Jalan-jalan ke Kepulauan Mandeh

Kepulauan Mandeh disebut-sebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Untuk melihat gugusan pulaunya, kita ke Puncak Mandeh dulu. Tapi kali ini saya tidak ke puncaknya, melainkan ke pulau-pulaunya. Teman-teman bisa melihatnya di internet :D

Padang-Mandeh
Marilah kita melihat peta terlebih dahulu. Penting! Karena selama ini masih banyak yang salah kaprah tentang Padang dan Sumatera Barat. Ingat, teman-teman, Padang hanyalah ibukota Sumatera Barat. Lalu Mandeh, tidak terletak di Padang, tetapi Mandeh berada di Sumatera Barat. Tepatnya ada di Kabupaten Pesisir Selatan. 

Perjalanan dengan mobil dari Padang ke Mandeh atau sebaliknya memakan waktu kurang lebih 2 jam-an. Di perjalanan, kita akan disuguhkan pemandangan laut di sisi jalan. Apalagi jika waktu senja atau malam, kita akan melihat kerlap-kerlip lampu kapal di pelabuhan. Ah, indahnya! Setidaknya ada dua pelabuhan yang akan kita lewati dalam perjalanan, yaitu pelabuhan Teluk Bayur dan pelabuhan Bungus. Pernah dengar? Sampai-sampai ada lagunya juga lho, "Teluk Bayur" yang dipopulerkan oleh Ernie Djohan. Iya, lagu lawas. Hihi.

Yap, perlajanan ke kepulauan Mandeh ini adalah perjalanan hopping island. Jadi, kita akan naik kapal kecil ke pulau demi pulau yang ada di sana. Maka inilah dokumentasinya:



Pulau yang terjamah
Pemandangan pulau ke pulaunya bak bukit mengapung di atas air
Lihatlah resort itu
Nyebyurrrr
Ikannya lucu
Pulaunya memang belum memiliki arena bermain seperti wisata kebanyakan. Setidaknya belum banyak. Namun, memandangi alam hijau bercampur birunya lautan sangatlah menyegarkan pikiran. Kita juga bisa membaur dengan alam, mandi-mandian, atau mungkin memancing ikan. Tenang, ikannya nanti kami lepaskan. Ngomong-ngomong soal ikan, kalau mau beli ikan, di pinggir laut ada banyaaak penjual ikan, mulai dari yang basah hingga kering. Pastinya, ini fresh from the sea.

Melalui wisata alam ini, kita mentadabburi alam, tentang kekuasaan Tuhan. Tentang hal-hal di luar sana yang masih bisa membuat kita bahagia. Serta membuat kita bersyukur, kita hidup di planet yang sebetulnya indah. Juga tentang ilmu yang ternyata, banyak hal di luar sana yang membuat kita sadar bahwa pengetahuan kita masih dangkal.

Setelah menyegarkan pikiran, dan menyadari bahwa ilmu kita tak lebih dari setetes air di lautan, tentu saja kita semakin semangat untuk mencari ilmu yang lain. Walau sampai mati ilmu kita takkan cukup seluas lautan, setidaknya ilmu yang kita miliki tidaklah seuprit kecil saja.

Ohya, di sini, saya pertama kalinya mencoba snorkeling. Tidak direncanakan sebelumnya, alias mendadak karena tawaran seorang bapak-bapak di pulau Setan. Tenang, pulaunya tidak semenyeramkan namanya kok. Kala itu (beberapa bulan yang lalu), di pulau itu belum ada agen atau tempat pendaftaran khusus. Entah mungkin saya yang tidak tahu, atau entah mungkin sekarang sudah ada. Saya snorkeling dengan memakai rok, haha. Takjub sangat saya dengan pemandangannya. Airnya yang jernih, serta flora-fauna di laut ini. Walau kaki saya penuh luka karena karang karena tak pakai legging, cuman celana pendek sebagai dalaman rok.

Bagi teman-teman yang ingin ke sini, coba gunakan skyscanner untuk membantu teman-teman dalam mencari tiket pesawat murah. Lalu, nikmati jalan-jalan melihat indahnya di Sumatera Barat sambil mencicipi nasi Padang di tempat asalnya.


Karena merencanakan travelling itu sangat seru! Apalagi ketika dapat tiket pesawat murah, kan? Skyscanner ada fitur bulan termurah. Oleh karena itu kita bisa dapat harga tiket termurah sepanjang bulan tanpa perlu nunggu promo. Harganya sudah dibandingkan dari situs-situs web yang lain. Jadi, kita bisa menikmati liburan  hemat dan cerdas bersama skyscanner. Tidak hanya mengurus soal penerbangan, melalui skyscanner kita juga bisa memesan hotel, dan menyewa mobil.

Flights
Hotels
Car hire
Bagaimana? Tertarik?

Ah ya! Skyscanner sedang mengadakan lomba loh! Klik https://competition.c2live.com/skyscanner-aha-moments-saat-travel?ref=8830ed26-9fcd-418e-aded-a0dce1518806 untuk informasi lebih lanjut. Wish us luck!

2 comments:

  1. Wah... jadi membayangkan bisa berlibur ke sana juga, ini salah satu destinasi wisata yang keren...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, aslinya lebih keren dari fotonya Mba :D

      Delete