Seberapa Penting sih Sertifikasi Itu?

Akhir-akhir ini di lingkungan saya sedang banyak orang mengurus sertifikasi. Kadang hal semacam ini sudah menjadi bahan pembicaraan sehari-hari. Teman-teman sibuk ikut pelatihan demi masa depan, katanya. Sebetulnya, seberapa pentingkah sertifikasi itu?

Certified
Sertifikasi adalah...
Sebelum membahas seberapa penting sertifikasi itu, pertama-tama marilah kita cari tahu dulu, apa sih yang dimaksud dengan sertifikasi? Dari segi bahasa, kita mulai dari bahasa Inggris. Kata sertifikasi dalam bahasa Inggris adalah "certification" yang artinya keterangan, pengesahan, ijazah, sertifikat, brevet, diploma, keterangan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti sertifikasi sangat sederhana yaitu (n) penyertifikatan.

Dikutip dari tulisan Thomas Hidayat K. dalam Definisi Sertifikasi, ada banyak istilah mengenai sertifikasi. Salah satu yang bisa diacu adalah istilah dari International Institute for Environment Development (IIED), pengertian sertifikasi adalah Prosedur dimana pihak ketiga memberikan jaminan tertulis bahwa suatu produk, proses atas jasa telah memenuhi standar tertentu, berdasarkan audit yang dilaksanakan dengan prosedur yang disepakati. Sertifikasi berkaitan dengan pelabelan produk untuk proses komunikasi pasar. (http://www.iied.org/)

Intinya, sertifikasi itu dapat diartikan sebagai jaminan atau pemberian pengakuan, baik untuk orang maupun untuk benda. 

Jenis Sertifikasi
Dikutip dari tulisan Wahjudin Sumpeno dalam Sertifikasi Profesi, secara umum, terdapat tiga tiga jenis umum sertifikasi. Tercantum dalam urutan tingkat pembangunan dan portabilitas, mereka adalah: perusahaan (internal), produk-spesifik, dan profesi.

Sertifikasi perusahaan/instansi, atau internal yang dirancang oleh perusahaan atau organisasi untuk kebutuhan internal. Misalnya, perusahaan mungkin memerlukan kursus satu hari pelatihan untuk semua personil penjualan, setelah itu mereka menerima sertifikat. Sementara sertifikat ini memiliki portabilitas yang terbatas khusunya untuk perusahaan lain. Sederhananya, sertifikasi ini adalah untuk suatu instansi.

Sertifikasi produk spesifik sertifikasi yang lebih terlibat, dan dimaksudkan untuk dirujuk ke produk di semua aplikasi. Pendekatan ini sangat umum di dunia teknologi infomasi industri, di mana personil bersertifikat pada versi perangkat luank (software) atau perangkat keras (hardware). Jenis sertifikasi portabel di lokasi (misalnya, perusahaan yang berbeda yang menggunakan perangkat lunak itu), tetapi tidak seluruh produk lainnya.Selain itu juga bisa berupa sertifikat tanah, dll. Sederhananya, sertifikasi. Sederhananya, sertifikasi ini adalah untuk benda.

Sertifikasi profesi dilakukan untuk kompetensi atau keahlian khusus. Sertifikasi profesi dilakukan dalam rangka menerapkan standar profesional, meningkatkan tingkat praktek, dan mungkin melindungi masyarakat (meskipun ini juga merupakan domain dari lisensi), sebuah organisasi profesional mungkin menetapkan sertifikasi. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi acuan bagi semua tempat di mana seorang profesional bersertifikat mungkin bekerja. Tentu saja, hal ini membutuhkan pola penilaian dan pertanggungjawaban secara hukum dari seluruh profesi yang ada. Sederhananya, sertifikasi ini adalah untuk manusia/orang.

Standar Kompetensi
Organisasi menggunakan standar kompetensi sebagai kerangka acuan untuk mencalonkan bagaimana mereka mengharapkan pekerjaan atau bekerja peran yang harus dilakukan; dan untuk menilai apakah orang-orang yang kompeten di pekerjaan mereka atau peran kerja.

Ada dua jenis umum standar kompetensi.
  • Standar yang diakui di seluruh negeri dan berfungsi sebagai dasar untuk penilaian dan kualifikasi formal. Ini adalah dikembangkan untuk dan oleh seluruh industri.
  • Standar yang dikembangkan untuk perusahaan tertentu. Ini kadang-kadang disebut ‘in-house standar’.
Pentingnya Sertifikasi
Dari pengertian/definisi sertifikasi di atas, tentunya kita sudah dapat mengetahui untuk apa sertifikasi itu, yaotu sebagai jaminan atau pengakuan atas pemenuhan standar baik bagi perusahaan, barang/produk, maupun orang/jasa.

Meningkatkan daya saing bahkan hingga dalam ruang lingkup yang luas
Era globalisasi telah membuat dunia semakin terbuka luas. Hal ini juga membawa konsekuensi adanya kompetisi antar Sumber Daya Manusia (SDM) makin ketat. Tantangan tenaga kerja Indonesia mulai semakin berat dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015. Sekitar 560 juta tenaga kerja di kawasan ASEAN mulai bersaing. Jika tidak menyesuaikan diri dan memiliki sertifikasi sesuai tuntutan global, dikhawatirkan akan kalah bersaing.

Dalam sebuah seminar, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan, jangan sampai dalam era kompetitif ini, kita tidak dapat bersaing, karena dalam era globalisasi di sanalah kompetitif kita diuji. “Saya berharap kita dapat kompetitif di dunia internasional apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini, tidak ada batas dalam dunia internasional, yang menjadi batasan adalah administrasi. Semoga sertifikasi di Indonesia dapat menjaga mutu sertifikasi yang dikeluarkan dan menghasilkan sumber daya yang kompeten,” ujar Nasir dikutip dalam Berita Satu: Jangan Tunda Mengurus Sertifikasi.

Meningkatkan produktivitas karyawan dalam bekerja dan mengurangi kesalahan
Setelah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi, tentunya skill seseorang akan lebih terasah dan terlatih, dan berimbas pada produktivitasnya pun juga akan meningkat dalam bekerja. Dapat pula dikatakan bahwa dengan memiliki sertifikasi, seseorang sudah naik kelas, berada di level lebih di atas, dan lebih siap menghadapi tantangan yang menantang. Karena skill sudah meningkat, maka dapat mengurangi kemungkinan dalam melakukan kesalahan kerja. Sebab tenaga kerja sudah lebih ahli dan memiliki jam terbang yang lebih tinggi. Bayangkan jika tenaga yang ada di perusahaan/instansi adalah orang-orang yang memiliki sertifikasi, dapat diprediksikan bahwa produktifitas perusahaan/instansi juga akan semakin meningkat, dan karena memiliki SDM yang berkualitas.

Dumet School merupakan salah satu produk bisnis terbaik dari PT. DUTA MEDIA TEKNOLOGI selain DUMET Development (Web Consultant & Development). Lembaga kursus website ini yang telah mendapat izin resmi dari Dinas Pendidikan ini memberikan layanan dengan sepenuh hati, sehingga para peserta website terasa seperti belajar di rumah sendiri.

Dumet School dapat izin resmi dari Dinas Pendidikan, yang jarang sekali didapatkan oleh tempat kursus lainnya. Adanya izin resmi dari Dinas Pendidikan sudah pasti Dumet School dalam standar materi maupun pembelajaran sangat berkualitas.

Fasilitas Dumet School
Kursus di Dumet School, akan mendapatkan 2 kelas pembelajaran yaitu Object-Oriented Programming (OOP) dan PHP Framework Codeigniter; akses belajar sepuasnya sapai bisa menghasilkan karya; akses ke iLab yaitu sistem pembelajaran yang bisa diakses di manapun dan kapanpun; bisa reseat (mengulang kelas) sepuasnya; bisa konsultasi gratis seumur hidup; serta yang tidak kalah penting adalah sertifikat web programming dengan nomor izin diknas.

Kelebihan lainnya dari Dumet School
Selain itu, Dumet School juga memiliki jadwal yang flexibel dan kita bisa bebas memilih jam kursus sesuai dengan keinginan kita. Di Dumet School, kita juga belajar dengan suasana semi-private. Tidak usah risih dengan banyak murid di kelas, satu murid pun yang ada, kelas tetap dimulai. Jadi lebih intens dan kondusif kan ya. Seperti yang sudah dijabarkan di atas, kursus di sini itu tidak ada batasan waktunya. Pokoknya dijamin sampai bisa, dan gratis konsultasi seuur hidup.

-Testimoni-
Dari mahasiswa, karyawan, hingga dosen menjadi murid Dumet School
Masih ada lagi testimoni yang lain mengenai asyik dan hebatnya instruktur/mentor, kualitas lingkungan yang nyaman, dan cara/metode belajar yang ada di Dumet School. Jadi, kalau mau belajar website hingga desain grafis, dan ada sertifikasinya? Bingung mau di mana? Sekarang sudah tahu kan jawabannya?

***

3 comments:

  1. Membahas masalah sertifikasi, saya jadi tertuju pada profesi guru yang butuh sertifikasi supaya dapat tunjangan lebih. Yang belum sertifikasi tunjangan sangat kurang

    ReplyDelete
  2. Penting banget menurut saya, supaya bisa menyaring SDM yg kualitasnya bagus :D
    Kalau bagi diri org yg ikut sertifikasi itu sendiri bisa menaikkan nilainya sbg SDM sesuai kehaliannya itu :D

    ReplyDelete
  3. Aku udh sring bngt dengar ttg dumet school ini. semangat ngelombanya ya mbk. semoga menang :))

    ReplyDelete