Buku Berilustrasi Ringan iPusnas yang Mungkin Akan Kamu Suka

Terus terang, sampai detik ini belum banyak buku yang saya lahap sampai habis, walaupun saya sudah mulai rajin membaca akhir-akhir ini. Apalagi semejak saya kenal ipusnas pada 27 Oktober yang lalu. Hehe, kemana saja saya selama ini, baru tahu ipusnas.

Selain ipusnas, ternyata juga ada ridmi yang merupakan perpus digital pasar modal; iTani untuk dunia agrikultur; ijak, ijateng, ijogja, ikaltim, ikaltara, ibalikpapan, itoraya, imartapura; isantri; irohul; serta iBILibrary. Dari semuanya, saya baru pernah coba iPusnas.

iPusnas bisa diunduh di IOS, android, atau PC. Teman-teman bisa kunjungi laman ipusnas.id. Install aplikasinya, dan kemudian bikin akun. Kemudian cari buku yang teman-teman ingin baca, dan pinjam. 

Bagi buku yang saya cari, koleksi iPusnas masih terbatas. Tapi sebenarnya sudah bisa dibilang banyak. Lumayan untuk yang mau membaca saat sedang terbatas jarak dan waktu pergi ke perpustakaan. Atau mungkin untuk yang mau baca-baca dulu takut terlanjur membeli buku yang kurang sesuai dengan ekspektasi.

Logonya tulisan iPusnas berwarna hijau dan biru dengan A berupa bintang

Ada beberapa bacaan ringan berilustrasi yang akan saya sedikit ulas di sini. Bacaan ini bisa menambah semangat kita, atau mungkin hanya sebagai teman untuk menghangatkan hati atau mengisi waktu luang dengan membaca buku. Berikut beberapa buku yang pernah saya baca di iPusnas:

Steal Like an Artist oleh Austin Kleon
Pertama kali tahu buku ini dari puterawicak, dan akhirnya nemu di iPusnas. Austin merupakan New York Times bestselling author untuk tiga bukunya: Steal Like an Artist; Show Your Work!; dan Newspaper Blackout. Ada banyak lagi buku karya Austin. Sampai detik ini saya baru baca Steal Like an Artist dan ingin memilikinya. 

Judul lengkapnya Steal Like an Artist: 10 Things Nobody Told You About Being Creative. Sudah bisa ditebak ke mana arah tulisannya. Namun, entah kenapa saat membaca ini, saya tidak bosan lantaran saya sudah berapa kali ikut seminar-seminar motivasi atau baca-baca buku atau tulisan motivasi lainnya.

Steal Like an Artist - Austin Kleon

BTDTGTTS oleh Risyiana Muthia
Diperkenalkan oleh akun nkchti sesi tanya jawab buku. Kepanjangannya adalah Been There Done That Got The T-Shirt. Buku ilustrasi lainnya tentang self-improvement. Untuk "hidup" di dalam hidup. Ilustrasinya oleh Emeralda.

Buku ini memperkenalkan saya dengan frasa carpe diem yang berarti "petiklah hari". Lengkapnya carpe diem, quam minimum credula postero" yang berarti: "petiklah hari dan percayalah sedikit mungkin akan hari esok". Jadi manfaatkan hari ini dengan maksimal/faedah, jangan banyak khawatir bagaimana esok.

Ambil risiko, jadi kreatif, aktifkan hormon adrenalin. Nikmati setiap hal yang mungkin dirasa kecil atau sepele. Manfaatkan kesempatan. Kantongi banyak pengalaman, hingga akhirnya bisa bilang: "been there, done that, got the t-shirt"/ udah pernah. Buku grafis yang kreatif, kocak, dan unik.

Been There Done That Got The T-Shirt (BTDTGTTS) - Risyiana Muthia

Stories for Rainy Days oleh Naela Ali
Pertama tahu dari nyasar ke ig Naela Ali. ternyata Naela sudah punya buku sendiri. Saya sudah baca Stories for Rainy Days hingga volume II. Kesannya seperti membaca diary seorang gadis yang suka buku dan musik tentang kisah cintanya. Berbahasa Inggris, dan ilustrasi dari Naela Ali sendiri. Bacaannya ringat banget. Kisah cintanya agak cheesy menurut saya, tapi menghangatkan juga.

Stories for Rainy Days - Naela Ali

The Book of Forbidden Feelings oleh Lala Bohang
Tahu buku ini dari instastory teman dan merasa kok relate sama keadaan (waktu itu) ya. Buku ini juga berbahasa inggris, dan berilustrasi yang dibuat oleh Lala Bohang sendiri. Di buku ini berisi puisi-puisi dan pemikiran acak atau random thought dari Lala. Bukan buku motivasi. Bisa dijadikan teman di kala sendiri.

The Book of Forbidden Feelings - Lala Bohang

Melihat Api Bekerja oleh Aan Mansyur
Agaknya nama Aan Mansyur sudah tak asing di banyak orang. Apalagi yang pernah nonton AADC. Pujangga muda ini telah menerbitkan beberapa buku pula. Saya juga sudah baca beberapa bukunya yang lain seperti Tidak Ada New York Hari Ini dan Cinta yang Marah. 

Supaya adil, sama dengan yang lainnya, kali ini saya akan merekomendasikan satu dari beberapa bukunya. Melihat Api Bekerja hadir dengan ilustrasi yang ciamik karya Emte, serta puisi khas Aan Mansyur yang tak kalah apik.

Melihat Api Bekerja - Aan Masnyur
Bagaimana menurutmu?

6 comments:

  1. Mbak yang stories of Rainy days itu bagus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4/5 dan 3/5 bagi saya Mbak. Bacaan ringan menghangatkan hati menurut saya.

      Delete
  2. Wah, baru tahu ada aplikasi ini. Makasih banyak sharingnya. Jadi ada referensi tambahan untuk buku bacaan :)

    ReplyDelete
  3. Saya bersyukur sekali dengan adanya Ipusnas. Seperti punya perpustakaan dalam genggaman. Eh, emang perpus dalam genggaman ya karena menggenggam hape :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, "perpustakaan dalam genggaman". Frasa yang bagus kak Yanti :D

      Delete