-->

Ngabuburit Asik bersama Jon Cozart

Apa sih Ngabuburit itu?

Puasa identik dengan kata "ngabuburit." Sebetulnya, apa sih ngabuburit itu? Kata "ngabuburit" berasal dari bahasa Sunda yaitu "burit" yang artinya sore; senja; petang. Awalan 'nge' dan suku kata 'bu' berarti melakukannya berulang kali. Sehingga dapat diartikan ngabuburit sebagai kebiasaan menunggu sore.

Ngabuburit telah lama menjadi kebiasaan masyarakat di Jawa Barat. Konon katanya dahulu kala para ibu-ibu akan keluar rumah selepas ashar bertandang ke rumah tetangga sambil menganyam dan bersenda gurau. Sedangkan anak-anaknya akan bermain keluar rumah menyisir alun-alun hingga matahari terbenam. Kegiatan tersebut dilakukan sambil menunggu bapak mereka pulang dari ladang.

Kebiasaan tersebut masih terbawa dan berlaku saat bulan Ramadhan. Tidak hanya masyarakat Jawa Barat, tetapi hampir setiap orang Indonesia melakukannya. Saat ini ngabuburit menjadi istilah yang umum di kalangan umat muslim di Indonesia.

Kalaulah arti harfiah ngabuburit adalah menunggu sore, jadi, ngabuburit ternyata tidak hanya berarti keluar rumah atau jalan-jalan sore. Melainkan hal-hal yang kita lakukan untuk 'membunuh waktu' agar pada sore hari. Bukan begitukah?

Jon Cozart

Jadi begini... Dari A'morenesia, saya menemukan lagu "La vie en rose". "La vie en rose" sempat menjadi status profil Line seorang teman. Saya pikir kata-kata mutiara bahasa Perancis. Ternyata sebuah lagu yang berarti: "hidup dalam warna pink". Selain itu, A'morenesia membawa saya ke "So This is Love"-ost Cinderella. Saya pun menemukan video cover So This is Love Jon Cozart dan Tessa Violet. Epic. Saya suka saya suka 😍


Jon Cozart
Kemudian video itu pun membawa saya berselancar di atas nama-nama Jon Cozart di dunia maya. Pada dasarnya, pria itu ganteng. Setidaknya di mata saya. Bertalenta pula. Tidak sok cool. Walau gemulai. Hal yang saya dapatkan darinya adalah: warna-warni. Sebuah referensi. Referensi yang menahan saya menyulap blog ini menjadi abu-abu, seperti blog catatan elthnad yang terlihat lebih rapi bagi saya. Sebab saya bosan dan ingin mengganti tampilan blog ini yang -katakanlah- berwarna-warni menjadi lebih monokrom atau yang tidak mempunyai banyak warna.


Jon Cozart instagram
Namun warna-warni yang 'diberikan' Jon Cozart menampik anggapan 'jelek' saya. Jelek dalam tanda kutip. Pria yang lahir 26 April 1992 itu, selain pandai olah vokal, gambarnya juga bagus.


Jon Cozart instagram
Maka dari itu, saya mempertahankan blog yang warna warna ini. Namun tetap merombakya sedikit, menjadikannya menjadi dua kolom blog auto readmore. Yaitu dengan menambahkan beberapa script dari yang saya dapatkan dari sini. Masih rada berantakan kadang, terutama jika ada postinga baru -diduga- karena judul postingan yang terlalu panjang. Jadinya perlu rombak sana-sini di skript, atau bahkan ganti judul. Adakah di sini yang tahu cara menyikapinya dengan mudah?


Jika teman-teman ada yang mau template seperti ini, silahkan tinggalkan emailnya di kolom komentar :)

So this is love?
So this is love, I guess


Teman-teman bisa juga ngabuburit dengan menonton video-video Jon Cozart di channel Youtube Jon Cozart atau mungkin video kolaborasinya dengan yang lain, seperti Tessa Violet, doodleoddle, yang sering collab dengan Jon, atau mungkin dengan yang lainnya. Atau, teman-teman punya rekomendasi yang lain?

Baca: Ngabuburit Asik lainnya

2 comments:

  1. Replies
    1. Imajinasi siapa Mas? Imajinasi saya kah? Hehehe terimakasih Mas

      Delete