Memilih Nama Blog

Pada dasarnya sih suka-suka aja mau milih nama blog pakai kata apa aja. Namun sesuka-suka apapun itu, pasti ada alasannya bukan? Paling tidak alasan yang dipakai adalah "iseng". Tapi, se-iseng apa sih? Kok rasanya masih ada alasan di balik kata "iseng" itu? Seperti: "suka".

Hahaha. Ngomong apa sih, Nad? Kalimat saya bisa dipahami gak ya oleh pembaca? Baiklah, daripada berbelit-belit, sekiranya langsung saya kita bahas latar belakang memilih nama blog. Sebab kadang, pemilihan nama blog bukan hanya karena: suka aja titik.

Lalu apa dong alasan blogger memilih nama blognya?

Sesuai dengan tulisan
Jelas. Contohnya melalui ofbatteranddough.com, Rebecca berbagi resep roti dan kue. Sebuah blog dengan isi jualan barang safety pun memberi nama blognya www.tokosafetyjakarta.blogspot.com. Muthia Pakpahan memberi nama blognya www.turiscantik.com dan berbagi informasi seputar travelling dan beauty.

Memperhatikan SEO
Selain sesuai dengan isi tulisan, nama blog juga berpengaruh pada search engine optimization atau pencarian browser seperti google, dll. Jika pengguna browser ingin mencari informasi soal tutorial blog, kebanyakan situs teratas yang muncul adalah www.blogooblok.com, www.blogalague.com, www.topikblogku.blogspot.com. Lihat? ada kata "blog"nya. 

Terlepas dari ada nama lain seperti sugeng.id, itu lain cerita, SEOnya sudah jawara. Nama blog berpengaruh pada pencarian google. Itulah sebabnya pada syarat dan ketentuan kontes SEO biasanya dilarang menggunakan kata kunci di blog yang diikutsertakan.

Mengandung sebab peristiwa juga sebagai penyemangat
Di www.mamajagoan.com, Athiah memberi nama blognya dengan Mama Jagoan. Selain berlatar belakang perjuangannya sebagai ibu, ini juga dapat menjadi penyemangat. Nurul juga memberi nama blognya www.bukanbocahbiasa.com yang ternyata diperuntukkan bagi putranya dengan doa agar si buah hati tidak menjadi anak yang biasa-biasa saja.

Branding
Kebanyakan nama blog adalah nama diri sendiri. Disesuaikan pula dengan nama-nama akun sosial media yang lain. Hal ini pada akhirnya membentuk personal branding pada diri sehingga orang lain mudah ingat jika ingin 'mencari' kita.

Singkat dan mudah diingat
Bayangkan blog yang bernama www.cdbbdcsnladshxian.com. Bahasa di daerah mana di planet bumi yang hampir mirip dengan nama blog tersebut? Siapa yang akan mudah mengingatnya? Nama blog yang lebih baik adalah yang gampang diingat. Jadi jika ada yang tertarik, bisa gampang jika ingin balik ke blog itu.

Taruih Baraja

Kenapa Taruih Baraja?

Alasannya sudah dicantumkan di bagian About. Tapi tak ada salahnya juga untuk membahas kembali dan menceritakan alasannya di postingan ini.

Taruih baraja merupakan bahasa Minangkabau yang artinya terus belajar. Itu moto saya. Saya sudah belajar banyak melalui dunia perbloggingan ini karena blogwalking, karena berkesempatan bertemu dan sharing, karena ikut lomba dan terpaksa riset soal tema. Semoga kita semua juga terus belajar ya. Itu filosofisnya.

Jadi, apakah sesuai dengan tulisan? Sepertinya sudah sesuai mengingat blog ini bertujuan berbagi pembelajaran. Walau mungkin soal SEO di nama blog, Taruih Baraja tidak begitu berpengaruh. Lagipula nichenya -masih- personal. Jadi, biarkanlah di Taruih Baraja, SEO didukung dari faktor yang lain.

Apakah Taruih Baraja sudah cukup singkat dan mudah diingat? Pada akhirnya saya pikir-pikir, belum tentu. Tergantung bagi orang mana-nya. Bagi orang Indonesia khususnya Minang, mestinya akan lebih mudah mengingat nama blog ini.

Bagaimana menurutmu?

No comments:

Post a Comment