Rumahku Istanaku, Rumahku Surgaku

Halo! Tantangan kali ini adalah: menulis artikel bebas dengan tema renovasi, desain, serta tips & trik yang dapat dilakukan sendiri untuk memperbaiki dan mempercantik rumah.

-Tips & Trik Memperbaiki dan Mempercantik Rumah-

Kebersihan dan Kerapian
Ini merupakan hal yang mendasar, bukan? Hunian yang nyaman dan cantik adalah hunian yang bersih dan rapi. Atur tata letak barang-barang atau perabotan kita sedemikian rupa. Bahkan space horizontal seperti dinding pun dapat dimanfaatkan. Nah, kita pun perlu menjaga kebersihan barang, perabot, dan rumah kita. Sediakan tempat sampah, dan buang sampah secara rutin.

Sirkulasi udara dan penerangan
Ventilasi dan jendela untuk sirkulasi udara dan penerangan
Siapa yang suka tinggal di rumah yang lembab dan sumpek? Selain gak bagus untuk kesehatan, rumah yang sumpek pun membuat pikiran menjadi sumpek. Setuju gak? Ingat, salah satu indikator rumah sehat adalah rumah yang memiliki ventilasi yang cukup. Iya, rumah yang lembab adalah salah satu faktor jamur dapat berkembang di rumah. Jamur kan suka dengan tempat yang lembab. Rumah butuh sirkulasi udara dan penerangan yang cukup. Penerangan yang baik adalah yang alami, karena ramah lingkungan dan tentunya juga hemat biaya.


Cat dinding yang sesuai
Cat putih untuk memberi kesan terang dan luas
Biasanya, warna netral seperti putih, hitam, krem, abu-abu, biru, dapat meredam nuansa warna yang membosankan. Tapi, kadang ada juga yang bilang malah warna-warna netral itu yang membuat suasana menjadi membosankan. Kalau saya sih, setuju dengan warna netral akan meredam suasana. hihi. Atau, kita juga bisa menggunakan warna-warna yang tren. Perabotan, horden, dan lantai juga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih warna cat. Hal yang penting diperhatikan adalah pemilihan cat yang tahan lama, dan jika dapat, kita menggunakan cat yang anti air dan anti bocor.


Sentuhan alam
kaktus mungil pun jadi
Lingkungan yang asri menciptakan udara yang sejuk, dan siapa yang tidak suka tinggal di lingkungan yang sejuk? Lingkungan yang asri juga menyamankan penglihatan. Jangan ragu untuk menanam/memelihara beberapa tumbuhan atau tanaman hias. Kita dapat menempatkan tanaman di dalam atau di luar rumah. Jangan khawatir bagi yang memiliki halaman sempit, bukan tidak mungkin pula kita memiliki tanaman di rumah. Bahkan, selain sebagai penyejuk udara dan penyejuk mata, beberapa tanaman juga dapat menjadi anti nyamuk dan menyerap racun.

Menjadi Kreatif
Kreatif di kosan
Beberapa hal dapat kita lakukan seperti: memanfaatkan rak sepatu gantung sebagai tempat barang-barang kecil. Kemudian tas yang digantung seperti itu dapat menghemat tempat. Bekas kaleng biskuit untuk tempat kabel agar tidak berseliweran. Kardus bekas air minum juga bisa digunakan sebagai rak buku. Hal-hal ini juga dapat meminimalisir sampah. Iya, yaitu dengan reuse (menggunakan kembali) atau bahkan recycle (mendaur ulang) seperti kardus bekas untuk tempat buku dan kaleng biskuit untuk tempat barang. Jika mau, kita dapat menghiasnya dengan kain flanel atau mengecatnya agar tampilannya menjadi lebih cantik. Kreatif!

Kadang, tak ada salahnya kita merenovasi rumah. Renovasi itu bisa meningkatkan nilai rumah dan membuat rumah menjadi lebih nyaman, bahkan dapat meningkatkan nilai jual rumah juga loh. 

Oh ya, bagi yang sedang mencari rumah atau hunian, bisa ke RumahHokie.com. RumahHokie.com akan membantu kita untuk mencari properti yang kita inginkan. Kita juga dapat mencari berdasarkan wilayah yang dituju, serta sudah ada harga dan setail lainnya.

Baiklah, semoga kita dapat menciptakan hunian yang nyaman. Kalau kamu, bagaimana dengan rumahmu? Ada tips tersendiri gak? Ayo dishare!

Terimakasih telah singgah ^^

6 comments:

  1. emang kalau aku faktor kenyamanan adalah rapi nggak berantakan segala barang. meski kecil tapi nyaman kan enak


    anggiputri.com

    ReplyDelete
  2. Sirkulasi udara.. kadang lupa ya. Padahal penting klo pengap gitu rasanya sumpek meski bisa ac tapi kan nggak baik klo seharian ac. Cpt kering dan keriput �� mdh2an rumah Kita bisa jadi surga yaa buat kita sendiri^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, perihal AC. Sesekali mungkin bisa dicoba merasakan angin alami jika hawanya gak terlalu panas Mba. Disesuaikan saja. Hehe

      Delete
  3. Rumah kalau rapi, penghuninya pun bisa makin produktif dari rumah. Tapi saya pun kadang malas rapihin rumah, haha... Property terkadang memang dibutuhkan untuk percantik rumah ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget Mba. Sama dengan aku, kalau rapi tu jadinya lebih semangat kerja. hehehe. Yap, properti memang dibutuhkan untuk mempercantik rumah ^^

      Delete