Kebahagiaan yang Sederhana

"But really, simple joys of life are everywhere!" -Been There Done That Got The T-Shirt. 

Kadang, kebahagiaan tidak hanya lahir dari pencapaian-pencapaian besar. Karena kadang, kebahagiaan dapat diperoleh dengan cara sederhana, sangat sederhana malah.

Dikutip dari buku BTDTGTTS:
Kebanyakan dari kita sering banget terjebak dengan anggapan bahwa kebahagiaan itu identik dengan pencapaian-pencapaian yang "besar", duit banyak, nilai bagus, jadian sama cewek/cowok terkece sekompleks, dan lain sebagainya.

Gara-gara terjebak sama kebahagiaan "bersyarat", pancaindra kita jadi tumpul menemukan kebahagiaan-kebahagiaan sederhana yang justru tersebar di mana-mana!

Padahal, betapa menyenangkannya menjalani hidup. Betapa banyaknya pengalaman yang kamu miliki. Dan betapa kayanya diri kamu kalau kamu udah bisa menemukan simple joys of life.

Kuncinya cuma satu, gunakan pancaindra kamu (yang jumlahnya ada lima itu... hmm... beberapa ada yang punya enam sih...) dan lihat sekitarmu!

Jati pada suatu Juli 2018

Melihat matahari terbit
Ada kebahagiaan tersendiri melihat matahari terbit di ufuk Timur. Udaranya sejuk. Embun pagi masih bergantung di daun dan rumput. Burung-burung mulai berkicau. Walau pagi kadang menuntut untuk buru-buru, bisa bangun lebih cepat membuat hati lebih senang.

Aroma setelah hujan
Saya mempunyai hubungan love-hate relationship dengan hujan. Walau lebih sering cinta. Meski hujan suka mengurung dan membuat basah. Meski hujan kadang menggenangkan air di jalanan. Suara dan aromanya yang dihasilkannya dapat menenangkan saya, somehow.

Senja yang keemasan bersama alam
Menikmati senja bersama anginnya yang sepoi-sepoi. Cahayanya menyentuh dan menyapu rerumputan atau perairan menjadikannya berwarna keemasan. Bersama teh atau menunggu buka puasa, senja bisa saja mengantar bahagia.

Mendapat komentar positif di blog
Komentar positif bukan hanya bermakna pujian. Bisa saja kritikan membangun yang disampaikan dengan bahasa yang santun. (Poin ini boleh diartikan sebagai kode).

Bisa tidur dengan tenang
Tidur sebagai penutup hari. Ada hari-hari ketika saya susah tidur, pikiran melayang kemana-mana, atau susah tidur karena gangguan dari luar sana. Bisa tidur lelap juga bikin bahagia. Sebab bisa tidur lelap kiz zzz zzz zzz ...

1 comment:

  1. Wahh yang terakhir itu gue banget saat ini.. hihihi.. setelah beberapa bulan marathon kerja jadi panitia suatu acara. Butuh tidur yang super quite dan ga mikirin kerjaan apa pun.

    ReplyDelete