blogging dari tahun ke tahun di Taruih Baraja.

Terus terang, beberapa postingan ada yang saya hapus (bukan ke draft) dengan berbagai alasan, termasuk kesempurnaan; perfeksionis yang tengah merajai. Huft. Tolong katakan kepada saya ini suatu kenormalan, jika memang ini merupakan hal yang normal.

Saya meninggalkan 1 postingan di 2013. 0 postingan di 2014. 2 postingan di 2015. 5 postingan di 2016. 29 postingan di 2017. Ada 44 postingan di 2018 per hari ini. Sebuah peningkatan kuantitas. Apakah akan saya hapus pula? Tiada niat demikian.

Kalender 2019

Lalu apa resolusi saya blogging saya di 2019?

Sebenarnya saya tidak mempunyai target blogging. Heheh. Dalam tulisan Blogger Full Time atau Blogger Part Time? saya menuliskan bahwa blogging ialah pekerjaan suka suka. Setidaknya begitulah saya memandang aktivitas saya ini, untuk diri saya.

Kebanyakan tulisan saya peruntukkan untuk diri saya sendiri, namun layak untuk dibaca orang lain. Sesuai frasa taruih baraja yang sekaligus menjadi moto, manfaat atau pelajaran di blog ini ialah untuk diri sendiri dan semoga bisa dipetik bagi orang lain. Agar kita sama-sama belajar.

Maka dari itu, saya tidak menargetkan jumlah postingan, page view, domain authority, page authority, dan segala yang berhubungan dengan angka. Saya tidak bisa menargetkan dengan pilihan saya sebagai blogger paruh waktu. Beberapa blogger paruh waktu yang lain mungkin bisa, tapi saya belum. Kendati demikian, saya akan terus memaksimalkan tulisan saya.

Apakah saya benar-benar tidak ada resolusi?

Tidak juga.

Semua orang ingin lebih baik, bukan?

Target saya mungkin tidak bisa diukur dengan bilangan. Namun saya terus berusaha mengembangkan tulisan saya (serta sedikit kemampuan fotografi, desain, dan coding). Blog ini juga bisa dikatakan masih terus mencari jati dirinya. Terutama soal branding atau ciri khas.

Perihal ke mana arah tulisan saya, apakah saya akan memperuncing niche atau tidak. Saya pikir blog saya masih bertipe personal karena saya suka ^^ Oh ya, komentar dari Lantana Magenta Hermosa pada postingan Jika Saya Masih Hidup di 2019, membuat saya merasa terarah untuk menulis tentang apa.

Lihat saja nanti yaa ^^

2 comments:

  1. Keren mba dibuat tabel gitu, oya karena challenge blogger perempuan ini saya bisa tau blog blog yang lain speti blognya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak Iid bisa aja. Blog Kak Iid juga bagus. Saya pun senang bisa sampai ke blog Kak Iid :)

      Delete