Hal-hal yang Ada di Facebook

Facebook. Siapa yang tidak kenal dengan sosial media legend yang satu ini? Belum se legend Friendster memang. Namun facebook sudah mangkal di dunia maya semenjak jaman kapan hari pula, tepatnya pada tahun 2004. Ibarat manusia, berarti di tahun 2017 ini ia sudah menjadi seorang anak remaja berumur 13 tahun. Apa saja sih hal-hal yang ada di sepanjang perjalanan facebook? 
Facebook icon
Game Online
Aku sudah kenal dengan media bernama facebook semenjak tahun 2007, kala itu aku duduk di bangku sekolah menengah pertama. Aku dibuatkan akun facebook oleh paman pada tahun 2008 entah 2009. Facebook pada awalnya hanyalah tempat bermain game. Game pertama yang aku mainkan adalah FarmVille. Itupun bukan aku yang memulai, tetapi pamanku yang memainkan untuk menolong kebunnya. FarmVille kan butuh pertolongan teman untuk naik level ya.

2009: Di kala itu, facebook hanyalah tempat bermain FarmVille
Ada beberapa game online yang aku mainkan di facebook, FarmVille, FarmVille2, Sims, Happy Island, Happy Aquarium, Pet Society, dan beberapa lainnya aku lupa. Game terkenal lain juga ada seperti Criminal Case yang namanya sering muncul di notifikasiku. Sekarang aku sudah jarang bermain game di facebook. Salah satu alasannya adalah karena teman-teman pun sudah beralih. Paling yang dimainkan adalah game yang terintegrasi ke smartphone seperti Candy Crush.

Quiz di facebook
Kalau ini mah masih banyak juga di jaman now. Aku dulu pernah main kuis di facebook, tapi kebanyakan ada pertanyaannya gitu. Misalnya kuis temperamen di mana kita jawab beberapa pertanyaan, lalu keluar hasil apakah kita plegmatis, melankolis, sanguinis, atau koleris. Sekarang, kebanyakan hanya menganalisis profil facebook kita. Lalu voila! Muncullah hasilnya yang kebanyakan "ramalan". Tapi memang intinya adalah just for fun.

Add friends
Facebook tak lengkap tanpa teman. Dahulu sewaktu kecil, aku suka membaca majalah Bobo. Di majalah Bobo itu kan ada rubrik puisi dan gambar, dan beberapa rubrik dari pembaca. Nama-nama pembaca yang tertera di sana, aku add. Kemudian semua selebritis/artis aku add. Aku pun tak sembarang add (meminta pertemanan) ketika nama-nama artis yang muncul -di mesin pencaharian pada facebook- ada banyak. Aku pilih akun yang punya banyak teman. Semua yang nge-add aku juga aku konfirmasi sebagai teman. Pada akhirnya, mereka -yang tak aku kenal di dunia nyata ini- aku unfriend semua. Hihi. Niat banget waktu itu unfriend satu-satu.

Status di facebook
Sudah punya teman, lalu apa lagi? Ada facebook, ada status. Rasanya, jaman dulu itu beranda facebook masih umum dengan status dari pemiliknya. Berbeda dengan sekarang yang kebanyakan hasil share dari mana gitu. Sebetulnya aku sendiri juga begitu. Hehe. Kalau dihitung-hitung, aku termasuk yang jarang ngepost sesuatu di facebook. Postingan terbanyak sepertinya pada tahun 2010-2012 pada masa putih abu-abu. Sewaktu itu di lingkunganku, sosial media masih belum menjamur seperti sekarang. Para pengguna smartphone pun masih bisa dihitung jari. Masa-masa itu sempat mewakili masa-masa alay, tulisan dengan huruf bEsAr-kEciL tak beraturan dan tata bahasa eank bikin kenink berkerutz membacanya. 
Status pertama, yang ngomen pun keluarga
Sekarang, status di facebook sudah ada fitur-fitur baru. Pengguna bisa menambahkan perasaan/aktivitas. Status di facebook juga bisa dibuat berlatar belakang warna-warni yang kita suka. Like-nya juga ada beragam. Ada like, super, haha, wow, sedih, dan marah. Kita juga bisa membalas komentar seseorang.

Hashtag
Kata hashtag pertama kali saya kenal dari platform tetangga si burung biru. Di facebook dulu tak mendeteksi hashtag. Dulu jika kita membuat kata yang didahului tanda tagar # maka kata tersebut tetap saja berwarna hitam dan tidak bisa diklik. Sekarang sudah berubah, di facebook kita bisa membuat hashtag, dan nantinya kata yang dimulai tanda # akan berubah menjadi berwarna biru serta bisa diklik.
Hashtag facebook jaman doeloe masih hitam dan tak bisa diklik
Check in tempat yang pernah dikunjungi
Mungkin ini adalah bentuk lain dari status. Ketika status biasa dijabarkan dengan kata-kata, kali ini hanya dengan lokasi tempat yang kita singgahi. Kemudian otomatis muncul peta.
Check in di facebook
(Baca juga: Gondoriah & Angso Duo Pariaman)
Bagi-bagi foto
Bagi-bagi foto di facebook bisa dilakukan di kronologi, atau kita membuat album yang dinamai sesuai selera kita. Kemudian kita bisa tandai orang-orang di yang ada di foto tersebut. Ah, semua juga sudah pada tahu ya. Ini fitur lama. Hehe.

Gifts
Dulu, sekitar tahun 2009, facebook juga penuh dengan gifts. Itu loh, yang dikirim oleh teman kita ke beranda kita. Entah itu isinya makanan, atau gambar apa gitu. Kebanyakan sudah menghilang di profil saya, entah kenapa. Mungkin pihak penyedia sudah hilang, atau pemberi hadiah yang sudah menghapus akun lamanya yang penuh kealayan. Hanya Tuhan yang tahu. Tapi saya menemukan salah satu gift hasil galian saya yang jauh menelusuri profil saya ke tahun 2009. Walau gambarnya sudah kosong.
Gift di facebook
Sekarang? Entahlah. aku sudah tak menemukan gifts ginian lagi di facebook jaman sekarang. Lagipula kalau dipikir-pikir, faedahnya pun tak begitu banyak. Tapi lumayan bahagia juga lah kalau dapat ini dari orang yang kita cintai. Ye kan? Namun mostly kerasa sebagai spam ga sih, bayangkan gifts ini lewat di beranda. Hehe. Mending personal chat kalau mau ngasi sesuatu. Mending lagi kalau benda asli, tapi ga pa pa lah, ini kita ngomongin hal virtual :D
Note di facebook
Dari dulu fitur ini juga sudah ada. Mungkin tak begitu banyak yang memanfaatkannya sekarang, setidaknya di sekitar saya. Bahkan sejujurnya saya sendiri belum pernah membuat note di facebook. Dulu bahkan saya pernah ketemu lomba menulis di media online, dan boleh ditulis di note facebook. Yap, note facebook ini bisa juga dishare/dibagikan.
Note di facebook
Grup
Di facebook kita bisa bikin grup yang di situ kita juga bisa saling berbagi info baik dalam bentuk kata, maupun foto, video, dokumen, dan lainnya. Grup juga dapat menampun banyak anggota. Sehingga untuk mempertemukan atau membuat suatu wadah di dunia maya untuk orang di berbagai penjuru, facebook merupakan suatu tempat yang oke.

Ulang tahun reminder
Banyak orang notice dengan ulang tahun kita karena facebook. Etapi kita kadang juga gitu, notice dengan ulang tahun teman karena facebook. Siapa yang pernah menyembunyikan tanggal ulang tahunnya di facebook dan ucapan-ucapan itu menghilang? Hehe. Sayah. Namun beberapa dari teman tetap mengingat.
Birthday card via facebook
Messenger
Fitur ini sudah ada sejak dulu. Namun fitur yang satu ini terus dikembangkan. Contoh pengembangannya adalah adanya stiker.

Membangkitkan kenangan & hari pertemanan
Pernah dapat notifikasi dari facebook semisal "1 tahun yang lalu" atau dua atau lebih? Facebook merecall kembali kenangan masa lalu. Apakah itu tentang status atau foto, atau perayaan pertemanan dengan tean kita di facebook terhitung semenjak pertama kali kita berteman di facebook.

Colek
Siapa yang pernah colek mencolek di facebook? Ini semacam malu-malu meong juga ya, kasi-kasi kode colek. Kenapa gak ngomong langsung saja? Haha. Eh tapi saya pernah dicolek dan balas mencolek. Itu dulu. Sekarang? Tidak mendapat colekan lagi. Hehe. Tidak mau nyolek-nyolek juga.

Buat bingkai
Di facebook, kita bisa bikin bingkai atau frame foto. Umumnya digunakan untuk memperingati suatu hari atau melakukan kampanye. Kita juga dapat menggunakan bingkai yang orang lain buat.
Bingkai foto via facebook
Stories
Facebook ternyata juga ada story-nya. Sudah semakin banyak saja media sosial yang memiliki fitur story ini.

Tampilan facebook
Tampilan facebook semenjak tahun 2004 sampai sekarang tahun 2017 telah mengalami beberapa kali perubahan tampilan facebook  dari waktu ke waktu. Teman-teman bisa klik kalimat perubahan tampilan facebook dari masa ke masa ini untuk melihat tampilan-tampilan facebook itu. Pada tahun 2004, tampilannya sangat sederhana dan pada awalnya bernama thefacebook. Kemudian pada tahun 2005 namanya berubah dan tampilannya juga pada font serta foto profil yang lebih besar. Facebook pun dibuka untuk umum. Kemudian kita dapat menambahkan foto-foto kita di bagian atas profil. Para pengguna facebook pun banyak yang kreatif dalam menyusun dan menampilkan foto mereka. Kemudian muncul kronologi. Lalu tampilan profil facebook pun memiliki foto sampul.

Fitur lain facebook
Selain itu, facebook masih punya fitur lain seperti acara, siaran langsung, cuaca, dan lain sebagainya.

Mark Zuckenberg
Kenal facebook, kenal Mark Zuckenberg juga dong ya? Ex mahasiswa Universitas Harvard ini bersama dengan teman-temannya membuat sebuah platform biru yang awalnya hanya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja. Kemudian meluas ke beberapa perguruan tinggi sekitar. Hingga akhirnya -seperti yang sudah disebutkan di atas- dapat diakses oleh umum.


Seperti yang sudah dikatakan oleh Mark Zuckenberg pada video di atas, tak ada seorang pun yang dapat melakukan atau mencapai sesuatu secara langsung. Semua butuh proses. Ide tidak langsung hadir utuh pada permulaan, namun seiring berjalannya waktu kita akan mampu menyempunakannya dengan belajar dari kekeliruan. Hal yang perlu dilakukan adalah memulainya. "You just have to get started". We just have to get started.

Begitu pula jika mempunyai ketertarikan dengan bidang IT, dan/atau memiliki keinginan untuk membuat sesuatu, website misalnya. (Baca juga: Ngobrolin Si Mbah Google) Kita bisa belajar. Di Dumet School, kita bisa belajar membuat website. Tempat kursus ini sudah mendapatkan izin resmi dari Dinas Pendidikan. (Baca juga: Seberapa Penting sih Sertifikasi Itu?)

Fasilitas Dumet School
Kelebihan Dumet School
Selain itu, Dumet School juga memiliki jadual yang fleksibel dan kita bisa bebasa memilih jam kursus sesuai dengan keinginan kita. Di Dumet School, kita juga bisa belajar dengan suasana semi private. Tidak usah risis dengan banyak murid belajar di kelas. Satu murid pun yang ada, kelas tetap dimulai. Jadi lebih intens dan kondusif kan ya. Kursus ini tidak ada batasan waktunya karena dijamin sampai bisa dan gratis konsultasi seumur hidup.

-Testimoni-
Dari mahasiswa, karyawan, hingga dosen menjadi murid Dumet School
Masih ada lagi testimoni yang lain mengenai asyik dan hebatnya instruktur/mentor, kualitas lingkungan yang nyaman, dan cara/metode belajar yang ada di Dumet School. Jadi, kalau mau belajar website hingga desain grafis, dan ada sertifikasinya? Bingung mau di mana? Sekarang sudah tahu kan jawabannya?

Catatan: Jangan heran apabila pada blog ini ditemukan kata "aku" dan "saya". Ini hanyalah kelabilan si aku dan si saya yang sebetulnya adalah satu orang yang sama.
***

3 comments:

  1. Saat ini saya memanfaatkan FB untuk share blog post terbaru dan menambah networking sesama blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo promosi dan masuk grup-grup blog ye Mba. Hehesip.

      Delete
  2. belum pernah main game online di FB.
    Bagus juga nih dumet school, makasih sharingnya

    ReplyDelete