Alasan Menulis Blog

Apa alasan saya ngeblog?

Sebetulnya jawabannya sudah sering saya selipkan pada postingan sebelumnya (Lihat juga: Tentang BlogBlogger Masa Depan, Jadi Apa Kawan?). Namun baiklah, mari saya coba rangkum kembali di postingan Alasan Menulis Blog ini.

Ada alasan yang mendorong saya mulai membuat dan menulis di blog. Ada alasan yang seiring berjalannya waktu, membuat saya terus bertahan dan masih menulis di blog. Jadi, akan ada beberapa latar belakang mengapa saya menulis blog.

Kenapa ngeblog

Merapikan kenangan berbagi pengalaman
Saya suka menulis. Yup, merapikan kenangan bisa di media lain seperti buku harian. Pun berbagi bisa di media lain, secara media sosial ada banyak. Namun, saya lebih suka menulisnya di blog. Sebab di sini rasanya lebih apa ya? 

Rasanya orang-orang yang membaca lebih karena kemauannya, bukan tak sengaja lewat di lini masa media sosial yang sedang dibuka. Selain itu, blog hadir untuk tulis-menulis, kan? Jadi di blog kita bisa menulis panjang, mengkreasikan tulisan.

Melalui menulis dan membagikannya di blog, kadang saya merasa ini menjadi salah satu self healing juga. Melempar tulisan ke blog dapat menjadi melempar beban dari otak saya. Semoga tulisan saya gak sepenuhnya sampah ya. 

Haha, kok jadi panjang lebar ya? Intinya, tulisan awal-awal saya di blog adalah untuk berbagi pengalaman. Hampir mirip digital diary, tapi tidak per hari pula. Just for fun. Syukur-syukur ada pihak editor yang melirik #eh.

Melatih kemampuan menulis
Blog juga merupakan tempat untuk latihan menulis. Practice makes you perfect. Selain dengan terus-terusnya memposting artikel di blog, kita juga dapat mengasah tulisan kita melalui berbagai kompetisi di blog.

Menambah ketebalan dompet
Halus banget gak tuh bahasanya? Alasan selanjutnya dalam ngeblog adalah mendapatkan tambahan ketebalan dompet, dengan kata lain mendapatkan uang tambahan dari ngeblog.

Setelah ketak ketik posting ini itu di blog, saya kemudian tahu bahwa melalui blog, kita bisa menghasilkan uang -selain dari merilis buku kumpulan tulisan di blog. Saya kemudian mengenal adsense -yang sampai kini belum saya perjuangkan lagi setelah ditolak beberapa kali #plak.

Tapi jangan sedih, ada banyak jalan ke Roma. Adsense ditolak, cara lain bertindak. Masih ada kampanye berbayar, lomba, affiliate, dan sebagainya. Bahkan dengan mengikuti acara blogger, pun kadang diberi uang transpor atau minimal goodie bag. Um, apakah saya terlihat sebagai budak duit?

Memperluas relasi pertemanan
Tentu saja ini merupakan 'keuntungan beranak'. Maksudnya, dari ngeblog, kita bisa menambah teman. Menambah teman artinya menambah koneksi, menambah informasi. Menambah informasi berarti menambah ilmu. Gara-gara ngeblog, saya bisa bertemu orang-orang hebat. 

Bertemu gimana? Apakah bertemu dibatas layar monitor dengan perantara tulisan? Tidak. Melalui event-event, kita bisa bertemu dan bercakap langsung dengan mereka. Kita bisa berdiskusi perihal blog atau apa saja.

Menjadi bermanfaat
Saya setuju dengan pekataan Muhammad SAW, "sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain." Karena itu, saya berusaha membagikan hal-hal yang positif di tulisan ini, hal-hal yang dapat dipetik ilmunya, hal-hal yang barangkali bisa diambil hikmahnya, dari tulisan yang berguna.

Sebagai mana pula, dalam kepercayaan saya, bahwa syarat kedua dari tiga syarat pahala yang terus mengalir adalah ilmu yang bermafaat. Dua hal lain adalah sedekah jariyah dan anak sholeh yang mendoakan.

Untuk dikenang

"Menulislah, maka dunia akan mengenangmu. Menulislah, maka namamu akan abadi"

Sedikit cita-cita untuk eksis pada jaman dahulu, juga menjadi alasan di balik lahirnya tulisan saya di blog. Ya kali aja. Kali aja ada yang mau mengenang saya gitu. Semoga kenangan yang terkenang adalah kenangan yang baik-baik ya.

Hm, entahlah. Blog saya ini menggunakan domain yang disewa. Kalau saya mati, lama-lama blog ini bisa kadaluarsa dong? Apa saya tulis di surat wasiat aja? Eh tapi setidaknya saya masih dikenang dalam beberapa jangka waktu. Eheheh. Mungkiiin.

Bagaimana denganmu? Apa pendapatmu?

No comments:

Post a Comment