Ngobrolin Si Mbah Google

Google. Siapa sih yang enggak kenal dengan kata di atas? Hampir semua orang, setidaknya orang Indonesia kenal dengan situs yang satu ini. Bahkan sampai dijuluki "Mbah Google", "Om Google", "Paman Google" dan lain sebagainya. Google sudah sangat akrab sebagai mesin pencari sesuatu. Kids jaman now kalau mau tanya-tanya, kebanyakan tanya sama Google.
Google logo
Google bukan sekadar Si Mbah Tahu Segala
Dilansir dari Wikipedia, Google.Inc adalah sebuah perusahaan multinasional milik USA yang berkekhususan pada jasa produk internet. Produk tersebut meliputi teknologi mesin pencaharian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords. Jadi, Google itu bukan sekadar si Mbah yang tahu segala, karena produk Google itu ada banyak ternyata.

Beberapa produk Google
Jika kita punya akun Google. Maka ternyata kita tidak hanya punya Google Mail atau Gmail, tapi kita otomatis akan punya akun-akun lain. Karena Google juga mempunyai Google Plus, Google Maps, Google Translate, Photos, Google Play, Google Drive, Google Calendar, Google Docs, Google Books, Hangouts, Keep, My Business, Classroom, Contacts, sampai Youtube. Semua milik Google. Apalagi buat para pencari doku di internet pun sudah tak asing dengan Google Adsense. Bahkan blogger.com juga sudah dikuasai oleh Google. Jika ingin mengetahui produk lain dari Google, klik aja kalimat ini.

Lahirnya Google
Google didirikan oleh Lary Page (est. 1973) dan Sergey Brin (est 1973) saat masih menjadi mahasiswa Ph.D di Stanford University. berawal dari pertemuan tak sengaja, mereka memulai kolaborasi semenjak tahun 1996. Awalnya mereka membuat search engine yang diberi nama BackRub. Tahun 1998, teknologi search engine itu terus disempurnakan, dan keduanya mulai mencari investor untuk mengembangkan karya mereka. 
Sergey Brin dan Larry Page. Foto diambil dari Instagram
Google berdiri pada tanggal 4 September 1998 di Menlo Park, California. Pada tahun 2006 kantor pusatnya pindah ke California, USA. Tepatnya di Googleplex, Mountain View, California, Amerika Serikat. Nama kantornya tersebut dikenal sebaga "Googleplex". Mempunyai misi "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses oleh semua orang", dan mempunyai slogan tidak resmi "don't be evil".
Googleplex via Instagram
Fun di Google
Google terkenal dengan etos kerjanya yang fun. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut dipelajari oleh Fortune Magazine dan menempati urutan pertama dari 100 perusahaan terbaik untuk bekerja. Saya pernah menonton video tentang jalan-jalan ke kantor Google Indonesia. Selain itu juga ada video-video Googleplex Tour. Terlihat betapa unik, seru, tidak membosankan-nya kantor Google ini. Saya bahkan pernah bermimpi bisa bekerja di sini.
Kantor google via Instagram
Google Doodle
Jika kita pergi ke laman awal Google dot com (atau dot id atau apa sesuai negara domisili kita), kadang kita akan menemukan Google doodle yang berbeda, sesuai dengan hari itu. Misal, tahun baru, maka tema Google doodle akan seperti tahun baru. Atau memperingati hari kelahiran seseorang.  Google doodle ini akan berbeda-beda di setiap negara. Kadang jika kita klik, akan ada mini game. Kadang jika kita klik, akan ada informasi mengenai hari ini. Lumayan menambah pengetahuan. Bahkan, jika kita ulang tahun, Google akan memberimu doodle dengan lilin-lilin kecil. Saya pernah dapat selamat ulang tahun dari Google :D Jika mau mengintip Google doodle yang pernah ada, klik kalimat ini.

Google doodle for winter is coming
I'm Feeling Lucky
Jika kita perhatikan, di laman awal Mbah Google ini ada tulisan I'm Feeling Lucky. Jika kita klik I'm Feeling Lucky tanpa mengetikkan suatu huruf atau karakter, maka akan muncul semua Google doodle yang pernah ada. Jika kita mengetikkan sesuatu terus mengklik I'm Feeling Lucky, kita akan dihubungkan ke sebuah website, sepertinya website yang lebih banyak menjelaskan tentang kata atau kalimat yang dicari. Beberapa akan terdirect ke Wiki. Jika saya mengetik nama saya, akan terdirect ke halaman akun Kompasiana saya (mungkin karena saya belum masuk ke Wiki, hehe). Selain itu, I'm Felling Lucky juga bisa membawa ke keseruan lainnya. Apa itu?
Trik Google
Google juga memiliki trik-trik yang unik dan seru. Barrel roll yang ketika kita ketik di kotak pencarian lalu tekan enter, maka layar akan terlihat jatuh dan terbalik. Jika kita ketik Flip a coin lalu enter, maka akan muncul koin dan ya, semacam virtual flip coin lah. Kita juga bisa set timer. Tinggal ketik set timer for ... (isi sesuai yang kita mau), lalu timer akan berjalan dan nanti akan ada alarm yang berbunyi jika waktunya telah habis. Jika kita mau mendengar suara binatang, kita dapat mengetik ... (nama hewan/binatang yang kita mau) diikuti dengan kata noices, misalnya dog noises. Jika kita mengetik Zerg Rush, maka akan muncul cincin-cincin kuning yang menghancurkan tulisan-tulisan di layar.
Google Pac-man
Ada berbagai ini games yang dapat kita mainkan. Ada Atari Breakout yang dapat kita cari di google, kemudian klik salah satu gambar/image. Otomatis layar akan berubah menjadi sebuah permainan atari. Kita juga bisa bermain Pac-Man dengan mengetikkan Pac-Man. Google Pac Man tersebut adalah Google doodle pada 21 Mei 2010 untuk memperngati ulang tahun Pac-Man ke 30. Kita juga bisa main Tic Tac Toe dengan mengetikkan Tic Tac Toe di kolom pencarian. Fidget Spinner juga bisa kita mainkan via Google.
Google Sphere
Nah, soal I'm Feeling Lucky tadi. Jika kita mengetik Google Sphere lalu klik I'm Feeling Lucky, maka layar akan berubah dan tulisan di sekitar akan mengitari kotak pencarian seperti planet di tata surya yang mengitari matahari. Jika kita ketik Google Gravity lalu klik I'm Feeling Lucky, maka tulisan akan jatuh ke bawah. Jika kita ketik Annoying Google, maka tampilan berubah menjadi tulisan yang AlaY. Tapi lebih 4laY jika kita mengetikkan Google Hacker. Google Rainbow untuk tampilan penuh warna. Masih banyak lagi.

Terus Berkembang
Google terus berkembang. Entah itu dari segi produk, logo, kantor cabang. Google terus berinovasi. Makanya Google tetap eksis, sebab inovasi adalah salah satu cara tetap eksis. Ditambah lagi keberadaan Google yang terkenal sebagai mesin pencari. Bersama website dan blog-blog yang semakin tumbuh memberikan informasi, Google yang sekarang otomatis "akan punya pengetahuan lebih" dibanding yang dulu. Kenapa? 
Google yang dulu
Karena kita terhubung dengan Google. Blogger terhubung dengan Google. Blogger menyediakan tulisan, Google menampilkannya di laman index. Atau siapapun juga selain blogger juga dihubungkan oleh Google kepada netter/netizen. Jadi informasi yang disesiakan Google itu dari siapa sih sebenernya? hehe. Mbah Google cuman penghubung ternyata ya, bukan penyedia informasi utama. Tapi walau gitu mah jasanya luar biasa membantu. Oh terima kasih Mr. Brin dan Mr. Page.

Membuat Website
Tertarik seperti Mr. Brin dan Mr. Page? Membuat website, melakukan sesuatu untuk dunia, menjadi bermanfaat? Usah sampai menyaingi Google yang sudah melambung tinggi. Kita lakukan step by step, perlahan. Mungkin kita bisa membuat platform yang lain, seperti yang dilakukan bang Iman Usman pada Ruang Guru, bang Timmy pada Kita Bisa, dan lain sebagainya.

Tapi aku bukan dari anak IT
Kenapa memangnya? Tak mesti anak yang kuliah IT saja yang bisa. Walau kita tak ambil jurusan IT, kesempatan itu belum tertutup. Pernah dengar Dumet School? Di Dumet School, kita bisa belajar membuat website. Tempat kursus ini sudah mendapatkan izin resmi dari Dinas Pendidikan. (Baca juga: Seberapa Penting sih Sertifikasi Itu?)

Fasilitas Dumet School
Kursus di Dumet School, akan mendapatkan 2 kelas pembelajaran yaitu Object-Oriented Programming (OOP) dan PHP Framework Codeigniter; akses belajar sepuasnya sapai bisa menghasilkan karya; akses ke iLab yaitu sistem pembelajaran yang bisa diakses di manapun dan kapanpun; bisa reseat (mengulang kelas) sepuasnya; bisa konsultasi gratis seumur hidup; setelah itu kita juga dapat sertifikat web programming dengan nomor izin diknas.

Kelebihan lainnya dari Dumet School
Selain itu, Dumet School juga memiliki jadwal yang flexibel dan kita bisa bebas memilih jam kursus sesuai dengan keinginan kita. Di Dumet School, kita juga belajar dengan suasana semi-private. Tidak usah risih dengan banyak murid di kelas, satu murid pun yang ada, kelas tetap dimulai. Jadi lebih intens dan kondusif kan ya. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, kursus di sini itu tidak ada batasan waktunya. Pokoknya dijamin sampai bisa, dan gratis konsultasi seumur hidup.

-Testimoni-
Dari mahasiswa, karyawan, hingga dosen menjadi murid Dumet School
Masih ada lagi testimoni yang lain mengenai asyik dan hebatnya instruktur/mentor, kualitas lingkungan yang nyaman, dan cara/metode belajar yang ada di Dumet School. Jadi, kalau mau belajar website hingga desain grafis, dan ada sertifikasinya? Bingung mau di mana? Sekarang sudah tahu kan jawabannya?

***

2 comments:

  1. WAH KEREN BANGET artikelnya, banyak ngasih aku info, dan bener banget dari google udah kebukti kalau kreatifitas itu tanpa batas dan sudah menjadi tuntutan untuk bisa ikut berkembang di zaman sekarang,

    baru ngeh juga google punya deretan Google Mail atau Gmail, tapi kita otomatis akan punya akun-akun lain. Karena Google juga mempunyai Google Plus, Google Maps, Google Translate, Photos, Google Play, Google Drive, Google Calendar, Google Docs, Google Books, Hangouts, Keep, My Business, Classroom, Contacts, sampai Youtube. XD

    Jangan mau kalah kreatif nih kita :D

    ReplyDelete
  2. Google memang perusahaan raksasa saat ini. Selalu saja bikin inovasi yang selalu memanjakan penggunanya. Salut deh sama google.

    Salam kenal

    ReplyDelete