5 Makanan yang Wajib Disantap Saat Wisata Kuliner di Indonesia

Kuliner Indonesia sangatlah beragam. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki kuliner khasnya masing-masing. Bahkan, kulier nusantara sudah terkenal di kancah internasional hingga dinobatkan menjadi kuliner terlezat di dunia. Hal ini karena kuliner Indonesia memiliki bumbu rempah yang beragam.

Masing-masing daerah di Indonesia mempunyai ciri khas pada kuliner daerahnya. Kita perlu tahu apa saja ciri khas kuliner daerah di nusantara agar ketika mengunjungi daerah tertentu, kita bisa mengetahui kuliner daerahnya. Gak lengkap kalau berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khas daerah itu.

Lalu apa saja makanan yang wajib kita coba pada wisata kuliner dalam negeri?

Bakso

Bakso bakar
Bakso bakar | Sumber: media.foody.id

Bakso dapat dijumpai di hampir seluruh nusantara. Namun mencicipi bakso Malang langsung di daerahnya nan dingin akan membawa suasana berbeda. Di Malang, ada pula varian bakso yang sedang ramai dibicarakan, yaitu bakso bakar. Bakso ternyata tidak melulu berkuah. Tekstur bakso bakar yang kenyal di dalam dan kering di luar akan membuat kita betah mengunyah.

Gudeg

Gudeg
Gudeg | Sumber: brilio.net

Gudeg bercita rasa manis ini berasal dari Jawa bagian tengah, tepatnya Yogyakarta. Gudeg terbuat daru nangka muda yang diolah dengan santan, biasanya disajikan bersama nasi panas, telur rebus, dan sambal. Kepopuleran gudeg tidak terlepas dari banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Sampai-sampai saat ini ada gudeg yang dikemas dalam wadah kaleng untuk oleh-oleh.

Aneka Soto

Soto
Soto | Sumber: resepmasakanindonesia.me

Soto tidak dimiliki satu daerah saja. Ada banyak varian soto di Indonesia, seperti Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Betawi, Soto Banyumas, dan masih banyak lagi. Perbedaan soto tiap daerah terletak pada kuah dan isinya. Pada dasarnya, soto merupakan makanan berkuah kaya rempah bercampur kaldu dengan isian daging sapi atau ayam yang mana isiannya khas menurut daerah masing-masing.

Aneka Sate

Sate kacang
Sate kuah kacang | Sumber: indoindians.com

Sate adalah makanan dari daging yang diiris kecil lalu ditusuk dan dibakar. Sate juga memiliki beragam jenis mulai dari dagingnya, ada daging sapi, kambing, domba, kelinci, ayam, ikan, lokan, dan sebagainya. Juga bermacam kuahnya seperti kuah kacang atau kuah kuning.

Rendang

Rendang
Rendang | Sumber: amazingrace.co

Rendang memiliki cita rasa pedas ini berbahan dasar daging yang dimasak dengan santan selama berjam-jam hingga konsistensinya mengental lalu menjadi rendang. Memiliki aneka rempah sebagai bumbu, seperti jahe, lengkuas, kunyit, bawang merah, bawang putih, serai, dan lainnya. Kuliner yang satu ini bisa awet di suhu ruangan hingga satu bulan.

Sekarang, sudah banyak pedagang yang membuka cabang di daerah rantau. Meskipun kuliner tersebut bisa kita jumpai di tempat kita tinggal, namun akan ada sensasi berbeda menyantapnya di tempat asalnya. Ingin merasakan pengalaman tersebut?

Kini Citilink telah membuka rute hampir ke setiap kota besar seluruh Indonesia. Bersama pesawat Citilink, hasrat lidah kita akan segera terpuaskan. Buruan cari tiket pesawat Citilink di www.traveloka.com/citilink. Dengan tiket pesawat Citilink, kita bisa berkeliling ke daerah-daerah di Indonesia dan siap memanjakan lidah.

22 comments:

  1. aku suka semua makanan itu.. hmm,, jadi laper.. :D

    ReplyDelete
  2. Baper jadi laper baca tulisan ini pagi-pagi. Piring, mana piring....

    ReplyDelete
  3. Aku paling suka gudeg kyknya kalau setiap hari harus makan gudeg ngak masalah hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, apalagi Jogja terkenal sama jajanan yang murah meriah ya Mba

      Delete
  4. Replies
    1. Wah, iya! Aku belum masukin ketoprak. Padahal aku juga suka ketoprak lho. Hehe. Siap deh, mungkin di lain waktu aku tulis soal ketoprak. Terima kasih masukannya kak! 😃

      Delete
  5. Mendatangi..duh seminggu makan rendang ga bosan-bosan Makkk

    ReplyDelete
  6. Rendang...seminggu makan rendang, ga pernah bosan mbak risa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mantep Mba Dira, pecinta rendang ternyata. Tapi rendang memang punya cita rasa yang enak juga, hehe

      Delete
  7. ini mah enak semua 😄 kalo disuruh milih makanan luar atau makanan yg ada diatas itu, jelas milih bakso, sate, dkk 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan Indonesia memang enak-enak dan macam-macam ya Mba

      Delete
  8. Wah, kalo liat gudeng lengkap gini pengennya makaaan terus. Bunda paling suka tuh gudeg/kerecek yang rasanya paduan pedes-pedes manis bikin makan tambah lahap. Kalo rendng sih, gak usah dibilang deh, lha bisa bikin sendiri, hehe...

    ReplyDelete
  9. Semuanya saya suka dan udah nyobain. Yang belum nyobain itu naik Citylink, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Mba Nita udah sering naik robot burung terbang nih,asiiikkk. Hayo Mba, cobain! ^^

      Delete
  10. Bangga sama masakan dalam negeri euy...

    ReplyDelete
  11. sepertinya saya ingin coba makan Gudeg Mbak, soalnya didaerah saya jarang ada kuliner ini. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya cukup telat membalas komentar ini. Semoga sudah mendapatkam gudegnya ya Kang, dan semoga suka :)

      Delete
  12. Suka semuanyaaa selain gudeg, khususnya baso, apalagi baso bakar hahaha.
    Gudeg manis soalnya, agak gimanaaa gitu makannya, hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih telah meninggalkan kritik dan saran yang santun dan membangun :)

About

Taruih Baraja merupakan sebuah personal blog oleh seorang bernama Nadel. Isinya tidak spesifik di satu niche/topik, sebagaimana hidup dan pemikiran yang juga punya beragam warna [...] Kenali lebih lanjut

Contact

taruihbaraja@gmail.com

Made with ❤ Taruih Baraja