Jika Saya Masih Hidup di 2019

Tema tantangan #BPN30DayChallenge2018 hari ke-17: "5 hal yang ingin dilakukan di tahun 2019."

Sebetulnya ada segudang keinginan dan ide yang saya miliki. Namun, saya merasa segan ide-ide ini terekspos nyata dan dibaca oleh banyak mata. Oke, 4 kata terakhir terlalu pede kali ya. Tapi pada beberapa keinginan, ya bolehlah ditulis di sini.

Maka untuk tantangan ini, saya memilah keinginan dan ide yang bisa saya tulis di blog. Barangkali ada yang terinspirasi. Barangkali ada yang meng-amin-i keinginan-keinginan ini agar dapat tereksekusi.

Jika saya masih hidup di tahun 2019... saya ingin...

Saya akan menulis yang lumrah saja yah V^_^

Moon maap, keinginan yang saya tuliskan di sini bahkan terlalu lumrah. Oleh karena itu saya berterima kasih banget loh sama teman-teman pembaca yang berbaik hati membaca sampai akhir dan meninggalkan komentar baiknya :3

Berdasarkan data Perpustakaan Nasional tahun 2017, frekuensi membaca orang Indonesia rata-rata hanya 3-4 kali per minggu. Sementara jumlah buku yang dibaca rata-rata hanya 5-9 buku per tahun. (www.cnnindonesia.com)

2019 saya akan tetap membaca.

Tujuan dasar saya membaca bukan untuk mendongkrak angka minat baca Indonesia sih, melainkan lebih ke fungsi membaca bagi diri sendiri. Saya menemukan keuntungan membaca, mulai dari merasa punya teman, menambah pengetahuan, memperluas sudut pandang.

100 buku untuk 2019
Kuantitasnya akan saya tingkatkan. Saya sudah berencana menargetkan 100 buku pada goodreads reading challenge 2018. Angka yang drastis setelah sebelumnya hanya menargetkan 12 buku di tahun 2018. Saya memang gila. Kadang saya perlu menjadi gila.

goodreads per 7 Desember 2018

Menambah kemampuan berbahasa
Bolehlah masuk ke dalam tulisan yang saya temakan: membaca ini. Bahasa berhubungan erat dengan membaca, bukan? Membaca kamus misalnya. Membaca soal latihan misalnya. Bagaimana bisa saya mengaku 'polyglot wanna be' ketika saya tidak banyak lagi belajar bahasa baru? Malu.

Menambah kemampuan memasak
Loh loh kok masak Nad? Kan tadi katanya 2019 tetap membaca. Iya, membaca resep maksudnya. Kebetulan saya gak terlalu pandai belajar memasak hanya dari video. Saya harus membaca tulisan resepnya. Kecuali jika resep itu dipraktekkan oleh keluarga saya berulang kali di dapur.

Blog saya semakin berkembang
Agaknya pembaca sudah paham apa maksudnya. Pengunjung dan page view nya bertambah. Cara penulisan saya, gambar yang saya masukkan, harus lebih diperhatikan. Agaknya saya juga mesti rajin blogwalking untuk mendapatkan inspirasi.

Menyelesaikan yang perlu diselesaikan
Sepertinya sudah jelas.

Menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan.

Memperbaiki apa yang perlu diperbaiki.

Bergerak.

Sekian sepenggal dari sebongkah keinginan saya. Bener-bener lumrah bin mainstream gak si? Ada sih, buanyak keinginan lain yang bahkan lebih spesifik. Tapi baru ini yang bisa saya tuliskan.

"Orang-orang itu telah melupakan bahwa belajar tidaklah melulu untuk mengejar dan membuktikan sesuatu. Namun belajar itu sendiri adalah perayaan dan penghargaan pada diri sendiri."
(Andrea Hirata, Penulis)

2019 terus belajar | 2019 taruih baraja.

Apakah kita memiliki keinginan yang sama?

2 comments:

  1. Untuk No.1, jangan lupa dibuat reviewnya yaaa...ditungguin lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Review per buku atau review challenge-nya kak? Heheh.

      Delete