Mudahya Mencari Produk Handmade Unik di Indonesia

Produk handmade dikenal menyandang predikat lebih bagus secara kualitas dibanding produk hasil pabrik nan diproduksi secara masif dalam waktu yang lebih singkat. Saya sendiri pun lebih menyukai produk buatan tangan. Apa alasan saya lebih menyukai produk handmade?

Handmade
Kualitas nomer satu, dikau tak usah ragu
Seperti yang telah disebutkan di awal kalimat, yaitu kualitasnya. Pembuatan produk handmade yang lebih sedikit dibanding pabrik membuat kualitasnya lebih diperhatikan. Sebab produk handmade dirancang oleh tangan pengrajin yang sudah ahli dengan sepenuh hati, teliti, dan berhati-hati. Hal-hal tersebut lebih diutamakan dari pada kecepatan.

Soal awet dan tahan lama, jangan ditanya
Karena berkualitas ini, produk handmade itu relatif lebih awet. Produk handmade selain memperhatikan kualitas hasil -seperti jahitan atau apapun itu cara melekatkan bahan-, juga memperhatikan bahan baku yang digunakan dengan baik.

Unik, artistik, cantik, ayo silakan dilirik
Jumlahnya yang terbatas pun menjadikan produknya tidak begitu pasaran alias tidak banyak yang akan memakai barang yang sama dengan kita. Ini menjadi keunikan tersendiri bagi pemakainya. Apalagi produk handmade memiliki nilai seni yang lebih artistik dari sentuhan tangan pengrajin yang berpengalaman.

"Err... produk handmade itu mahal bukan?"

Apa? Kemahalan? Kamu yakin?
Katanya sih, produk handmade ini mahal. Tapi, kalau dihitung-hitung lagi, malah jatuhnya bisa murah. Sebab kualitas yang ditawarkan, waktu pemakaian yang lebih lama (keawetannya), dan keunikan yang diberikan oleh produk handmade tersebut. Selain itu tentunya kita juga boleh mengingat proses pembuatannya agar dapat lebih memaklumi.

Industri kreatif Indonesia, bisa!
Oh iya, berbicara dari segi pengrajin, dengan membeli produk handmade buatan Indonesia ini, secara tidak langsung kita juga dapat memajukan perekonomian dari bidang industri kreatif Indonesia. Karena sebetulnya mutu produk handmade Indonesia ini tak kalah dengan barang-barang branded produksi luar negeri. Bahkan produk handmade bisa lebih unik dan lebih murah ye kan? Setuju gak?

Setuju?:
Harus setuju dong, hehe. Seperti yang sudah dituliskan di postingan saya sebelumnya (Surat Cinta: Apakah Cinta Rupiah Bisa Mendatangkan Kebahagiaan?), bahwa pengurangan konsumsi produk impor memiliki andil dalam menguatkan rupiah karena mengurangi ketergantungan kita terhadap dolar dan mata uang asing lainnya. Kita mau nilai tukar rupiah naik kan? ☺️
"Aku mau beli dong. Tapi, di mana bagusnya? Aku bingung."

Oke, yuk mari kita sambil lihat-lihat. Apa saja produk handmade yang dipasarkan itu?

Beranekaragam produk handmade
Melalui situs Qlapa.com, kita bisa mengetahui apa saja produk handmade yang ada di Indonesia. Mulai dari pakaian dan aksesoris seperti tas yang bervariasi, scarf, syal, hijab, jam tangan, kaca mata, ikat pinggang, topi, dan aksesoris lainnya. Kemudian perhiasan seperti kalung, liontin, gelang, anting, cincin, bros, pin, serta hiasan kepala. Juga berbagai macam sepatu dan sandal baik yang berhak tinggi atau yang datar. Indonesia punya beragam produk handmade dalam dunia fashion.

Baju batik handmade. Sumber: Qlapa.com

Selain itu, juga ada peralatan makan dan dapur, seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, sumpit, dan bip. Juga ada peralatan masak, lap, serbet, dan taplak meja. Untuk dekorasi ruangan juga ada, seperti bantal, boneka, miniatur, hiasan dinding, papan nama, poster, lukisan, karpet, tirai, jam dinding, dan lainnya. Ada pula furnitur yang lebih besar seperti lemari, rak, sofa, kursi, dan meja.

Tempat duduk dari sentuhan tangan pakai hati. Sumber: Qlapa.com
Ada lagi yang berurusan dengan gawai atau gadget. Contohnya casing handphone, pouch handphone, dudukan handphone, cover tablet dan laptop, speaker akustik, clip kabel, hiasan handphone, USB flashdisk, tatakan tetikus, serta casing dan strap kamera.

Favorit nih, produk handmade yang tak kalah Indonesia banget. Sumber: Qlapa.com
Apa lagi? Untuk ATK (Alat Tulis Kantor) juga ada. Apa yang diperlukan? Tempat kartu nama, dudukan pensil, kotak pensil, buku dan jurnal, folder dan binder, pembatas buku, papan tulis, kalendar. Ada banyak yang disuguhkan.

Bagi pecinta jalan-jalan atau traveller juga ada peralatan pendukung aktivitas travelling. Seperti ID, Tag, Lanyard. Lalu cover passport, tempat tisu portable, tempat make up portable, gantungan kunci, dan peralatan lainnya. Tinggal dipilih mau produk handmade yang mana. 

Tak ketinggalan, dari kategori kuliner (makanan/minuman) juga menyediakan sambal bumbu dan bahan dasar, cemilan, keripik dan kerupuk, kacang, roti dan kue, kopi, teh, cokelat, serta minuman herbal lainnya.

Bahkan juga ada produk perawatan dan kecantikan seperti sabun cuci muka, toner dan krim wajah, masker dan bedak wajah, sabun mandi, lotion, lulur dan masker tubuh, sampo dan conditioner, minyak rambut dan wax rambut, lipbalm dan lipstick, parfum, minyak aromaterapi, dan lainnya.

Kemudian juga untuk pernak-pernik atau hadiah yang memeriahkan perayaan, ada bingkisan, kartu ucapan, lilin kue, hiasan kue, dekorasi pesta, dan rangkaian bunga.

Produk handmade Indonesia. Sumber: Qlapa.com
Indonesia semakin kreatif. Semakin beragamnya produk hasil karya tangan anak Indonesia. Melalui sikap menggunakan produk dalam negeri, kita turut memajukan perekonomian Indonesia. (Tentu saja dalam catatan membeli yang butuh, bukan membeli yang ingin). 

"Jadi, di mana aku bisa menemukan produk handmade unik di Indonesia?"

Coba kunjungi Qlapa.com, kita dapat menemukan berbagai macam produk handmade tersebut. Qlapa.com bagaikan rumah bagi produk handmade Indonesia. Di sana kita akan dapat menemukan produk handmade Indonesia dengan mudah.

6 comments:

  1. Qlapa.com emang kece bangett... aku baru tau website ini beberapa hari lalu langsung jatuh cinta.. hahay... sukak deh :)

    ReplyDelete
  2. Belum pernah berkunjung ke website qlapa, meluncuuur ah ^^

    ReplyDelete
  3. Produk buatan sendiri, terutama bukan dari mesin menghasilkan sebuah karya yang tak ternilai, Beruntung Indonesia memiliki Web Qlapa. :)

    ReplyDelete
  4. Suka dengan handmade.. Enggak pasaran dan ada ciri khas sentuhan tangan.
    Dan kebetulan sudah sering beli di Qlapa yang handmade nya memang juwaraa 😊

    ReplyDelete
  5. Unik, artistik dan cantik. Itulah yang membuat saya suka dengan handmade. DAn Qlapa tempat saya belanja.

    ReplyDelete
  6. Memang belum banyak yang tau soal Qlapa dan apa yang mereka lakukan. Dan saya cukup senang membaca tulisan bagus seperti ini yang mengenalkan Qlapa sebagai toko jual beli yang berfokus pada penjualan produk-produk handmade lokal Indonesia. Yang artinya, ketika kamu menulis ini dan menyebarkannya pada dunia, kamu turut serta menyebarkan semangat #CintaProdukLokal dan itu yang sangat saya sukai.

    Nah, kalau boleh saya tambahkan, Qlapa itu lebih dari sekedar platform jual beli online. Mereka menyediakan produk handmade sekaligus menawarkan kemudahan. Para pembeli tidak perlu melakukan pemesanan yang sebegitu rumitnya untuk membeli produk di Qlapa, dan begitu juga sebaliknya, para pengusaha dan pengrajin yang mau berjualan bersama Qlapa juga diberikan kemudahan untuk mempromosikan produknya di Qlapa.

    Sesuai dengan tagline-nya, Mudahnya menemukan handmade unik khas Indonesia di Qlapa setidaknya terbukti. Disamping kemudahan yang diberikan, dengan bertransaksi di Qlapa kita juga turut meningkatkan usaha Eknonomi Kreatif Indonesia yang sedang menggeliat. Dengan kita membeli produk di Qlapa, kita menyemangati pengrajin lokal untuk tetap semangat berkarya.

    Dengan begitu, semangat #CintaProdukLokal bisa berjaya lagi, dan kita tidak perlu lagi berbelanja produk handmade-handmade mahal buatan luar negeri, karena di Qlapa, kita bisa beli dan memiliki handmade unik khas Indonesia yang belum tentu ada di tempat lain dengan harga terjangkau.

    Semoga makin banyak orang Indonesia yang #CintaProdukLokal dan Qlapa adalah salah satu platform yang tepat untuk membuktikannya.

    Btw, saya juga lagi ikutan lomba blog yang sama nih. Minta kunjungan baliknya ya ke bit . ly/Qlapa (sengaja saya pisahkan agar tidak tersaring filter spam). Semoga beruntung dengan lomba blognya ya. Gue harap salah satu hadiah-hadiah yang ketjeh itu mendarat di depan rumah kita dengan mulus. Amin

    maaf ya kalau komennya kepanjangan, hihi.

    ReplyDelete